Teknik Perangkingan Sebagai Evaluasi Siswa di Sekolah

Authors

  • Hidayah Nur Lathifah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v19i1.25394

Keywords:

perangkingan, simple rank, presentil rank, standar deviasi, teknik perangkingan

Abstract

Teknik perangkingan merupakan metode yang penting untuk menentukan urutan suatu kedudukan siswa dalam evaluasi siswa di sekolah. Sumber informasi terkait teknik perangkingan dalam evaluasi siswa sebelumnya masih sangat terpisah dan tersebar menjadi beberapa sumber sehingga menyulitkan pendidik untuk mencari referensi yang praktis. Artikel ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan mengumpulkan dan menyajikan informasi mengenai berbagai teknik perangkingan dan menyusunnya menjadi suatu artikel yang oraktis sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan milih metode perangkingan yang sesuai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review atau studi kepustakaan dengan mengumpulkan beberapa asumber yang berkaitan dan diperoleh dari jurnal penelitian, buku, maupun artikel online yang terdapat pada google scholar maupun platform akademik lainnya. Beberapa teknik dan jenis perangkingan yang dibahas dalam artikel imi adalah simple rank, presentil rank, dan standar deviasi (tiga kedudukan, Z score, dan T score). Penulis berharap artikel ini dapat memudahkan pembaca dalam memahami teknik perangkingan secara efektif, ringkas, dan praktis.

Published

2025-03-22

Issue

Section

Artikel