PERAN GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI TEGALMULYO
Keywords:
Teacher's Role, Learning Barriers, Learning StrategiesAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana guru di SD Negeri Tegalmulyo mengatasi berbagai tantangan dalam proses pembelajaran. Dengan meneliti peran guru, studi ini berusaha mengidentifikasi strategi yang efektif dalam menghadapi hambatan-hambatan tersebut. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas, rendahnya motivasi belajar siswa, dan minimnya keterlibatan orang tua. Guru memainkan peran penting sebagai fasilitator, motivator, dan inovator demi mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan mendukung. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa guru mampu mengatasi hambatan melalui penerapan strategi pembelajaran kreatif, komunikasi yang efektif dengan orang tua, serta pemanfaatan sumber daya yang tersedia secara optimal. Artikel ini memberikan rekomendasi bagi pihak sekolah, guru, dan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.References
Arends, RI (2012). Belajar Mengajar.
Creswell, J.W. (2014). "Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches" (4th Edition). Sage Publications.
Epstein, JL (2009). Kemitraan Sekolah, Keluarga, dan Komunitas: Buku Panduan Tindakan Anda. Pers Corwin.
Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1994). "Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook." SAGE Publications.
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldaña, J. (2014). "Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook." Sage Publications.
Rahmat, A. (2018). "Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(3), 102-110.
Sugiyono. (2010). "Educational Research Methods: Quantitative, Qualitative, and R&D Approaches." Bandung: Alfabeta.
Suyanto, S. (2013). "Strategi Peran Guru dalam Memotivasi Siswa untuk Belajar". Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 45-58.
Tomlinson, C.A. (2001). “Bagaimana Membedakannya Pengajaran di Ruang Kelas Kemampuan Campuran. ASCD.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khazanah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.