PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK MENGEDUKASI PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP PEMBELAJARAN PPKN

Authors

  • Adi Rangga Nugraha
  • Evie Fatimah Az-Zahra
  • Maharany Nurhimmah Suci <span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA</span></span>
  • Rizky Miftah Khoiri
  • Rana Gustiana Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.21790

Keywords:

Development, Animated videos, Education, Peer influence.

Abstract

 Dalam kegiatan pembelajaran, peran teman sebaya mempunyai pengaruh yang cukup signifikan. Maka perlu adanya kegiatan pembelajaran kolaboratif agar tidak terjadi hambatan antar teman sejawat. Oleh karena itu, pengembangan produk ini bertujuan untuk mendidik siswa sekolah dasar dalam meningkatkan karakternya sehingga dapat berkolaborasi dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE. Tahap perancangan menghasilkan video 2D dengan menggunakan aplikasi Canva, Adobe Premiere Pro, Adobe, Photoshop, disertai materi tentang pengaruh teman sejawat dalam kegiatan pembelajaran, dan gambar video. Pengembangan produk ini dilanjutkan dengan validasi oleh ahli materi dan media. Selanjutnya implementasi dilakukan melalui uji coba kelas tinggi yang menunjukkan kualitas media yang sangat baik. Hasil evaluasi memastikan validitas dan kesesuaian video animasi sebagai media pembelajaran layak digunakan di sekolah dasar dengan tingkat persetujuan materi mencapai 90,12% pada kelompok individu 10 siswa, 90,88% pada kelompok kecil 20 siswa, dan 89,36% pada kelompok besar 40 siswa. siswa. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran 2D. 

Author Biography

Maharany Nurhimmah Suci, <span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA</span></span>

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang

References

Simanjuntak, SS (2022). Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. ESJ: Jurnal Sekolah Dasar, 12(2), 128-135.

Fitri, AS, Aeni, AN, & Nugraha, RG (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220-235.
Saparyanto, Y., Faizia, K., & Suryana, Y. (2018). Ensiklopedia Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penerbit cempaka putih.
Wisada, PD, & Sudarma, IK (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(3), 140-146.
Walangadi, H., & Pratama, WP (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201-208.
Prasetya, IA, & Ramadhan, I. (2024). Implementasi motion grafis video animasi 2D untuk pengenalan seni, budaya, dan kuliner khas di Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Akademi Pendidikan, 15(1), 34-52.
Purnasiwi, RG, & Kurniawan, MP (2013). Perancangan Dan Pembuatan Animasi 2d “Kerusakan Lingkungan” Dengan Teknik Masking. Manajemen Data dan Teknologi Informasi (DASI), 14(3), 54.
Fahri, LM, & Qusyairi, LAH (2019). Interaksi sosial dalam proses pembelajaran. Palapa, 7(1), 149-166.
Ponza, PJR, Jampel, IN, & Sudarma, IK (2018). Pengembangan media video animasi pada pembelajaran siswa kelas IV di sekolah dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19.
Sugiyono, PD (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke-19). alfabet.
Puspita, W., Karimah, AF, Khairunnisa, RASAH, Firdaus, MI, & Aeni, AN (2022). Penggunaan Komikids (Komik Islam Edukatif Digital Musik) sebagai Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3612–3623. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2682
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode penelitian pengembangan (rnd) dalam bimbingan dan konseling. Kuanta, 5(3), 111-118.
Tegeh, IM, & Kirna, IM (2013). Pengembangan Bahan terbuka metode penelitian pendidikan dengan model addie. Jurnal Ika, 11(1).
Rosmiati, M., & Sitasi, C. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma: Jurnal Komputer Dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2), v21i2.
Siregar, RR, Pagarwati, LDA, & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637-646.

Downloads

Published

2024-09-11

Issue

Section

Artikel