PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • valiandra rahardika sura ardana Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v19i1.25413

Keywords:

literasi digital, minat baca, siswa sekolah dasar, Pendidikan, teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Literasi digital, yang mencangkup keahlian menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif, telah menjadi aspek penting dalam proses pembelajaran di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan siswa sekolah di  SDN 1 Bandung Tulungagung sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket yang mengukur tingkat literasi digital dan minat baca siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca siswa. Siswa yang memiliki literasi digital tinggi cenderung memiliki minat baca yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang literasi digitalnya rendah. Fakta ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan, terutama melalui peningkatan literasi digital, dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Oleh karena itu, sekolah dan guru disarankan untuk mengkolaborasikan sistem pendidikan berbasis teknologi dalam pembelajaran dan menyediakan akses yang lebih luas ke sumber belajar digital untuk mendukung perkembangan literasi dan minat baca siswa. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Literasi digital, yang mencangkup keahlian menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif, telah menjadi aspek penting dalam proses pembelajaran di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan siswa sekolah di  SDN 1 Bandung Tulungagung sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket yang mengukur tingkat literasi digital dan minat baca siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca siswa. Siswa yang memiliki literasi digital tinggi cenderung memiliki minat baca yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang literasi digitalnya rendah. Fakta ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan, terutama melalui peningkatan literasi digital, dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Oleh karena itu, sekolah dan guru disarankan untuk mengkolaborasikan sistem pendidikan berbasis teknologi dalam pembelajaran dan menyediakan akses yang lebih luas ke sumber belajar digital untuk mendukung perkembangan literasi dan minat baca siswa.

References

Andreani, A. (2019). Pengaruh Koleksi Buku Perpustakaan dan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Se-Dabin III Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Semarang:Universitas Negeri Semarang.

Atmazaki, dkk. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bangsawan, I.P.R. (2018). Minat Baca Siswa. Banyuasin: Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga,

dan Pariwisata Banyuasin.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa

di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya,

Volume 6 Nomor 8.

Putri, D. A. A. (2021). ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 23-44. https://doi.org/10.30651/else.v5i1.7380

Wulandari, D.R., Sholeh, M. (2021). Efektivitas Layanan Literasi Digital Untuk Meningkatkan

Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Covid-19. Jurnal Inspirasi Nomor 02.

Wang, H., dkk. (2020). Independent reading in rural China’s elementary schools: A mixedmethods analysis. International Journal of Educational Development.

Habiburrahman & Fatmawati R. (2020). Peningkatan Minat Baca dan Literasi Digital Melalui

Pojok Baca Interaktif Ramah Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang

Humaniora, Volume 1 Nomor 2

Published

2025-03-22

Issue

Section

Artikel