PENERARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN QUIZIZZ PAPER MODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KERJASAMA DALAM KEBERAGAMAN KELAS I MI TINJOMOYO

Nadya Puspita Dewi

Abstract


Tujuan umum dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Quizizz Paper Mode pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Kerjasama dalam Keberagaman di kelas I SD. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan data. Penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantuan Quizizz pada pembelajaran pendidikan Pancasila pada materi Kerjasama dalam keberagaman kelas I di MI Tinjomoyo Kota Semarang. Dari hasil pengamatan, peserta didik menjadi lebih tertarik dan sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran pendidikan pancasila dengan penerapan model kooperatif tipe NHT dan berbantuan media Quizizz. Hal ini menjadikan minat belajar  peserta didik kelas I menjadi lebih meningkat dari sebelumnya.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif, NHT, Quizizz Paper Mode, Kerjasama dalam Keberagaman

References


Aminah. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Numbered Heads Together dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 146-154.

Agustin, Alfira, and Amin Basri. "PENGEMBANGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 25." Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 5.2 (2024): 295-301.

Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Bamba, K. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII SMPN 1 INUMAN. Jurnal PAJAR, 1(1), 10–27.

Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 228–237. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932

Kurniawati, & Syeptiani. (2024). Penerapan Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 4(1), 35-45.

Lestari, S., & Fatonah, K. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta Sri Lestari 1 , Khusnul Fatonah 2 , Abd. Halim 3. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438.

Marzalena, Vitoria, L., & Yamin, M. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Pecahan terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran di Kelas V SDN 1 Banda Aceh. PGSD: Pendidikan Guru Sekolah dasar, 4(1). http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/a rticle/view/13311

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal).

Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information SocialSciences and Health, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.57235/jetish.v1i1.35

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Rofik Khalim, A., & Oktapiani, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Akademika, 9(01), 109–126. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.814

Sakban, A., & Wahyudin, W. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 18-24.

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

Wisnujati, N. S., Sitorus, E., Anggusti, M., Ramadhani, R., Cendana, W., Marzuki, I., Simarmata, A., Tjiptadi, D. D., Bachtiar, E., Sari, D. C., Sari, I. N., Jamaludin, J., Sakirman, S., Grace, E., Hastuti, P., Ramadhani, Y. R., Purba, A., Prihatmojo, A., Firdaus, E., ... Cahyadin, W. (2021). Merdeka Belajar Merdeka Mengajar




DOI: 10.30595/jkp.v18i2.22535

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379