IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.22576Keywords:
Manajemen, Peserta Didik, Minat, Bakat, EkstrakurikulerAbstract
Manajemen peserta didik menjadi aspek kunci dalam pengelolaan pendidikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan mendukung perkembangan siswa, termasuk pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler. SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan juga memiliki prosedur manajemen peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikulernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan manajemen peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penyelenggaraan ekstrakurikuler yang efektif membutuhkan manajemen peserta didik yang baik untuk mendorong siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengaktualisasikan diri Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan berfungsi penting dalam memastikan kelancaran dan efektivitas penyelenggaraan kegiatan, serta pengembangan bakat dan minat peserta didik. Fungsi manajemen peserta didik sudah berjalan dengan baik, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler berperan dalam pembentukan karakter dan etika, pembentukan keterampilan khusus, pengembangan kemampuan sosial, dan pencapaian prestasi bagi tiap siswa yang menekuni ekstrakurikuler dengan optimal.
References
Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2022). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107–130. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.392
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. PT. Rineka Cipta.
Hakim, M. N., & Iskandar, M. N. (2023). Pengembangan Bakat Dan Minat Dengan Manajemen Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 26–37. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.17
Hamidah, A. Z., Warisno, A., & Hidayah, N. (2021). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 1–15. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/88
Muhammad, G., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Proses Manajemen Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Religius. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2), 161–174. https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.14772
Muspawi, M. (2020). Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 744. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1050
Nudin, B. (2022). Manajemen Peserta Didik. Kampus Terpadu UII.
Putri, A. M., Guspiati, S., Wiguna, I. B. A. A., Fajrianti, Septiani, S., Ayuni, R., Suyitno, M., Hayati, R., Desilawati, A., Resnasari, U. L., Putra, A. A. W., & Rahyasih, Y. (2023). Manajemen Peserta Didik. PT Sada Kurnia Pustaka.
Rifa’i, M. (2018). Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran). CV. Widya Puspita.
Saadah, R., & Asy’ari, H. (2022). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.1
Setiani, A., & Priansa, D. J. (2020). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Alfabeta.
Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.