IMPLEMENTASI PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN BAHASA INDONESIA SISWA SMP

Authors

  • Istingatus Oktavia Puji Saputri Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.22424

Abstract

Pembelajaran menulis karangan Bahasa Indonesia di tingkat SMP memerlukan pendekatan yang holistik untuk mengintegrasikan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten. Pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) adalah kerangka kerja yang menggabungkan elemen-elemen tersebut untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Artikel ini membahas implementasi TPACK dalam konteks pembelajaran menulis karangan Bahasa Indonesia di SMP. Melalui pendekatan TPACK, guru dapat mengintegrasikan teknologi yang tepat dengan strategi pembelajaran yang sesuai dan pengetahuan konten Bahasa Indonesia. Teknologi seperti aplikasi video online, presentasi digital, dan platform pembelajaran online dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi kolaborasi antar siswa. Pendekatan ini juga memungkinkan guru untuk merancang aktivitas pembelajaran yang relevan dengan konten kurikulum serta kebutuhan dan minat siswa. Implementasi TPACK dalam pembelajaran menulis karangan Bahasa Indonesia di SMP membutuhkan keterlibatan guru yang terampil dalam menggunakan teknologi, memahami kebutuhan siswa, dan menguasai konten kurikulum. Dengan memanfaatkan pendekatan ini, diharapkan pembelajaran menulis karangan Bahasa Indonesia di SMP dapat menjadi lebih menarik, berdaya guna, dan sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan siswa di era digital ini.

Published

2025-03-22

Issue

Section

Artikel