ANALISIS METODE PEMBELAJARAN IPA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SAAT WABAH COVID-19 DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.9838Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang dilakukan guru kelas di MI Muhammadiyah Paremono pada mata pelajaran IPA di masa pandemi covid-19.
Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Paremono, kecamatan Mungkid, kabupaten Magelang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pengambilan data berupa wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, observasi kepada kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua, serta pencermatan beberapa dokumen pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan merupakan triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan analisis metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di MI Muhammadiyah Paremono pada mata pelajaran IPA di masa pandemi corona/covid-19. Metode yang digunakan guru diantaranya Touring , demonstrasi secara langsung secara terbatas maupun demonstrasi melalui video, pemberian contoh melalui foto, penugasan secara tertulis yang diberikan via whatsapp maupun siswa atau orang tua mengambil tugas di sekolah, dan praktek yang divideokan dan dikirim melalui aplikasi whatsapp.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ashari, M. (2020). Pikiran Rakyat.com.
Ekosiswoyo, R. (2007). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan 14, 67-82.
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara Observasi dan Fokus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.
Purwanto, A. P. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling,, 7.
Puspitasari, R. (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan di Indonesia.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.