IMPLEMENTASI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMK BERBASIS TPACK
Abstract
Keywords
References
BSKAP. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi No 33.
Harahap, D. A., Nasution, W. N. A., & Nasution, S.M. (2019). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru dengan Berbasis TIK (e-modul serta camtasia video) di SMAN 2 Tanjungbalai. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 113-119. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/anadara/article/view/994
Hariati, H., Ilyas, M. I. M., & Siddik, M. (2022). Analisis Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 32-47. https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR/article/view/119
Irawan, M. A., & Faqih, M. (2014). Implementasi Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Di SMP N 2 Mataram. Jurnal Paedagogy, 1(1), 8-16. http://e- journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/3054
Kamil, D., Jamin, A., Yusuf, M., & Harahap, S. B. (2021). Efikasi Diri Guru SMP dalam Pengintegrasian Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 250-264. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/42310
Nisa', F., Hanifa, R., & Supratman, Y. B. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Pancasila Di Sekolah Terhadap Penerapan Implementasi Pancasila Pada Pelajar. Jurnal Pancasila dan Bela Negara, 1(1), 33-42. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jpbn/article/view/4435
Lickona, T. (2013). Educating for Character, Mendidik Untuk Membentuk Karakter. terjemahan Juma Abdu Wamaungo. In Jakarta: Bumi Aksara.
Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).
Mewangi, R. (2004). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta : Indonesia Heritage Foundation.
Mishra, P., & Koehler, M.J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework For Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108,1017-1054.
Nugroho, S. S., Anam, M. C., Pudjiono, M. J., Rahardjo, M., & Sukarjono, B. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Bagi Mahasiswa Generasi Mileneal. YUSTISIA MERDEKA : Jurnal Ilmiah Hukum, 6(2). https://doi.org/10.33319/yume.v6i2.61
Perdana, D. R., & Adha, M. M. (2020). Implementasi Blended Learning Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 90-101. http://e- journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/6168
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.https://journal.ugm.ac.id/jkn/article/view/67613
Shalikha, P.A.A. (2022) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2),86-93
Sholihah, D. A. (2021). Pendidikan Merdeka dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Merdeka Belajar di Indonesia Dyahsih Alin Sholihah. Jurnal Literasi, 12(2), 115-122.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165-173. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/251
Syaefulloh, A. M., Windiani, D., Putriani, P., Rohaeni, S., Nugraha, R. G. (2022). Implementasi Habituasi Profil Pelajar Pancasila dan Eksistensinya bagi Mahasiswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2141-2149.
Taulabi, I., & Mustofa, B. (2019). Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 28-46. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.660
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan, (ed. II). Yogyakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
DOI: 10.30595/jkp.v18i1.21457
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2807-1379
|
Statcounter