MODEL PEMBELAJARAN THREADED UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR

Gina Rosiana, Virna Aprilia Lestari2, Nabiilah ‘Alimah

Abstract


Pelaksanaan proses pembelajaran di beberapa sekolah dasar masih menekankan pada penguasaan materi pembelajaran atau pembelajaran berbasis teori. Pembelajaran terpadu tipe threaded merupakan salah satu tipe pembelajaran terpadu yang membuat untaian antara beberapa keterampilan yaitu keterampilan berpikir, keterampilan sosial, kecerdasan ganda dan keterampilan mengorganisir. Pendidikan merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan kehidupan masa depan suatu bangsa. Dibutuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa agar mereka dapat mengembangkan kemampuan berpikir yang lainnya. Berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir dengan menggunakan cara-cara yang baru untuk menemukan solusi-solusi yang unik terhadap persoalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran tipe threaded dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar sebagai salah satu keterampilan penting di abad ke-21. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis wacana terkait hasil penelitian yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah dasar. Adapun yang dianalisis yaitu tentang kemampuan berpikir kreatif, pengembangan berpikir kreatif, dan bagaimana berpikir kreatif di sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis wacana dari beberapa referensi artikel dan buku penunjang lainnya, dapat disimpulkan bahwa untuk mendukung proses pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa diperlukan suatu pengembangan model pembelajaran tipe threaded yang difokuskan pada kesadaran tentang pengetahuan dan proses berpikir siswa yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan.


Keywords


Model Pembelajaran Threaded; Berpikir Kreatif; Sekolah Dasar.

References


Aflah, A. N., Ananda, R., Surya, Y. F., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model project based learning pada siswa sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 57-69.

Aini, A. N., Masfuah, S., & Fakhriyah, F. (2024). Pengembangan Media Jejak Petualangan Sains (JPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 719-728.

Al Ayyubi, I. I., & Rohmatulloh, R. (2023). Penerapan Pendekatan Model-Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Jurnal El-Audi, 4(1), 1-12.

Asnur Lise, M.Pd, dkk. (2024) IMPLIKASI PROJECTS BASED LEARNING, CV Mitra Edukasi Negeri

Astria, R., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112-119.

Aulia, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1-7.

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60.

Dewi, P., Nasution, T. A., Ahmad, W., & Nasution, F. (2023). Keterampilan Berpikir sebagai Bagian dari Proses Kognitif Kompleks Siswa. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 544-552.

Endayani, H. (2023). Pembelajaran Terpadu.

Etopio, E., Winkelsas, A., Jo, S., Karalis Noel, T., Kearney, E., & Gorlewski, J. (2023). Eden’s Garden: A cultivator’s chronicle. Policy Futures in Education, 21(5), 603-621.

Fitriana, E., Ramalisa, Y., & Pasaribu, F. T. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PJBL BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 64-73.

Hidayah, F., & Wa'ani, D. R. (2024). Pentingnya Pembelajaran Terpadu di Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 7(5).

Ikhsani, S. R., Tangawunisma, A., Sholeha, A., Divanka, P., & Setiabudi, D. I. (2023). Karakteristik Pembelajaran Tematik Yang Ideal Pada Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 290-295.

Indriani, F., & Rofiah, N. H. Pembelajaran Terpadu.

Ishlahul'Adiilah, I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49-56.

Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi berpikir kritis dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120-132.

Meliansari, V., Alpusari, M., & Alim, J. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan berpikir kreatif pada materi ipa siswa kelas V sdn 090 pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 74-80.

Mere, K. (2023). Systematic Literature Review: Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Journal on Education, 6(1), 5655-5661.

Musiyah, M., Rahmadi, S. H., & Supriyanto, S. (2023). Integrasi Islam Dan Sains Praksis Di Pendidikan Formal Sekolah Dasar (Studi Kasus Implementasi Sains Syariah di SDMT Masaran Sragen). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10199-10214.

Nurasiah, T. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pecahan (Deskripsi Kualitatif Kelas VI SDIT Ibadurrahman) (Doctoral dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).

Olivia, R., Rahmi, D., Yuniati, S., & Kurniati, A. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 896-903.

Pangestu, W. T., Setyawan, A., & Maula, Q. (2023). Threaded Type Integrative Learning Model Develops Creative Thinking Skills of Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 7(2), 220-229.

Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43-54.

Riyanto, M., Asbari, M., & Latif, D. (2024). Efektivitas problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 1-5.

Supiadi, E., Sulistyo, L., Rahmani, S. F., Riztya, R., & Gunawan, H. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Journal on Education, 5(3), 9494-9505.

Tuti, N. M. (2024). Analisis Model Threaded Pada Pembelajaran Tematik Terpadu. At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(01).

Wahyuni, R., & Witarsa, R. (2023). Penerapan metode inkuiri untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 203-209.

Wardani, Y. E., & Suripah, S. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3039-3052.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v18i2.22971

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379