AKTUALISASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBANGUN WAWASAN KEBINEKAAN GLOBAL

Elly Hasan Sadeli

Abstract


Menumbuhkan wawasan kebinekaan global memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun idealisme yang melekat pada diri seseorang. Termasuk generasi muda atau siswa perlu mendapatkan penanaman dan pemahaman sebagai bangsa yang bersatu dalam realitas kebinekaannya. Wawasan kebinekaan global diharapkan dapat melahirkan satu sikap toleransi terhadap bangsa di dunia, memahami pentingnya perbedaan, menjalankan kewajiban sebagai warga negara dan menghargai setiap keberagaman yang melekat dalam kehidupan bermasyarakat. Wawasan kebinekaan global dalam penelitian ini merupakan salah satu usaha untuk membentuk, menanamkan dan membina wawasan bagi mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Adapun tujuan penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran akan pentingnya wawasan kebinekaan dalam menjaga stabilitas kehidupan yang plural. Penelitian ini sifatnya deskriptif, cenderung menitikberatkan proses dibanding produknya. Implementasi penelitian ini adalah memberikan sosialisasi untuk penguatan pengetahuan kebinekaan global melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan metode dan media pembelajaran yang menarik.

Keywords


Kebinekaan global Profil Pelajar Pancasila

References


Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Fristy, A., & Munawiroh, F. L. (2023). Analisis Nilai-Nilai Bhineka Tunggal Ika untuk Sekolah Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 135-145

Ghozali Solchan. (2020). Pengembangan Karakter Kebhinekaan Global Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. MIYAH : Jurnal Studi Islam, 16(2), 515-524. https://doi.org/10.33754/miyah.v16i2.566

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Bahan Ajar Profil PelajarPancasila. Jakarta

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalamPembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1)

Mooduto, M. N., & Otaya, L. G. (2023). Insersi Nilai Gotong Royong Melalui Profil Pelajar Pancasila. Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan Agama Islam,2(2),100-110

Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena,14(1), 14-28

Saekan, Mukhamad (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Kudus: Nora Media Enterprise

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Lembaga Penerbit Pustaka Pelajar

Zakariyah, A., & Hamid, A. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Gurudalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Intizar, 26(1), 17-26.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2,No. 2, pp. 1-17)


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v18i1.21707

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379