METODE PEMBELAJARAN SAINS BAGI GURU PAUD

Authors

  • tatik Ariyati Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v19i1.23929

Keywords:

Metode, Pembelajaran Sains, PAUD

Abstract

Pembelajaran merupakan proses pemerolehan informasi dari tidak tahu menjadi tahu. Peran guru dalam proses pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaranselain itu guru sebagai sumber belajar, guru sebagai sumber fasilitator, guru sebagai pengelola, guru sebagai demonstrator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, dan guru sebagai evaluator.

Metode merupakan cara yang dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan kegiatan. Untuk mengembangkan kognisi anak dapat dipergunakan metode-metode yang mampu menggerakkan anak agar menumbuhkan berfikir menalar, mampu menarik kesimpulan, dan membuat generalisasi. Dalam mengembangkan kreativitas anak, metode yang dipergunakan mampu mendorong anak mencari dan menemukan jawabannya, membuat pertanyaan yang membantu memecahkan, memikirkan kembali, membangun kembali, dan menemukan hubungan-hubungan baru.

Metode eksperimen adalah suatu cara anak untuk melakukaan berbagai percobaan yang dapat dilakukan anak sesuai dengan usianya dan guru sebagai fasilitator dengan alat yang sudah disiapkan oleh gurunya sendiri. Metode eksperimen merupakan cara yang digunakan untuk menyajikan pembelajaran, dimana anak melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarai, juga cara penyajian pelajaran yang memungkinkan anak melakukan percobaan sendiri untuk membuktikan suatu pertanyaan atau hipotesis yang dipelajari. Di mana anak melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari, anak diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan, dan menarik kesimpulan sendiri mengenai suatu objek, keadaan, atau proses sesuatu.

References

Ahmad., Sutanto., 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta, Penerbit Prenada Media Group

Aisyah., Siti , dkk , 2011. Perkembangan dan Konsep dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka

Anita Yus. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Dadan Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini dan Aspek Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Husdarta Dan Nurlan Kusmaedi, 2010. Pertumbuhan Dan Perkembagan Peserta Didik . Alfabeta. Bandung

Lexy J. Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maulidina, M. A., Susilaningsih, & Abidin, Z. (2018). Pengembangan game based learning berbasis pendekatan saintifik paada siswa kelas IV sekolah dasar. JINOTEP, 4(2), ISSN 2405-8780

Meliawati, N. W., Suarjana, M., & Mahadewi, L. P. P. (2015). Analisis penerapan pendekatan saintifik terhadap dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 tema 9 (Makananku sehat dan bergizi). e- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1)

Nurani, Sujiono, Yuliani, dkk, 2009. Metode Pengembangan Kognitif, Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka

Nurani, Sujiono, Yuliani, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran, Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Alfabeta.

Sibuea, Ade Rimelda dan Elfia Sukma. Analisis Langkah-langkah Pendekatan Scientifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli. Jurnal of Basic Education Studies e-ISSN: 2656-6702 volume 4 no 1 2021

Skinner, B. F. 1956. A case history in scientific method. American psychologist. 11(5), 221-233

Usep Kustiawan , Retno Triwulandari, 2012 Modul Pengembangan Materi Bidang Studi Media Pembelajaran PAUD, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Universitas Negeri Malang panitia sertifikasi guru (psg) rayon 115

Wieman, C. 2007. Why not try a scientific approach to science education, Journal of Change, 39(5), 99-121

Trianto. 2012. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Prenada Media Group.

Yeni Rachmawati, Euis Kurniawati, 2011. Strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak – kanak. Jakarta. Penerbit : kencana prenada media group

Published

2025-03-22

Issue

Section

Artikel