UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATAN HASIL LITERASI SISWA KELAS V SDN GENENG 1
Keywords:
Membaca pemahaman, Problem Based Learning, Literasi MembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN Geneng 1 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan spiral Kemmis dan Taggart, melibatkan 24 siswa sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Hasil awal menunjukkan bahwa hanya 33,33% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pra-siklus. Setelah perbaikan pembelajaran di Siklus I, persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 50%. Melalui Siklus II, semua siswa (100%) berhasil memenuhi KKM. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, dengan memberikan pengalaman belajar yang menarik dan relevan. Penelitian ini juga mengidentifikasi kendala yang dihadapi siswa dalam memahami teks bacaan, serta bagaimana strategi PBL dapat mengatasi tantangan tersebut, sehingga mendukung pengembangan literasi yang lebih baik di kalangan siswa.
Â
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khazanah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.