Komparasi Metode Pembelejaran Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.22585Keywords:
learning methods critical thinking skills social skills learning effectivenessAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membandingkan efektivitas berbagai metode pengajaran yang digunakan di sekolah dasar. Metode yang dikaji antara lain pembelajaran berbasis proyek (PBL), pembelajaran kooperatif (CL), dan pembelajaran tradisional (CERAMAH). Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berdasarkan  informasi dikumpulkan melalui observasi siswa, observasi kelas, dan catatan perilaku siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara metode pengajaran. Sesuai dengan temuan penelitian, pendekatan pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan kinerja akademik dan keterampilan berpikir kritis siswa jika dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran tradisional dan kooperatif. Sebaliknya, pembelajaran kooperatif lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama tim siswa.ÂReferences
Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Zanthy, L. S., Fauzi, M., ... & Kurniasari, E. (2021). Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Hosnan, M., 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 2, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.
Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195-207.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13-27.
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388.
Rusman, 2010. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua) edisi kedu., Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Santyasa, I. W. (2007). Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha, 6.
Septikasari, Z. (2015). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar.
Septikasari, Z. PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAMATI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR APPLICATION METHODS GUIDED DISCOVERY IN THE EFFORT IMPROVING SKILLS OBSERVING STUDENT.
Septikasari, Z., Retnowati, H., & Wilujeng, I. (2022). Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Sebagai Strategi Ketahanan Sekolah Dasar Dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(1), 120-143.
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736-9744.
Wahyu, R. (2016). Implementasi model project based learning (pjbl) ditinjau dari penerapan kurikulum 2013. Jurnal Tecnoscienza, 1(1), 49-62.
Wirabumi, R. (2020, October). Metode pembelajaran ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khazanah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.