PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI EGOISME DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Giscka Putri Berliana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Heti Sritindiani
  • Hilwa Tiara Luminary
  • Lulu Laksita Anin Poja
  • Rana Gustian Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.21786

Keywords:

Pengembangan, Video Animasi, Egoisme

Abstract

Seiring berkembangannya zaman, karakter egois di siswa sekolah dasar semakin menonjol dan kompleks.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah video animasi untuk mengatasi perilaku egois dikalangan siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangannya yaitu ADDIE, dan teknik pengumpulan data berupa angket uji validasi ahli media dan angket respon siswa. Tahap design video menggunakan Canva dan Pinterest, sedangkan tahap pengembangan menggunakan Capcut. .Hasil dari Penelitian ini yaitu: (1)Video Animasi dinyatakan valid berdasarkan ahli media dengan hasil penilaian 80% dengan kriteria†layakâ€. Setelah diuji validasi, selanjutnya produk diuji cobakan pada tiga kategori yaitu perorangan dengan presentase 91,46% dengan kriteria sangat layak,uji coba kelompok kecil dengan presentase 92,89% dengan kriteria sangat layak, uji coba kelompok besar dengan presentase 89,66% dengan kriteria sangat layak. Dari hasil penelitian tersebut terbukti bahwa pengembangan video animasi yang telah dibuat sangat layak untuk di terapkan dalam pembelajaran maupun non pembelajaran.

Author Biography

Giscka Putri Berliana, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

References

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi (JMApTeKsi), 1(1), 72-75.Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Bermuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3). Mulyadi, Y. B. (2019). Pendekatan Psikologi Keluarga Terhadap Sikap dan Perilaku Egoistik Anak. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13-24 Muslichah, M., Mahardhani, A. J., Azzahra, A. F. N., Safitri, D. E. C., Hardiansyah, H., Amala, I. A., & Nabila, S. N. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang. Jurnal Kiprah, 9(2), 90-99. Novitasari, S. (2023). Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila sebagai Upaya Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Universitas Sebelas Maret, May. Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Sa’diyah, M. K., & Dewi, D. A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9940-9945. SAMFYKY Abd Rahman, B. P. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).Shopuro, D., & Sukasih, S. (2023). Utami, W. Z. S. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dengan Sikap Egois Pada Siswa. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 6(2). Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar.

Downloads

Published

2024-09-11

Issue

Section

Artikel