EFIKASI DIRI DENGAN KECENDERUNGAN KECANDUAN INTERNET PADA REMAJA DIMASA PANDEMI COVID-19

Ramadani Anisa Firdaus, Dinar Sari Eka Dewi

Abstract


Dimasa pandemi covid-19 hampir seluruh kegiatan dilakukan secara online yang memberi dampak dalam aspek pendidikan. Kegiatan tersebut membuat remaja banyak menghabiskan waktu terus menerus menggunakan  internet. Hal ini memberi dampak  negatif pada remaja yakni kecenderungann  kecanduan internet. Efikasi diri dapat berperan sebagai usaha atau upaya individu dalam menghadapi permasalahan yang sedang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kecanduan Internet pada Remaja di Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotionate stratified random sampling. Alat ukur yakni skala efikasi diri dan Internet Addiction Test. Subjek remaja berjumlah 154. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan ada Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kecenderungan Kecanduan Internet pada Remaja dengan menunjukkan hasil signifikan dan negatif. Berdasarkan dari hasil analisis uji korelasi product moment diperoleh korelasi r = - 0,638 dengan p = 0,000 (p < 0,01).

Keywords


Efikasi Diri ; Kecenderungan Kecanduan Internet

References


Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. UMM Pres.

APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. APJII. https://apjii.or.id/survei

APJII. (2017). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. APJII. https://apjii.or.id/survei2018s/download/TK5oJYBSyd8iqHA2eCh4FsGELm3ubj

APJII. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. APJII. https://apjii.or.id/survei2018s/download/TK5oJYBSyd8iqHA2eCh4FsGELm3ubj

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azizah, S. M., Andayani, T. R., & Scarvanovi, B. W. (2019). Kualitas Relasi Remaja dan Orang Tua dengan Kecanduan Internet pada Siswa Sekolah Menengah Atas Pengguna Smartphone. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 9(2), 112–121. https://doi.org/10.26740/jptt.v9n2.p112-121

Bandura, A. (1995). Self-Efficacy In Changing Societies. In 2017 12th International Conference on Ecological Vehicles and Renewable Energies, EVER 2017. Cambridge Univercity Press. https://doi.org/10.1109/EVER.2017.7935960

Bandura, A. (1997). Self-eEficacy: The Exercise Of Control. In Stanford University (pp. 1–604). Stanford University. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=a9h&AN=9703260522&site=ehost-live

Berte, D. Z., Mahamid, F. A., & Affouneh, S. (2019). Internet Addiction and Perceived Self-Efficacy Among University Students. International Journal of Mental Health and Addiction, 1–15. https://doi.org/10.1007/s11469-019-00160-8

Craparo, G., Messina, R., Severino, S., Fasciano, S., Cannella, V., Gori, A., Cacioppo, M., & Baiocco, R. (2014). The Relationships Between Self-Efficacy, Internet Addiction and Shame. Indian Journal of Psychological Medicine, 36(3), 304–307. https://doi.org/10.4103/0253-7176.135386

Darmawan, F. H. (2019). Kecanduan Internet Pada Mahasiswa Program Studi Kebidanan (D-3) Sebagai Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi, Mungkinkah? PIN-LITAMAS I, 2(1), 146–157.

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2010). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningrati (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Griffiths, M. (2003). Internet Gambling: Issues, Concerns, and Recommendations. CyberPsychology & Behavior, 6(6), 557–568.

Gustilawati, B., Utami, D., & Farich, A. (2020). Tingkat Kecanduan Smartphone dan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 109–115. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.230

Hakim, T. D., Vita, A., & Monika, W. (2021). PKM Penyuluh Internet Sehat di Smk Telkom Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 1(1), 51–59.

Irman, I., Saari, C. Z., Silvianetri, S., Rajab, K., & Zalnur, M. (2019). The Effect of Zikir Relaxation in Counseling to Reduce Internet Addiction. Al-Ta Lim Journal, 26(1), 1–11. https://doi.org/10.15548/jt.v26i1.547

Jannah, M. (2016). Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Jurnal Psikoislamedia, 1(1), 243–256. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493

Kim, Y., & Glassman, M. (2013). Beyond search and communication: Development and validation of the Internet Self-efficacy Scale (ISS). Computers in Human Behavior, 29(4), 1421–1429. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.01.018

Koç, M. (2011). Internet Addiction And Psychopatology. Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(1), 143–148.

Latief, N. S. A., & Retnowati, E. (2018). Kesepian Dan Harga Diri Sebagai Prediksi Dari Kecanduan Internet Pada Reamaja. Jurnal Ecopsy, 5(3), 130–137. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.65

Lombogia, B. J., Kairupan, B. H. R., & Dundu, A. E. (2018). Hubungan Kecanduan Internet dengan Dualitas Tidur Pada Siswa SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal Medik Dan Rehabilitasi (JMR), 1(2), 1–8.

Mareta, H. R., Hardjono, H., & Agustina, L. S. S. (2020). Dampak Pola Komunikasi Keluarga Laissez-Faire Terhadap Kecanduan Internet Pada Remaja Di kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 44–53.

Novianty, D. D., Sriati, A., & Yamin, A. (2019). Gambaran Penggunaan Dan Tingkat Kecanduan Internet Pada Siswa-Siswi Sma X Di Jatinangor. Jurnal Keperawatan Komprehensif, 5(2), 76–87. https://doi.org/10.33755/jkk.v5i2.138

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX Di MtS Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25–32. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Sari, S. P., Aryansah, J. E., & Sari, K. (2020). Resiliensi Mahasiswa Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Of Guidance and Counseling, 9(1), 17–22. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Triyono, & Muh. Ekhsan Rifai. (2018). Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik (Khunti Pratiwi (ed.)). CV Sindunata.

Wita, M. M. N. A., Khasanah, A. N., & Rahayu, M. S. (2018). Tipe Parental Mediation dan Adiksi Internet Siswa Kelas V SD X Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 221–230. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3310

Wulandari, S. (2019). Perilaku Remaja (Yulianawati (ed.)). Mutiara Aksara.

Yang, S.-Y., & Kim, H.-S. (2018). Effects Of A Prevention Program For Internet Addiction Among Middle School Students In South Korea. Public Health Nursing, 1–10. https://doi.org/10.1111/phn.12394

Young, K. S., & Abreu, C. N. de. (2017). Kecanduan Internet (K. S. Young & C. N. de Abreu (eds.)). Pustaka Belajar.

Young, K. S., & Rogers, R. C. (1998). The Relationship Between Depression And Internet Addiction. CyberPsychology & Behavior, 1(1), 25–28.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/psimphoni.v1i2.11353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2775-1805