PENGARUH BELANJA MODAL, UKURAN PEMERINTAH DAERAH, INTERGOVERNMENTALREVENUE DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Kabupaten/ Kota Di Provinsi Jawa Tengah,Tahun 2012-2015)

Sri Mulyani, Hardiyanto Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh belanja modal, intergovernmental revenue, ukuran pemerintah daerah dan pendapatan asli daerah terhadap kinerja keuangan. Variabel dependenyang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan yang diukur dengan rasio efisiensi, sedangkan variabel independennya adalah belanja modal, intergovernmental revenue, ukuran pemerintah daerah dan pendapatan asli daerah. Populasi dalam penelitian ini adalah pemerintah daerah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2012-2015. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus, dan diperoleh data sebanyak 105 sampel amatan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel belanja modal berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan Variabel intergovernmental revenue, ukuran pemerintah daerah dan pendapatan asli daerah berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah.
Kata Kunci : Kinerja keuangan, belanja modal, intergovernmental revenue, ukuran pemerintah daerah dan pendapatan asli daerah

Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/kompartemen.v15i1.1379

Copyright (c) 2017 KOMPARTEMEN

ISSN: 2579-8928