Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Tk Pertiwi

Authors

  • faza muna najiah nubari <span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN</span></span></span></span>
  • mufid dwi rizqi UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN
  • M.Wafa izzul khaq UIN KH.ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v19i1.22434

Keywords:

Learning environment, Motivation, Peer Support, Academic Outcomes.

Abstract

Abstrak ini membahas tentang pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa. Lingkungan belajar yang kondusif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Faktor seperti fasilitas yang memadai, interaksi antara siswa dan guru, serta dukungan teman sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebaliknya, lingkungan belajar yang kurang kondusif, seperti ruang kelas yang tidak nyaman atau kurang dukungan sosial, dapat menurunkan motivasi belajar siswa. Penelitian menunjukkan bahwa ketika siswa merasa nyaman dan didukung dalam lingkungan belajar, kemungkinan besar mereka akan termotivasi untuk belajar dan mencapai hasil akademik yang lebih baik. Oleh karena itu, penting bagi lembaga pendidikan untuk memperhatikan dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, baik secara fisik maupun sosial, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar secara keseluruhan.

Published

2025-03-22

Issue

Section

Artikel