ANALISIS HAMBATAN GURU DALAM PENGINTEGRASIAN TEKNOLOGI DI SDN 1 SAMARANG
Keywords:
Standard educator and educators, Professionalism teachers, Integrated technologyAbstract
Di SDN 1 Samarang, keberadaan berbagai fasilitas seperti laboratorium, WiFi, dan proyektor LCD mendukung pendekatan teknologi terpadu dalam pendidikan. Akan tetapi, ditemukan bahwa guru belum sepenuhnya memanfaatkan sumber daya teknologi ini di kelas mereka. Jika ditelusuri lebih lanjut tantangan yang dihadapi oleh para pendidik, terungkap bahwa meskipun memiliki teknologi pribadi, banyak guru yang kurang cakap dalam menggunakannya dan cenderung mengandalkan metode pengajaran tradisional.
Wawasan yang diperoleh dari pengamatan dan wawancara dengan administrator sekolah menunjukkan bahwa beberapa faktor menghambat integrasi teknologi yang efektif dalam pengajaran. Faktor-faktor tersebut meliputi akses pribadi guru terhadap teknologi, kenyamanan dan tingkat keterampilan mereka dengan perangkat ini, serta keterbatasan usia dan waktu. Penelitian menunjukkan bahwa hambatan utama terhadap integrasi teknologi berasal dari guru itu sendiri, yang sering kali kurang memiliki motivasi untuk mengeksplorasi dan meningkatkan keterampilan teknologi mereka.Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khazanah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.