Teknik Perangkingan Sebagai Evaluasi Siswa di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v19i1.25394Keywords:
perangkingan, simple rank, presentil rank, standar deviasi, teknik perangkinganAbstract
Teknik perangkingan merupakan metode yang penting untuk menentukan urutan suatu kedudukan siswa dalam evaluasi siswa di sekolah. Sumber informasi terkait teknik perangkingan dalam evaluasi siswa sebelumnya masih sangat terpisah dan tersebar menjadi beberapa sumber sehingga menyulitkan pendidik untuk mencari referensi yang praktis. Artikel ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan mengumpulkan dan menyajikan informasi mengenai berbagai teknik perangkingan dan menyusunnya menjadi suatu artikel yang oraktis sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan milih metode perangkingan yang sesuai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review atau studi kepustakaan dengan mengumpulkan beberapa asumber yang berkaitan dan diperoleh dari jurnal penelitian, buku, maupun artikel online yang terdapat pada google scholar maupun platform akademik lainnya. Beberapa teknik dan jenis perangkingan yang dibahas dalam artikel imi adalah simple rank, presentil rank, dan standar deviasi (tiga kedudukan, Z score, dan T score). Penulis berharap artikel ini dapat memudahkan pembaca dalam memahami teknik perangkingan secara efektif, ringkas, dan praktis.Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khazanah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.