DAMPAK PSIKOLOGIS AYAH TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Tatik Ariyati, Vina Misykah Zaidah

Abstract


Peran ayah dalam perkembangan anak usia dini telah menjadi fokus penelitian yang semakin meningkat dalam beberapa dekade terakhir. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak tidak hanya memengaruhi aspek-aspek fisik, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan pada kesejahteraan psikologis anak, termasuk kematangan emosi, kepercayaan diri, harga diri, kontrol diri, pengambilan keputusan, kemampuan sosial, dan kemampuan empati. Selain itu, ayah juga berperan dalam pembentukan kognitif, nilai agama, moral, dan sosial emosional anak.Keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak dimulai bahkan sejak anak masih dalam kandungan, dengan memberikan perhatian dan dukungan kepada pasangan serta mendukung proses kehamilan dan persalinan. Jika seorang ayah mampu memberikan kasih sayang secara tulus kepada anaknya, hal ini dapat menciptakan suasana yang nyaman dan aman bagi anak, memperkuat ikatan emosional antara ayah dan anak. Pentingnya peran ayah dalam perkembangan anak telah diakui secara luas oleh para ahli dan praktisi. Oleh karena itu, para orang tua, terutama ayah, diharapkan untuk terlibat secara aktif dalam kehidupan anak mereka, baik dalam hal pengasuhan, pendidikan, maupun pembentukan nilai-nilai moral dan sosial. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa anak-anak tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang mendukung dan memperkaya, yang akan membawa dampak positif bagi perkembangan mereka di masa depan.


Keywords


Dampak, Psikologis, Ayah, Perkembangan, Anak Usia Dini

References


Hayani Wulandari, M. U. D. S., 2023. Dampak Fatherless Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. CERIA (Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini), 12, No.1(Fatherless Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini).

Imro'atus Syafiqoh, Y. K. S. P., 2022. Peran Keterlibatan Ayah Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Semarang, s.n.

Nissa Aulia, R. A. M. L. S. b. H. S., 2023. Peran Penting Seorang Ayah dalam Keluarga Perspektif Anak (Studi Komparatif Keluarga Cemara dan Keluarga Broken Home). Social Politica, Volume 13, No.2, pp. 88-94.

Novela, T., n.d. DAMPAK PERAN AYAH TERHADAP PERKEMBANGAN.

Putri, L . M. ,2021. ANTARA.[Online]
Available at: https://www.antaranews.com/berita/2519389/psikolog-ingatkan-pentingnya-sosok-ayah-untuk-perkembangan-anak
[Accessed 06 February 2024].


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v18i1.21220

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379