The Role of Guidance Counseling in Enhancing the Motivation to Learn Among EElementary School Students

Authors

  • marita ana INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMAD AZIM JAMBI

Keywords:

Peran bimbingan Konseling Pentungnya Peran Bimbingan Konseling untuk siswa Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan merupakan usaha secara sadar yang dilakukan dalam rangka memberikan dalam mengajarkan serangkaian ilmu pengetahuan, keterampilan hidup, dan etika dari generasi ke generasi. penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunkan Studi Pustaka (Library Research), dengan cara mengumpulkan, membaca, dan menganalisis berbagai sumber jurnal maupun sumber lain terkait peran bimbingan konseling dalam memotivasi belajara siswa di sekolah dasar. Data yang digunakan berasal dari jurnal ilmiah, buku, artikel, serta dokumen lain yang relevan. Analisis dalam peneliktian ini melalui tahap pemahaman, pengelompokan, dan menyimpulkan informasi yang penting dari berbagai referensi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang seberapa besar peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan terhadap fenomena rendahnya tingkat motivasi belajar siswa, keterlibatan wali kelas dalam  membangun motivasi belajar siswa nya, serta bagaimana peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Judul ini diangkat untuk memberikan perhatian lebih pada pentingnya peran bimbingan konseling dalam konteks pendidikan dasar. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis kepada guru dan konselor sekolah dalam mengembangkan program bimbingan konseling yang mampu mendorong semangat belajar siswa.

Author Biography

marita ana, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMAD AZIM JAMBI

INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMAD AZIM JAMBI

References

Corey, G. (2009). Theory and practice of counseling and psychotherapy (8th ed.).

Belmont, CA: Brooks/Cole.

Prayitno. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rogers, C. R. (1951). Client-centered therapy: Its current practice, implications, and theory. Boston: Houghton Mifflin.

Shertzer, B., & Stone, S. C. (1980). Fundamentals of guidance (4th ed.). Boston: Houghton Mifflin.

Winkel, W. S. (2005). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Defi Anita Listari & Muhammad Faizal Rabbani (2024) Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner

Rasmi Sitanggang (2021) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era COVID-19 (Studi Literatur). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education

Putri Nabila Rasendriya, Rachma Margi Ningsih, Ni’mathul Khurotan Acyuni Arsy & Muslihati (2023) Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.

Published

2025-05-20

Issue

Section

Artikel