PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK MENGEDUKASI PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PEMBELAJARAN PPKN
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.21790Keywords:
Development, Animated videos, Education, Peer influence.Abstract
 Dalam kegiatan pembelajaran, peran teman sebaya mempunyai pengaruh yang cukup signifikan. Maka perlu adanya kegiatan pembelajaran kolaboratif agar tidak terjadi hambatan antar teman sejawat. Oleh karena itu, pengembangan produk ini bertujuan untuk mendidik siswa sekolah dasar dalam meningkatkan karakternya sehingga dapat berkolaborasi dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE. Tahap perancangan menghasilkan video 2D dengan menggunakan aplikasi Canva, Adobe Premiere Pro, Adobe, Photoshop, disertai materi tentang pengaruh teman sejawat dalam kegiatan pembelajaran, dan gambar video. Pengembangan produk ini dilanjutkan dengan validasi oleh ahli materi dan media. Selanjutnya implementasi dilakukan melalui uji coba kelas tinggi yang menunjukkan kualitas media yang sangat baik. Hasil evaluasi memastikan validitas dan kesesuaian video animasi sebagai media pembelajaran layak digunakan di sekolah dasar dengan tingkat persetujuan materi mencapai 90,12% pada kelompok individu 10 siswa, 90,88% pada kelompok kecil 20 siswa, dan 89,36% pada kelompok besar 40 siswa. siswa. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran 2D.ÂReferences
Simanjuntak, SS (2022). Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. ESJ: Jurnal Sekolah Dasar, 12(2), 128-135.
Fitri, AS, Aeni, AN, & Nugraha, RG (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220-235.Saparyanto, Y., Faizia, K., & Suryana, Y. (2018). Ensiklopedia Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penerbit cempaka putih.
Wisada, PD, & Sudarma, IK (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(3), 140-146.
Walangadi, H., & Pratama, WP (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201-208.
Prasetya, IA, & Ramadhan, I. (2024). Implementasi motion grafis video animasi 2D untuk pengenalan seni, budaya, dan kuliner khas di Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Akademi Pendidikan, 15(1), 34-52.
Purnasiwi, RG, & Kurniawan, MP (2013). Perancangan Dan Pembuatan Animasi 2d “Kerusakan Lingkungan” Dengan Teknik Masking. Manajemen Data dan Teknologi Informasi (DASI), 14(3), 54.
Fahri, LM, & Qusyairi, LAH (2019). Interaksi sosial dalam proses pembelajaran. Palapa, 7(1), 149-166.
Ponza, PJR, Jampel, IN, & Sudarma, IK (2018). Pengembangan media video animasi pada pembelajaran siswa kelas IV di sekolah dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19.
Sugiyono, PD (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke-19). alfabet.
Puspita, W., Karimah, AF, Khairunnisa, RASAH, Firdaus, MI, & Aeni, AN (2022). Penggunaan Komikids (Komik Islam Edukatif Digital Musik) sebagai Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3612–3623. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2682
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode penelitian pengembangan (rnd) dalam bimbingan dan konseling. Kuanta, 5(3), 111-118.
Tegeh, IM, & Kirna, IM (2013). Pengembangan Bahan terbuka metode penelitian pendidikan dengan model addie. Jurnal Ika, 11(1).
Rosmiati, M., & Sitasi, C. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma: Jurnal Komputer Dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2), v21i2.
Siregar, RR, Pagarwati, LDA, & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637-646.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.