UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATAN HASIL LITERASI SISWA KELAS V SDN GENENG 1

Authors

  • Lulu Mei Nurhidayati Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Membaca pemahaman, Problem Based Learning, Literasi Membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN Geneng 1 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan spiral Kemmis dan Taggart, melibatkan 24 siswa sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Hasil awal menunjukkan bahwa hanya 33,33% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pra-siklus. Setelah perbaikan pembelajaran di Siklus I, persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 50%. Melalui Siklus II, semua siswa (100%) berhasil memenuhi KKM. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, dengan memberikan pengalaman belajar yang menarik dan relevan. Penelitian ini juga mengidentifikasi kendala yang dihadapi siswa dalam memahami teks bacaan, serta bagaimana strategi PBL dapat mengatasi tantangan tersebut, sehingga mendukung pengembangan literasi yang lebih baik di kalangan siswa.

 

Published

2025-05-20

Issue

Section

Artikel