PENERARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN QUIZIZZ PAPER MODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KERJASAMA DALAM KEBERAGAMAN KELAS I MI TINJOMOYO
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.22535Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, NHT, Quizizz Paper Mode, Kerjasama dalam KeberagamanAbstract
Tujuan umum dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Quizizz Paper Mode pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Kerjasama dalam Keberagaman di kelas I SD. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan data. Penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantuan Quizizz pada pembelajaran pendidikan Pancasila pada materi Kerjasama dalam keberagaman kelas I di MI Tinjomoyo Kota Semarang. Dari hasil pengamatan, peserta didik menjadi lebih tertarik dan sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran pendidikan pancasila dengan penerapan model kooperatif tipe NHT dan berbantuan media Quizizz. Hal ini menjadikan minat belajar peserta didik kelas I menjadi lebih meningkat dari sebelumnya.
References
Aminah. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Numbered Heads Together dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 146-154.
Agustin, Alfira, and Amin Basri. "PENGEMBANGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 25." Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 5.2 (2024): 295-301.
Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Bamba, K. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII SMPN 1 INUMAN. Jurnal PAJAR, 1(1), 10–27.
Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 228–237. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932
Kurniawati, & Syeptiani. (2024). Penerapan Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 4(1), 35-45.
Lestari, S., & Fatonah, K. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta Sri Lestari 1 , Khusnul Fatonah 2 , Abd. Halim 3. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438.
Marzalena, Vitoria, L., & Yamin, M. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Pecahan terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran di Kelas V SDN 1 Banda Aceh. PGSD: Pendidikan Guru Sekolah dasar, 4(1). http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/a rticle/view/13311
Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal).
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information SocialSciences and Health, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.57235/jetish.v1i1.35
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Rofik Khalim, A., & Oktapiani, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Akademika, 9(01), 109–126. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.814
Sakban, A., & Wahyudin, W. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 18-24.
Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.
Wisnujati, N. S., Sitorus, E., Anggusti, M., Ramadhani, R., Cendana, W., Marzuki, I., Simarmata, A., Tjiptadi, D. D., Bachtiar, E., Sari, D. C., Sari, I. N., Jamaludin, J., Sakirman, S., Grace, E., Hastuti, P., Ramadhani, Y. R., Purba, A., Prihatmojo, A., Firdaus, E., ... Cahyadin, W. (2021). Merdeka Belajar Merdeka Mengajar
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.