PERAN ANALISIS WACANA DALAM PENDIDIKAN: MENGAJARKAN LITERASI KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v19i1.22657Abstract
Artikel ini membahas pentingnya literasi kritis dalam pendidikan modern, dengan menekankan peran analisis wacana sebagai metode untuk mengembangkan kemampuan literasi kritis pada siswa. Dalam era informasi yang kompleks, siswa harus mampu memahami dan menilai berbagai teks yang dipengaruhi oleh kekuasaan dan ideologi. Analisis wacana memungkinkan siswa untuk mengidentifikasi bias, prasangka, dan pesan tersembunyi dalam teks, serta memahami konteks sosial dan politik di baliknya. Metode ini membantu siswa menjadi pembaca yang lebih kritis sekaligus penulis yang reflektif. Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur untuk mengkaji berbagai sumber akademik tentang analisis wacana dan literasi kritis dalam pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa analisis wacana dapat meningkatkan keterampilan analitis, kesadaran ideologis, dan kemampuan komunikasi siswa, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan dunia modern. Integrasi analisis wacana dalam kurikulum pendidikan adalah langkah penting untuk membekali siswa dengan keterampilan literasi kritis yang esensial.Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khazanah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.