IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Authors

  • Alvin Pratama

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.22576

Keywords:

Manajemen, Peserta Didik, Minat, Bakat, Ekstrakurikuler

Abstract

Manajemen peserta didik menjadi aspek kunci dalam pengelolaan pendidikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan mendukung perkembangan siswa, termasuk pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler. SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan juga memiliki prosedur manajemen peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikulernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan manajemen peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penyelenggaraan ekstrakurikuler yang efektif membutuhkan manajemen peserta didik yang baik untuk mendorong siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengaktualisasikan diri Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan berfungsi penting dalam memastikan kelancaran dan efektivitas penyelenggaraan kegiatan, serta pengembangan bakat dan minat peserta didik. Fungsi manajemen peserta didik sudah berjalan dengan baik, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler berperan dalam pembentukan karakter dan etika, pembentukan keterampilan khusus, pengembangan kemampuan sosial, dan pencapaian prestasi bagi tiap siswa yang menekuni ekstrakurikuler dengan optimal.

References

Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2022). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107–130. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.392

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. PT. Rineka Cipta.

Hakim, M. N., & Iskandar, M. N. (2023). Pengembangan Bakat Dan Minat Dengan Manajemen Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 26–37. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.17

Hamidah, A. Z., Warisno, A., & Hidayah, N. (2021). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 1–15. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/88

Muhammad, G., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Proses Manajemen Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Religius. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2), 161–174. https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.14772

Muspawi, M. (2020). Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 744. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1050

Nudin, B. (2022). Manajemen Peserta Didik. Kampus Terpadu UII.

Putri, A. M., Guspiati, S., Wiguna, I. B. A. A., Fajrianti, Septiani, S., Ayuni, R., Suyitno, M., Hayati, R., Desilawati, A., Resnasari, U. L., Putra, A. A. W., & Rahyasih, Y. (2023). Manajemen Peserta Didik. PT Sada Kurnia Pustaka.

Rifa’i, M. (2018). Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran). CV. Widya Puspita.

Saadah, R., & Asy’ari, H. (2022). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.1

Setiani, A., & Priansa, D. J. (2020). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Alfabeta.

Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Published

2024-09-26

Issue

Section

Artikel