PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v19i1.25413Keywords:
literasi digital, minat baca, siswa sekolah dasar, Pendidikan, teknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Literasi digital, yang mencangkup keahlian menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif, telah menjadi aspek penting dalam proses pembelajaran di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan siswa sekolah di  SDN 1 Bandung Tulungagung sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket yang mengukur tingkat literasi digital dan minat baca siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca siswa. Siswa yang memiliki literasi digital tinggi cenderung memiliki minat baca yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang literasi digitalnya rendah. Fakta ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan, terutama melalui peningkatan literasi digital, dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Oleh karena itu, sekolah dan guru disarankan untuk mengkolaborasikan sistem pendidikan berbasis teknologi dalam pembelajaran dan menyediakan akses yang lebih luas ke sumber belajar digital untuk mendukung perkembangan literasi dan minat baca siswa.ÂPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Literasi digital, yang mencangkup keahlian menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif, telah menjadi aspek penting dalam proses pembelajaran di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan siswa sekolah di  SDN 1 Bandung Tulungagung sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket yang mengukur tingkat literasi digital dan minat baca siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca siswa. Siswa yang memiliki literasi digital tinggi cenderung memiliki minat baca yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang literasi digitalnya rendah. Fakta ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan, terutama melalui peningkatan literasi digital, dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Oleh karena itu, sekolah dan guru disarankan untuk mengkolaborasikan sistem pendidikan berbasis teknologi dalam pembelajaran dan menyediakan akses yang lebih luas ke sumber belajar digital untuk mendukung perkembangan literasi dan minat baca siswa.
References
Andreani, A. (2019). Pengaruh Koleksi Buku Perpustakaan dan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Se-Dabin III Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Semarang:Universitas Negeri Semarang.
Atmazaki, dkk. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Bangsawan, I.P.R. (2018). Minat Baca Siswa. Banyuasin: Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga,
dan Pariwisata Banyuasin.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa
di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya,
Volume 6 Nomor 8.
Putri, D. A. A. (2021). ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 23-44. https://doi.org/10.30651/else.v5i1.7380
Wulandari, D.R., Sholeh, M. (2021). Efektivitas Layanan Literasi Digital Untuk Meningkatkan
Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Covid-19. Jurnal Inspirasi Nomor 02.
Wang, H., dkk. (2020). Independent reading in rural China’s elementary schools: A mixedmethods analysis. International Journal of Educational Development.
Habiburrahman & Fatmawati R. (2020). Peningkatan Minat Baca dan Literasi Digital Melalui
Pojok Baca Interaktif Ramah Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang
Humaniora, Volume 1 Nomor 2Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khazanah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.