PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS VII SMP 1 LINGSAR

Authors

  • Miadatul Aslamiah Universitas Mataram
  • Irmi Ariani Universitas Mataram
  • Nila Widiya Wati Universitas Mataram
  • Mizra Wulandari Universitas Mataram
  • Muhammad Hilmi Ali Universitas Mataram
  • Muhammad Okviraman Tohazri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.22804

Keywords:

Kurikulum merdeka, perkembangan kognitif, peserta didik

Abstract

Penerapan kurikulum mandiri dengan fokus pada peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa menjadi latar belakang dilakukannya penelitian. Pada tingkat SMP, hanya kelas VII yang menerapkan kurikulum ini karena baru diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif siswa kelas VII melalui penerapan kurikulum mandiri, tantangan guru PPKn dalam menerapkan kurikulum mandiri, dan mengklasifikasikan cara guru PPKn mengaktifkan perkembangan kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Analisis deskriptif digunakan dalam teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif siswa menekankan pada penguasaan enam dimensi profil pembelajaran Pancasila. Karena kurikulum mandiri masih tergolong baru, guru PKn menghadapi sejumlah kesulitan dalam menerapkannya. Guru PPKn melakukan beberapa penilaian (evaluasi) untuk mengetahui peningkatan kognitif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah SMP 1 Lingsar menyediakan perpustakaan digital yang dapat diakses siswa dari mana saja dan dapat mempelajari data perpustakaan, namun disisi lain para pendidik (PPKn) mengalami kendala dalam penerapan kurikulum mandiri.

Author Biographies

Miadatul Aslamiah, Universitas Mataram

Department of Pancasila and citizenship

Irmi Ariani, Universitas Mataram

Department of Pancasila and citizenship

Nila Widiya Wati, Universitas Mataram

Department of Pancasila and citizenship

Mizra Wulandari, Universitas Mataram

Department of Pancasila and citizenship

Muhammad Hilmi Ali, Universitas Mataram

Department of Pancasila and citizenship

Muhammad Okviraman Tohazri, Universitas Mataram

Department of Pancasila and citizenship

References

Alfath, Annisa, Fara Nur Azizah, and Dede Indra Setiabudi. 2022. “PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM” 1 (2): 42–50. Afifah, Ummi. 2019. “Kurikulum Merdeka Dan Penerapannya Dalam Kegiatan Pembelajaran,” 1–10. Iii, B A B, and Metode Penelitian. n.d. “Sugiyono , Metode Penelitian Dann R&D , Alfabeta, Bandung Tahun 2008 Hlm.24 34,” 34–37. “Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan » Republik Indonesia.” n.d. “Kemenag Kanwil Papua.” n.d. Laily, Nurul, Al Arsyadhi, Laksmi Dewi, Asep Herry Hernawan, and Universitas Pendidikan Indonesia. 2024. “Inovasi Kurikulum” 21 (2): 1149–60. Magister, Prodi, Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Gorontalo, and Safira Nur Rahma. n.d. “EFEKTIVITAS KURIKULUM MERDEKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN,” no. 0435, 1–14. “Mengenal 4 Tahap Perkembangan Kognitif Pada Anak.” n.d. Pahlawan, Universitas, Tuanku Tambusai, Ari Anggara, Maria Siregar, Muhammad Faraiddin, and Nila Syafrida. 2023. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling” 5:1899–1904. “Profil Pelajar Pancasila - Direktorat Sekolah Dasar.” n.d. PMM Adalah Platform Merdeka Mengajar, Ketahui Tujuan Dan Cara Aksesnya.” n.d. “Perwujudan Tujuan Pendidikan Nasional Profil Pelajar Pancasila.” n.d. “Penelitian Kualitatif_ Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis, Dan Prosedurnya.” n.d. “Teori Belajar Kognitif – PGSD Pendidikan Jasmani-Universitas Pendidikan Indonesia.” n.d. Tarbiyah, Fakultas, Stai Kh, and E Z Muttaqien. 2020. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar” 13 (2): 2–5.

Downloads

Published

2024-09-12

Issue

Section

Artikel