Pengaruh Corporate Social Responsibility dengan Causing Branding dan Venture Philanthropy Terhadap Profitability

Febiana Sulasti, Sidik Bakhtiar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur pengaruh  terhadap profitabilitas. Metode pengumpulan data dengan menganalisi laporan keuangan terkait dengan Corporate Social Responbillitiy dengan Cause Branding dan Venture Phillanthrophy terhadap profitabilitas. Dalam perhitungan Corporate Social Responbillitiy dengan Cause Branding dan Venture Phillanthrophy menggunakan Fungsi sosial terhadap profitabilitas dengan menghitung dana zakat  dan Qard. Untuk CSR ber sub cause branding  menggunakan Fungsi Edukasi yaitu berupa Corporate Social Marketing (CSM). Data diambil dari laporan keuangan  tahunan 14 Bank Umum Syariah (BUS) selama 4 tahun (2015-2018). Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Rasio Pelaksanaan Fungsi Sosial  dan Rasio Edukasi sebagai variabel independen diuji pengaruhnya terhadap Return on Asset (ROA) sebagai variabel dependen setelah sebelumnya dilakukan analisis deskriptif pada masing-masing variabel tersebut.

References


Afkar, T. (2017). Influence analysis of mudharabah financing and qardh financing to the
profitability of Islamic Banking In Indonesia. Asian Journal of Innovation and
Entrepreneurship, 2(03), 340-351.

Artisa, D. A., Nugrahanti, Y., & Kristanto, A. B. (2015). Pengaruh Corporate Socia
Responsibility (CSR) Terhadap Biaya Operasional Dan Profitabilitas (Studi
Pada Perusahaan Tekstil dan Garment yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Tahun 2011-2012). In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Fakultas
Ekonomika Dan Bisnis Universitas Stikubank

Arifin, A. Z. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility dengan Cause Branding dan
Veentur Philanthrophy terhadap Profitabilitas Bank Syariah. Jurnal
Iqtisaduna, 3(1), 1-28.

Ebrahiminejad, M. (2016). Analyzing success factors in cause branding program. Journal of
Administrative Management, Education and Training, 12(6), 447-457.

Fadila, S. N. (2019). Pengaruh Likuiditas, Kualitas Aset, Sensitivitas Pasar, Efisiensi, Dan
Profitabilitas Terhadap Kecukupan Modal Inti Pada Bank Syariah Devisa Di
Indonesia (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).

Febriyanita, Yolanda. 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Tanggung Jawab Sosial terhadap
Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia Periode 2010-2014. Medan:
Universitas Sumatera Utara.

Handayani, D. S. P. A., & Harimurti, F. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social
Responbillity dan Nilai Perusahaan terhadap Profibillitas Perbankan Syariah yang
terdaftar di Otoritas jasa keuangan tahun
2012–2016. Jurnal Akuntansi dan
Sistem Teknologi Informasi, 14.

Kumar, N., & Kumar, P. (2019). The Impact of CG and CSR Index on Profitability. IUP Journal
of Corporate Governance, 18(2), 39-59.


Li, S. (2018). Crowding-Out Effects of Government Guided Venture Philanthropy. American
Journal of Industrial and Business Management, 8(3), 433-445.

Maulida, I. S. R. (2019). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Tenaga Kerja terhadap
Profibillitas di
PT.BANK SYARIAH MANDIRI. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan
Keuangan Syariah, 3(1),15-27.

Nofitasari, Y. (2017). Pengaruh Likuiditas, Rentabilits, dan Efesiensi Operasional Terhadap
Kecukupan Modal
PT BANK MEGA SYARIAH.

Pratama, S. W., Badina, T., & Rosiana, R. (2018). Corporate Social Responsibility (CSR)
Disclosures dan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah di Indonesia. Syiar
Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 2(2), 56-72.

Rahman, S. (2016). Causality between profitability and corporate social responsibility: Evidence
from selected banks in Bangladesh. Imperial Journal of Interdisciplinary
Research, 2(10), 1490-1495.

Widyani, T. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Intellectual
Capital Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas Perusahaan.

Yudharma, A. S., Nugrahanti, Y. W., & Kristano, A. B. (2016). Pengaruh Biaya Corporate
SocialResponsibility Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan
[Influence of Cost against Corporate Social Responsibility, Financial


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/kompartemen.v18i2.7696

Copyright (c) 2020 Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-8928