EFEKTIFITAS PROGRAM ENGLISH VIBES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS SANTRI DI PONDOK PESANTREN SALAF DAAR AL ZAHRA BABAKAN CIWARINGIN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.21066Keywords:
Efektifitas, Program English vibes, SantriAbstract
Jadwal santri yang padat dan kurangnya fokus pada satu aktivitas membuat sulit untuk mempraktikkan bahasa Inggris. Untuk mengatasi hal ini, program English Vibes diperlukan karena menyediakan materi dan praktik yang mendukung pengembangan kemampuan berbahasa Inggris melalui tulisan dan lisan.Program English Vibes tidak hanya sekadar suatu pendekatan pembelajaran, melainkan suatu sistem yang bertujuan mengembangkan keberanian santri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Artikel ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan program english vibes dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris santri di pondok pesantren Daar al-Zahra, (2) untuk mendeskripsikan efektivitas program english vibes dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris santri di pondok Daar al-Zahra. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method), yaitu metode yang menggunakan 2 bentuk pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Â Pada penelitian ini populasi berjumbah 68 santri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu kuesioner/angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dalam dua bulan pelaksanaan, program English Vibes di Pondok Pesantren Daar al-Zahra berhasil mencapai perkembangan yang signifikan pada para santri. Awalnya, mereka mengalami kesulitan dalam berpartisipasi, namun seiring waktu, terjadi perbaikan mencolok. Santri tidak hanya meningkatkan vocabbulary dan kemampuan menjawab pertanyaan, tetapi juga mengalami perubahan positif dalam tingkat kepercayaan diri. Analisis efektivitas program dengan rumus Efektivitas (EP) menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 73%, menegaskan bahwa pendekatan kolaboratif antara santri dan tutor membuktikan efektivitas program dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di pesantren tersebut.
References
Agung, I. G. A. M., Skolastika, I. M. P., Damayanti, N. L. P. T., Wisanta, N. L. P. T. D., & Adri, P. (2023). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Games Bagi Siswa SMA Negeri 1 Penebel. Madani : Indonesian Journal Of Civil Society, Vol. 5, No.
Farid Muhammad, Amanda, T. A., Akbarullah Andi Raihanah, Lil Alamin Rahmatan, & Renaldi. (2022). Program English Area: Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa SMK. Journal Lepa-Lepa Open, 2(5), 1291–1299.
Fitriyah, W., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018). Eksistensi Pesantren dalam Pembentukan Kepribadian Santri. 160.
Gufron. (2019). Santri dan Nasionalisme. Vol. 1(1):, 42.
Haryanto. (2017). Pembedayaan Santri Pondok Pesantren Musthafawiyah di era globalisasi. Vol .9, No, 16.
Indrawan Rully, Y. P. (2017). Metodologi Penelitian. PT Revika Aditama.
Jamaludin, O. (2021). Peran Pesantren Salafi dalam Peningkatan Kualitas Akhlak Santri. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, 3(1), 86–106. https://doi.org/10.53401/iktsf.v3i1.38
Marzuki, Samnia, & Ratna. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Melalui Metode Cerita Bebas dengan Media Kartu Bergambar. Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 95–105.
Pratiwi, N. E., Nimah, A., & Dewi, Kurniasih Septiana Nursiwi, N. (2022). Jurnal Bina Desa Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Pendahuluan. Jurnal Bina Desa, 4(1), 96–105.
Purnomo, H. (2017). Manaemen Pendidikan Pondok Pesantren. Biklung Pustaka Utama.
Shulhan. (2021). Transformasi Modernisasi Pesantren Salaf. Jurnal Perspektif, Vol. 14, N, 300.
Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.