ANALISIS HAMBATAN GURU DALAM PENGINTEGRASIAN TEKNOLOGI DI SDN 1 SAMARANG

Authors

  • Rifa Srikandi Ahdiat <span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Institut Pendidikan Indonesia Garut</span></span></span></span>

Keywords:

Standard educator and educators, Professionalism teachers, Integrated technology

Abstract

Di SDN 1 Samarang, keberadaan berbagai fasilitas seperti laboratorium, WiFi, dan proyektor LCD mendukung pendekatan teknologi terpadu dalam pendidikan. Akan tetapi, ditemukan bahwa guru belum sepenuhnya memanfaatkan sumber daya teknologi ini di kelas mereka. Jika ditelusuri lebih lanjut tantangan yang dihadapi oleh para pendidik, terungkap bahwa meskipun memiliki teknologi pribadi, banyak guru yang kurang cakap dalam menggunakannya dan cenderung mengandalkan metode pengajaran tradisional.

Wawasan yang diperoleh dari pengamatan dan wawancara dengan administrator sekolah menunjukkan bahwa beberapa faktor menghambat integrasi teknologi yang efektif dalam pengajaran. Faktor-faktor tersebut meliputi akses pribadi guru terhadap teknologi, kenyamanan dan tingkat keterampilan mereka dengan perangkat ini, serta keterbatasan usia dan waktu. Penelitian menunjukkan bahwa hambatan utama terhadap integrasi teknologi berasal dari guru itu sendiri, yang sering kali kurang memiliki motivasi untuk mengeksplorasi dan meningkatkan keterampilan teknologi mereka.

Published

2025-05-25

Issue

Section

Artikel