Analisis Faktor-Faktor Penentu Islamic Social Reporting dengan Moderasi Komisaris Independen (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2016-2020)

Authors

  • Meyla Dianing Putri IAIN Salatiga
  • Nafis Irkhami IAIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.30595/kompartemen.v20i1.12455

Keywords:

Leverage, Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Islamic Social Reporting, Komisaris Independen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh debt equity ratio, kinerja keuangan, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional terhadap islamic social reporting dengan komisaris independen sebagai variabel moderating. Sampel penelitian ini adalah bank umum syariah di Indonesia tahun 2016-2020. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa debt equity ratio berpengaruh positif terhadap islamic social reporting. Kinerja keuangan, ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap islamic social reporting. Setelah melakukan uji moderated regression analysis menunjukkan komisaris independen dapat memoderasi pengaruh debt equity ratio, kinerja keuangan, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional terhadap islamic social reporting.

References

Abdullah, M. A. (2010). Corporate Governance Perbankan Syariah di Indonesia. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Alijoyo, A., & Suharto, Z. (2004). Komisaris Independen Penggerak Praktik GCG di Perusahaan. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Andrikopoulos, A., Samitas, A., & Bekiaris, M. (2014). Corporate Social Responsibility Reporting in Financial Institution: Evidence from Euronext. Research in International Business and Finance, 32,27-35.

Bawono, A., & Shina, A. F. I. (2018). Ekonometrika Terapan Untuk Ekonomi dan Bisnis Islam Aplikasi dengan Eviews. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga Press.

Baydoun, N., & Willet, R. (2000). Islamic Corporate Reports. Abacus. 36 (1), 71-90.

Dowling, J & Pfeffer, J. (1975). Organizational Legitimacy: Social Values and Organizational Behaviour. Pacific Sociology Review. 18(1), 122-136.

Endraswati, H. (2016). Woman as Board of Commisioner dan Kinerja Perbankan Syariah di Indonesia. Jakarta: Phoenix Publisher.

Faisal, M. (2004). Manajemen Perbankan. Malang: UMM Press.

Freeman, R., E. (1994). The Politics Of Stakeholder Theory: Some Future Directions. Business Ethics Quarterly. 4(4), 409-421.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. BPFE Universitas Diponegoro.

Grahovar, M. (2011). The Use of Corporate Responsibility Reports for Managing Legitimacy. Conference Paper Economic and Law.

Gray, R., Kouhy, R., & Lavers, S. (1995). Corporate Social and Environmental Reporting: A Review of The Literature and A Longitudinal Study of UK Disclosure. Accounting, Auditing, and Accountability Journal, 8(2), 47–77.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: Grasindo.

Izetbegovic, A. A. (2010). Islam Between East and West. Indianapolis: American Trust Publication.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3(4), 305–360.

Meutia, Inten. (2010). Menata Pengungkapan CSR di Bank Islam (Suatu Pendekatan Kritis). Jakarta: Citra Pustaka Indonesia.

Purwataatmadja, K., dan Antonio, M., S. (1992). Apa dan Bagaimana Bank Islam. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf.

Sawitri, D. R., Juanda, A., & Jati, A. W. (2017). Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah Indonesia Berdasarkan Islamic Social Reporting Index. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 15(2), 139–149.

Sudarsono, H. (2007). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Ekonisia.

Sunaryo. (2015). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) Dalam Berbagai Perspektif Kajian. Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Widyanti, A. D., & Cilarisinta, N. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Islamic Social Reporting. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 19(2), 99–109.

Wiyuda, A., & Pramono, H. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance, Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Terdaftar di BEI. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 15(1), 12–25.

Yang, W. S., Loo, S. C., & Shamser. (2009). The Effect of Board Structure and Institusional Ownership Structure on Earnings Management. International Journal of Economics and Management, 3(2), 332-353.

Yusuf, M. Y. (2017). Islamic Social Responsibility (I-CSR) pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-10

How to Cite

Putri, M. D., & Irkhami, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penentu Islamic Social Reporting dengan Moderasi Komisaris Independen (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2016-2020). Kompartemen : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 20(1), 83–107. https://doi.org/10.30595/kompartemen.v20i1.12455

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.