IMPLEMENTASI PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN BAHASA INDONESIA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.22424Abstract
Pembelajaran menulis karangan Bahasa Indonesia di tingkat SMP memerlukan pendekatan yang holistik untuk mengintegrasikan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten. Pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) adalah kerangka kerja yang menggabungkan elemen-elemen tersebut untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Artikel ini membahas implementasi TPACK dalam konteks pembelajaran menulis karangan Bahasa Indonesia di SMP. Melalui pendekatan TPACK, guru dapat mengintegrasikan teknologi yang tepat dengan strategi pembelajaran yang sesuai dan pengetahuan konten Bahasa Indonesia. Teknologi seperti aplikasi video online, presentasi digital, dan platform pembelajaran online dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi kolaborasi antar siswa. Pendekatan ini juga memungkinkan guru untuk merancang aktivitas pembelajaran yang relevan dengan konten kurikulum serta kebutuhan dan minat siswa. Implementasi TPACK dalam pembelajaran menulis karangan Bahasa Indonesia di SMP membutuhkan keterlibatan guru yang terampil dalam menggunakan teknologi, memahami kebutuhan siswa, dan menguasai konten kurikulum. Dengan memanfaatkan pendekatan ini, diharapkan pembelajaran menulis karangan Bahasa Indonesia di SMP dapat menjadi lebih menarik, berdaya guna, dan sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan siswa di era digital ini.Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khazanah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.