UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.22218Keywords:
Peningkatan Kemampuan Kerjasama Team Games Tournament Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kooperatif siswa melalui media pembelajaran TGT (Team Games Tournament) mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwanegara Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa. Dibuktikan dengan keaktifan hasil kolaborasi kelompok siswa pada kondisi prasiklus dengan kategori tingkat rendah dengan persentase sebesar 37%. Peningkatan pada siklus I pada tingkat kemampuan kerja dengan kategori sedang dengan persentase sebesar 54%. Dan pada siklus II kembali terjadi peningkatan, tingkat kemampuan kerjasama siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 86%.
Â
References
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanti, L., Handayantini, E., & Hamzah, A. 2023. Guru Kreatif Inovatif Era Merdeka Belajar. Yogyakarta: CV Andi Offset. Tersedia https://www.google.co.id/books/edition/GURU_KREATIF_INOVATIF_ERA_MERDEKA_BELAJA/xevOEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=guru+ kreatif&pg=PA68&printsec=frontcoverPublished
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.