PERAN GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI TEGALMULYO

Authors

  • Thifan Arel Sabila Universitas PGRI Yogyakarta
  • Zela Septikasari Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Teacher's Role, Learning Barriers, Learning Strategies

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana guru di SD Negeri Tegalmulyo mengatasi berbagai tantangan dalam proses pembelajaran. Dengan meneliti peran guru, studi ini berusaha mengidentifikasi strategi yang efektif dalam menghadapi hambatan-hambatan tersebut. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas, rendahnya motivasi belajar siswa, dan minimnya keterlibatan orang tua. Guru memainkan peran penting sebagai fasilitator, motivator, dan inovator demi mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan mendukung. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa guru mampu mengatasi hambatan melalui penerapan strategi pembelajaran kreatif, komunikasi yang efektif dengan orang tua, serta pemanfaatan sumber daya yang tersedia secara optimal. Artikel ini memberikan rekomendasi bagi pihak sekolah, guru, dan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Arends, RI (2012). Belajar Mengajar.
Creswell, J.W. (2014). "Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches" (4th Edition). Sage Publications.
Epstein, JL (2009). Kemitraan Sekolah, Keluarga, dan Komunitas: Buku Panduan Tindakan Anda. Pers Corwin.
Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1994). "Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook." SAGE Publications.
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldaña, J. (2014). "Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook." Sage Publications.
Rahmat, A. (2018). "Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(3), 102-110.
Sugiyono. (2010). "Educational Research Methods: Quantitative, Qualitative, and R&D Approaches." Bandung: Alfabeta.
Suyanto, S. (2013). "Strategi Peran Guru dalam Memotivasi Siswa untuk Belajar". Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 45-58.
Tomlinson, C.A. (2001). “Bagaimana Membedakannya Pengajaran di Ruang Kelas Kemampuan Campuran. ASCD.

Published

2025-05-01

Issue

Section

Artikel