MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KERTOSONO

Indah Nur Nadila, Hamdan Hamdan, Novianti Mandasari

Abstract


Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Kertosono yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata siswa pada saat Pre-Test (Tes Awal) yaitu 45,92, kemudian setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), mendapat nilai rata-rata Post-Test (Tes Akhir) yaitu 84,18 dengan presentase 100%. Sedangkan pada perhitungan uji Z diperoleh Zhitung 10,30 > Ztabel 1,64, maka Ha diterima yaitu nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 2 Kertosono setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) secara signifikan tuntas lebih dari atau sama dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) 68 dan Ho ditolak yaitu nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 2 Kertosono setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) secara signifikan belum tuntas kurang dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) 68

Keywords


Model Kooperatif, Team Assisted Individualization (Tai), Hasil Belajar Pembelajaran Matematika

References


Ahmad, J. & Siti, F. (2019). Survei Keputusan masyarakat terhadap pelayanan public kantor desa Tatah layap Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis (JIEB). Vol. 5. (2). Hal 220-237.

Agustya, Eva. (2017). Pengaruh Respon Siswa Tentang Proses pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Nehgeri 1 Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 5. (3).

Al’ Ayubi, S & Hasbiyati, H. (2015). The Development Of Learning Media Of Realistic Mathemathics Learning Based Mecromedia Flash on Rextangle and Square Materials for junior High School Stdents. Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling, 3, (1).

Anisa Rona Soraya, dkk, (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Media Diagram Batang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 4 Jelobo Klaten. Junal Guru Kita. Vol 3. (4).

Anti Pertiwi.(2022). Efektivitas Model Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadapPembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan.Vol. 1.(4).

Ariyanto Metta, (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model SCRAMBLE. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. Vol. 3. (2). 134-140.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Satuan Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta

Asriningsih, K. Renda, N, T & Wibawa, I, M, C. (2014). Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas IV SD Gugur V Kecamatan Banjar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan PGSD. Vol. 2. (1). (2014).

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105-114.

Bistari. (2015). Mewujudkan Penelitian Tindakan Kelas (Kenaikan Pangkat Bagi Guru). Pontianak. PT. Ekadaya Multi Inovasi.

Darmawan Harefa, dkk. (2022). Penggunaan Model Koperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. AKSARA, Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol, 08. (1).

Djamarah, (2014). Guru dan Anak didik dalam interaksi Eduktif. Jakarta : PT Renaka Cipta.

Fathurrohman Muhammad, (2017). Model-model pembelajaran Inovatif. Perpustakaan Nasional, Katalog dalam terbitan (KDT).

Hamdan & Syaprizal, (2020). Improving Student’s Writing Skilis Through The Application Of Content Structure Strategy. Edulia: English Education, Linguistic And Art Journal, Vol. 01.(01).

Hamid, N, & Andi, J, (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI).

Hanafy, M, S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Terbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Hartono, A, B, (2018). Optimalisasi Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Bentuk Aljabar melalui model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) bagi peserta didik kelas VIII.a SMP Negeri 9 Surakarta, Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dwija Utama : Edisi Meu, 7-14.

Huda, Miftahul. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Edisi Revisi, Cet VII, Yogyakarta, Pustaka Belajar.

Ika. (2012). Penerapan pembelajaran RME untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ssiswa pada sub pokok bahasan perbandingan dan skala di SMA Negeri 3 Arjasa Kelas VII B semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Kadikma, 3 (3). 133-146.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Jamil Suprihatiningrum. (2017). Strategi Pembelajaran, Jogjakarta. Ar- Ruzz Media.

Komariah, I, & Sundayana, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa dengan menggunakan media DomPat Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(3).

Mandasari.N, Yufitri.Y,dkk, (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PMRI menggunakan Macromedia Flash Profesional. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, vol. 03, (01). Hal 41.

Manik, H. (2022). Tentang Menjadi guru Matematika dengan kurikulum merdeka belajar di masa pendemi Omicrin Covid-19. Edumaspul: Jurnal pendidikan, 6(1), 328-332.

M. Isa, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI untuk meningkatkan penguasaan konsep dan berfikir kritis siswa pada materi Hidrokarbon. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 214.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya.

Noor, N, & Munandar, I, (2019). Pengaruh Mpdel Pembelajaran Kooperatif (Tipe TPS dan TAI) dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(1), 65-75.

Nursaidah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Mas. Azhar Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal MathEdu. Vol. 1.(1). 103-108.

Pramana, I. N. I, I, W. Suwatra & Gede, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajarn Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan yang konvensional Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV di SD Wongaya Gede Tahun Pelajaran 2012/2013. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1).

Purwanto, N. M. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahmawati,R,D. & Ali, M. (2014). Keefektivan Pembelajaran Kooperatif STAD dan TAI ditijau dari aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Prima Edukasia, Vol 2, No1.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta Grafindo.

Riduwan . (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Penelitian Pemula, Bandung: Alfabeta.

Sardirman A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Meangajar. Rajawali Press, Jakarta. PP 101-102.

Saefuddin, Asis. (2014). Pembelajaran efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta,Cv.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta,Cv.

Sumantri, Mohamad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT, Rineka Cipta.

Susanto Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta. Kencana.

Susanti. E, Sri. M.P. (2023). Respon Siswa terhadap pembelajaran sejaran selama masa pandemic covid-19 di MAN 1 Mojokerto. AVATARA: E-Journal Pendidikan Sejarah. Vol. 13.(2).

Sukinah. (2013). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 33 Surabaya dalam pelajaran matematika melalui media berbantuan komputer. E-journal Pendidikan Kota Surabaya, ISSN:2337-3253, 3, 1-16.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran inovatis Dalam Kurikulum 2013, Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Tirtarahardja, U, Sulo, L. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tristanti, L & Nahlia, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI dalam pembelajaran Geometri Dimensi Tiga. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. ISSN 2443-1923. Vol 3, No.1.

Yunita Wildaniati. (2020). Efektivitas Metode Team Assisted Inidvidualization Dalam Pembelajaran Matematika di SD dilihat dari Self-Esteem Siswa. Dewantara. Vol. IX, Januari-juni 2020. Hal 53-68.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v18i2.21908

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379