PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI EGOISME DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.21786Keywords:
Pengembangan, Video Animasi, EgoismeAbstract
Seiring berkembangannya zaman, karakter egois di siswa sekolah dasar semakin menonjol dan kompleks.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah video animasi untuk mengatasi perilaku egois dikalangan siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangannya yaitu ADDIE, dan teknik pengumpulan data berupa angket uji validasi ahli media dan angket respon siswa. Tahap design video menggunakan Canva dan Pinterest, sedangkan tahap pengembangan menggunakan Capcut. .Hasil dari Penelitian ini yaitu: (1)Video Animasi dinyatakan valid berdasarkan ahli media dengan hasil penilaian 80% dengan kriteria†layakâ€. Setelah diuji validasi, selanjutnya produk diuji cobakan pada tiga kategori yaitu perorangan dengan presentase 91,46% dengan kriteria sangat layak,uji coba kelompok kecil dengan presentase 92,89% dengan kriteria sangat layak, uji coba kelompok besar dengan presentase 89,66% dengan kriteria sangat layak. Dari hasil penelitian tersebut terbukti bahwa pengembangan video animasi yang telah dibuat sangat layak untuk di terapkan dalam pembelajaran maupun non pembelajaran.References
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.
Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi (JMApTeKsi), 1(1), 72-75.Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Bermuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3). Mulyadi, Y. B. (2019). Pendekatan Psikologi Keluarga Terhadap Sikap dan Perilaku Egoistik Anak. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13-24 Muslichah, M., Mahardhani, A. J., Azzahra, A. F. N., Safitri, D. E. C., Hardiansyah, H., Amala, I. A., & Nabila, S. N. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang. Jurnal Kiprah, 9(2), 90-99. Novitasari, S. (2023). Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila sebagai Upaya Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Universitas Sebelas Maret, May. Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Sa’diyah, M. K., & Dewi, D. A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9940-9945. SAMFYKY Abd Rahman, B. P. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).Shopuro, D., & Sukasih, S. (2023). Utami, W. Z. S. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dengan Sikap Egois Pada Siswa. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 6(2). Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.