Analisis Pengaruh Persepsi Permodalan Terhadap Kinerja Usaha dalam Meningkatkan Keberhasilan UKM

Hardiyanto Wibowo

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan tulang punggung sistem ekonomi kerakyatan. UKM berkontribusi dalam mengurangi masalah kesenjangan antar golongan pendapatan dan antar pelaku usaha, pengentasan kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja. Konstribusi lainnya, UKM mempercepat perubahan struktural, meningkatkan perekonomian daerah dan ketahanan ekonomi nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi permodalan terhadap kinerja usaha dalam meningkatkan keberhasilan UKM. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dan wawancara pada responden, yaitu UKM sentra knalpot Desa Sayangan Purbalingga. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi permodalan berpengaruh terhadap kinerja usaha. Hasil ini menunjukkan bahwa pentingnya persepsi permodalan dalam meningkatkan kinerja usaha UK.M
Kata kunci: persepsi permodalan, kinerja UKM.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/kompartemen.v18i2.8927

Copyright (c) 2020 Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-8928