PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS VII SMP 1 LINGSAR
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i2.22804Keywords:
Kurikulum merdeka, perkembangan kognitif, peserta didikAbstract
Penerapan kurikulum mandiri dengan fokus pada peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa menjadi latar belakang dilakukannya penelitian. Pada tingkat SMP, hanya kelas VII yang menerapkan kurikulum ini karena baru diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif siswa kelas VII melalui penerapan kurikulum mandiri, tantangan guru PPKn dalam menerapkan kurikulum mandiri, dan mengklasifikasikan cara guru PPKn mengaktifkan perkembangan kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Analisis deskriptif digunakan dalam teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif siswa menekankan pada penguasaan enam dimensi profil pembelajaran Pancasila. Karena kurikulum mandiri masih tergolong baru, guru PKn menghadapi sejumlah kesulitan dalam menerapkannya. Guru PPKn melakukan beberapa penilaian (evaluasi) untuk mengetahui peningkatan kognitif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah SMP 1 Lingsar menyediakan perpustakaan digital yang dapat diakses siswa dari mana saja dan dapat mempelajari data perpustakaan, namun disisi lain para pendidik (PPKn) mengalami kendala dalam penerapan kurikulum mandiri.References
Alfath, Annisa, Fara Nur Azizah, and Dede Indra Setiabudi. 2022. “PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM” 1 (2): 42–50. Afifah, Ummi. 2019. “Kurikulum Merdeka Dan Penerapannya Dalam Kegiatan Pembelajaran,” 1–10. Iii, B A B, and Metode Penelitian. n.d. “Sugiyono , Metode Penelitian Dann R&D , Alfabeta, Bandung Tahun 2008 Hlm.24 34,” 34–37. “Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan » Republik Indonesia.” n.d. “Kemenag Kanwil Papua.” n.d. Laily, Nurul, Al Arsyadhi, Laksmi Dewi, Asep Herry Hernawan, and Universitas Pendidikan Indonesia. 2024. “Inovasi Kurikulum” 21 (2): 1149–60. Magister, Prodi, Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Gorontalo, and Safira Nur Rahma. n.d. “EFEKTIVITAS KURIKULUM MERDEKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN,” no. 0435, 1–14. “Mengenal 4 Tahap Perkembangan Kognitif Pada Anak.” n.d. Pahlawan, Universitas, Tuanku Tambusai, Ari Anggara, Maria Siregar, Muhammad Faraiddin, and Nila Syafrida. 2023. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling” 5:1899–1904. “Profil Pelajar Pancasila - Direktorat Sekolah Dasar.” n.d. PMM Adalah Platform Merdeka Mengajar, Ketahui Tujuan Dan Cara Aksesnya.” n.d. “Perwujudan Tujuan Pendidikan Nasional Profil Pelajar Pancasila.” n.d. “Penelitian Kualitatif_ Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis, Dan Prosedurnya.” n.d. “Teori Belajar Kognitif – PGSD Pendidikan Jasmani-Universitas Pendidikan Indonesia.” n.d. Tarbiyah, Fakultas, Stai Kh, and E Z Muttaqien. 2020. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar” 13 (2): 2–5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.