UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV

Authors

  • Sri Indah Hardiyanti

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.22218

Keywords:

Peningkatan Kemampuan Kerjasama Team Games Tournament Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kooperatif siswa melalui media pembelajaran TGT (Team Games Tournament) mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwanegara Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa. Dibuktikan dengan keaktifan hasil kolaborasi kelompok siswa pada kondisi prasiklus dengan kategori tingkat rendah dengan persentase sebesar 37%. Peningkatan pada siklus I pada tingkat kemampuan kerja dengan kategori sedang dengan persentase sebesar 54%. Dan pada siklus II kembali terjadi peningkatan, tingkat kemampuan kerjasama siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 86%.

 

References

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanti, L., Handayantini, E., & Hamzah, A. 2023. Guru Kreatif Inovatif Era Merdeka Belajar. Yogyakarta: CV Andi Offset. Tersedia https://www.google.co.id/books/edition/GURU_KREATIF_INOVATIF_ERA_MERDEKA_BELAJA/xevOEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=guru+ kreatif&pg=PA68&printsec=frontcover

Published

2024-09-26

Issue

Section

Artikel