The Role of Guidance Counseling in Enhancing the Motivation to Learn Among EElementary School Students
Keywords:
Peran bimbingan Konseling Pentungnya Peran Bimbingan Konseling untuk siswa Sekolah DasarAbstract
Pendidikan merupakan usaha secara sadar yang dilakukan dalam rangka memberikan dalam mengajarkan serangkaian ilmu pengetahuan, keterampilan hidup, dan etika dari generasi ke generasi. penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunkan Studi Pustaka (Library Research), dengan cara mengumpulkan, membaca, dan menganalisis berbagai sumber jurnal maupun sumber lain terkait peran bimbingan konseling dalam memotivasi belajara siswa di sekolah dasar. Data yang digunakan berasal dari jurnal ilmiah, buku, artikel, serta dokumen lain yang relevan. Analisis dalam peneliktian ini melalui tahap pemahaman, pengelompokan, dan menyimpulkan informasi yang penting dari berbagai referensi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang seberapa besar peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan terhadap fenomena rendahnya tingkat motivasi belajar siswa, keterlibatan wali kelas dalam membangun motivasi belajar siswa nya, serta bagaimana peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Judul ini diangkat untuk memberikan perhatian lebih pada pentingnya peran bimbingan konseling dalam konteks pendidikan dasar. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis kepada guru dan konselor sekolah dalam mengembangkan program bimbingan konseling yang mampu mendorong semangat belajar siswa.References
Corey, G. (2009). Theory and practice of counseling and psychotherapy (8th ed.).
Belmont, CA: Brooks/Cole.
Prayitno. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Rogers, C. R. (1951). Client-centered therapy: Its current practice, implications, and theory. Boston: Houghton Mifflin.
Shertzer, B., & Stone, S. C. (1980). Fundamentals of guidance (4th ed.). Boston: Houghton Mifflin.
Winkel, W. S. (2005). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Defi Anita Listari & Muhammad Faizal Rabbani (2024) Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner
Rasmi Sitanggang (2021) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era COVID-19 (Studi Literatur). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education
Putri Nabila Rasendriya, Rachma Margi Ningsih, Ni’mathul Khurotan Acyuni Arsy & Muslihati (2023) Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khazanah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.