EFEKTIFITAS PROGRAM ENGLISH VIBES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS SANTRI DI PONDOK PESANTREN SALAF DAAR AL ZAHRA BABAKAN CIWARINGIN CIREBON

Aliyatus Sholikah, Septi Gumiandari

Abstract


Jadwal santri yang padat dan kurangnya fokus pada satu aktivitas membuat sulit untuk mempraktikkan bahasa Inggris. Untuk mengatasi hal ini, program English Vibes diperlukan karena menyediakan materi dan praktik yang mendukung pengembangan kemampuan berbahasa Inggris melalui tulisan dan lisan.Program English Vibes tidak hanya sekadar suatu pendekatan pembelajaran, melainkan suatu sistem yang bertujuan mengembangkan keberanian santri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Artikel ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan program english vibes dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris santri di pondok pesantren Daar al-Zahra, (2) untuk mendeskripsikan efektivitas program english vibes dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris santri di pondok Daar al-Zahra. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method), yaitu metode yang menggunakan 2 bentuk pendekatan kualitatif dan kuantitatif.  Pada penelitian ini populasi berjumbah 68 santri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu kuesioner/angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dalam dua bulan pelaksanaan, program English Vibes di Pondok Pesantren Daar al-Zahra berhasil mencapai perkembangan yang signifikan pada para santri. Awalnya, mereka mengalami kesulitan dalam berpartisipasi, namun seiring waktu, terjadi perbaikan mencolok. Santri tidak hanya meningkatkan vocabbulary dan kemampuan menjawab pertanyaan, tetapi juga mengalami perubahan positif dalam tingkat kepercayaan diri. Analisis efektivitas program dengan rumus Efektivitas (EP) menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 73%, menegaskan bahwa pendekatan kolaboratif antara santri dan tutor membuktikan efektivitas program dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di pesantren tersebut.


Keywords


Efektifitas, Program English vibes, Santri

References


Agung, I. G. A. M., Skolastika, I. M. P., Damayanti, N. L. P. T., Wisanta, N. L. P. T. D., & Adri, P. (2023). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Games Bagi Siswa SMA Negeri 1 Penebel. Madani : Indonesian Journal Of Civil Society, Vol. 5, No.

Farid Muhammad, Amanda, T. A., Akbarullah Andi Raihanah, Lil Alamin Rahmatan, & Renaldi. (2022). Program English Area: Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa SMK. Journal Lepa-Lepa Open, 2(5), 1291–1299.

Fitriyah, W., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018). Eksistensi Pesantren dalam Pembentukan Kepribadian Santri. 160.

Gufron. (2019). Santri dan Nasionalisme. Vol. 1(1):, 42.

Haryanto. (2017). Pembedayaan Santri Pondok Pesantren Musthafawiyah di era globalisasi. Vol .9, No, 16.

Indrawan Rully, Y. P. (2017). Metodologi Penelitian. PT Revika Aditama.

Jamaludin, O. (2021). Peran Pesantren Salafi dalam Peningkatan Kualitas Akhlak Santri. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, 3(1), 86–106. https://doi.org/10.53401/iktsf.v3i1.38

Marzuki, Samnia, & Ratna. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Melalui Metode Cerita Bebas dengan Media Kartu Bergambar. Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 95–105.

Pratiwi, N. E., Nimah, A., & Dewi, Kurniasih Septiana Nursiwi, N. (2022). Jurnal Bina Desa Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Pendahuluan. Jurnal Bina Desa, 4(1), 96–105.

Purnomo, H. (2017). Manaemen Pendidikan Pondok Pesantren. Biklung Pustaka Utama.

Shulhan. (2021). Transformasi Modernisasi Pesantren Salaf. Jurnal Perspektif, Vol. 14, N, 300.

Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v18i1.21066

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379