METODE PEMBELAJARAN SAINS BAGI GURU PAUD
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v19i1.23929Keywords:
Metode, Pembelajaran Sains, PAUDAbstract
Pembelajaran merupakan proses pemerolehan informasi dari tidak tahu menjadi tahu. Peran guru dalam proses pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaranselain itu guru sebagai sumber belajar, guru sebagai sumber fasilitator, guru sebagai pengelola, guru sebagai demonstrator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, dan guru sebagai evaluator.
Metode merupakan cara yang dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan kegiatan. Untuk mengembangkan kognisi anak dapat dipergunakan metode-metode yang mampu menggerakkan anak agar menumbuhkan berfikir menalar, mampu menarik kesimpulan, dan membuat generalisasi. Dalam mengembangkan kreativitas anak, metode yang dipergunakan mampu mendorong anak mencari dan menemukan jawabannya, membuat pertanyaan yang membantu memecahkan, memikirkan kembali, membangun kembali, dan menemukan hubungan-hubungan baru.
Metode eksperimen adalah suatu cara anak untuk melakukaan berbagai percobaan yang dapat dilakukan anak sesuai dengan usianya dan guru sebagai fasilitator dengan alat yang sudah disiapkan oleh gurunya sendiri. Metode eksperimen merupakan cara yang digunakan untuk menyajikan pembelajaran, dimana anak melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarai, juga cara penyajian pelajaran yang memungkinkan anak melakukan percobaan sendiri untuk membuktikan suatu pertanyaan atau hipotesis yang dipelajari. Di mana anak melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari, anak diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan, dan menarik kesimpulan sendiri mengenai suatu objek, keadaan, atau proses sesuatu.
References
Ahmad., Sutanto., 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta, Penerbit Prenada Media Group
Aisyah., Siti , dkk , 2011. Perkembangan dan Konsep dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka
Anita Yus. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.
Dadan Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini dan Aspek Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Husdarta Dan Nurlan Kusmaedi, 2010. Pertumbuhan Dan Perkembagan Peserta Didik . Alfabeta. Bandung
Lexy J. Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maulidina, M. A., Susilaningsih, & Abidin, Z. (2018). Pengembangan game based learning berbasis pendekatan saintifik paada siswa kelas IV sekolah dasar. JINOTEP, 4(2), ISSN 2405-8780
Meliawati, N. W., Suarjana, M., & Mahadewi, L. P. P. (2015). Analisis penerapan pendekatan saintifik terhadap dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 tema 9 (Makananku sehat dan bergizi). e- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1)
Nurani, Sujiono, Yuliani, dkk, 2009. Metode Pengembangan Kognitif, Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Nurani, Sujiono, Yuliani, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran, Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Alfabeta.
Sibuea, Ade Rimelda dan Elfia Sukma. Analisis Langkah-langkah Pendekatan Scientifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Para Ahli. Jurnal of Basic Education Studies e-ISSN: 2656-6702 volume 4 no 1 2021
Skinner, B. F. 1956. A case history in scientific method. American psychologist. 11(5), 221-233
Usep Kustiawan , Retno Triwulandari, 2012 Modul Pengembangan Materi Bidang Studi Media Pembelajaran PAUD, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Universitas Negeri Malang panitia sertifikasi guru (psg) rayon 115
Wieman, C. 2007. Why not try a scientific approach to science education, Journal of Change, 39(5), 99-121
Trianto. 2012. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Prenada Media Group.
Yeni Rachmawati, Euis Kurniawati, 2011. Strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak – kanak. Jakarta. Penerbit : kencana prenada media group
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khazanah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.