ANALISIS METODE PEMBELAJARAN IPA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SAAT WABAH COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Linda Maulidina, Tria Mardiana, Ari Supriyatna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang dilakukan guru kelas di MI Muhammadiyah Paremono pada mata pelajaran IPA di masa pandemi covid-19.

Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Paremono, kecamatan Mungkid, kabupaten Magelang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pengambilan data berupa wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, observasi kepada kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua, serta pencermatan beberapa dokumen pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan merupakan triangulasi metode dan triangulasi sumber.

Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan analisis metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di MI Muhammadiyah Paremono pada mata pelajaran IPA di masa pandemi corona/covid-19. Metode yang digunakan guru diantaranya Touring , demonstrasi secara langsung secara terbatas maupun demonstrasi melalui video, pemberian contoh melalui foto, penugasan secara tertulis yang diberikan via whatsapp maupun siswa atau orang tua mengambil tugas di sekolah, dan praktek yang divideokan dan dikirim melalui aplikasi whatsapp.


References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashari, M. (2020). Pikiran Rakyat.com.

Ekosiswoyo, R. (2007). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan 14, 67-82.

Herdiansyah, H. (2013). Wawancara Observasi dan Fokus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Purwanto, A. P. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling,, 7.

Puspitasari, R. (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan di Indonesia.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v15i1.9838

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379