Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Tk Pertiwi
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v19i1.22434Keywords:
Learning environment, Motivation, Peer Support, Academic Outcomes.Abstract
Abstrak ini membahas tentang pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa. Lingkungan belajar yang kondusif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Faktor seperti fasilitas yang memadai, interaksi antara siswa dan guru, serta dukungan teman sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebaliknya, lingkungan belajar yang kurang kondusif, seperti ruang kelas yang tidak nyaman atau kurang dukungan sosial, dapat menurunkan motivasi belajar siswa. Penelitian menunjukkan bahwa ketika siswa merasa nyaman dan didukung dalam lingkungan belajar, kemungkinan besar mereka akan termotivasi untuk belajar dan mencapai hasil akademik yang lebih baik. Oleh karena itu, penting bagi lembaga pendidikan untuk memperhatikan dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, baik secara fisik maupun sosial, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar secara keseluruhan.Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khazanah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.