HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMSI ONLINE MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.30595/psimphoni.v1i2.13111Keywords:
kontrol diri, perilaku konsumtifAbstract
Pandemi covid-19 muncul pada awal bulan Maret 2020 di Indonesia, sehingga masyarakat diharuskan untuk beraktivitas dirumah. Kondisi ini masyarakat menjadi peningkatan konsumsi online yang sering tidak terkontrol karena proses pembayaran yang mudah dengan menggunakan debit maupun kredit online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada masa covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kontrol diri dan skala perilaku konsumtif. Sampel penelitian ini berjumlah 252 mahasiswa Fakultas Farmasi yang diperoleh dari rumus slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi pearson. Hasil uji normalitas pada kontrol diri menunjukan nilai p= 0,096 dan perilaku konsumtif nilai p= 0,200 ,menunjukan data berkontribusi normal. Hasil uji linearitas menunjukan deviation from linearity memiliki nilai p= 0,074 > 0,05 ,sehingga data dikatakan liniear. Hasil uji korelasi memiliki nilai r= -0,645 dengan p= 0.00, menunjukan bahwa korelasi antara kontrol diri dan perilaku konsumtif ini sangat berhubungan kuat sehingga hubungan ini negatif yang artinya semakin rendah kontrol diri maka akan semakin tinggi perilaku konsumtif dan semakin tinggi kontrol diri akan semakin rendah perilaku konsumtif. Nilai r menunjukan 64% kontrol diri sangat berpengaruh pada perilaku konsumtif.. Dari hasil uji korelasi menunjukan bahwa hipotesis diterima.References
Damajanti Kusuma Dewi, N. S. (2019). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Fashion Pada Mahasiswa. Character, 06, 1–8.
Elvinawanty, R., Liza, W., Wong, J., Putri, Y., Citra, Chairani, Y., & Oktaviani, A. (2020). Intensi Pembelian Online Ditinjau dari Tipe Kepribadian Big Five pada Mahasiswa. TAZKIYA (Jurnal of Psychology), 8(1). https://doi.org/:10.15408/tazkiya.v8i1.14682
Ghufron, M., & Risnawati, N. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Harun, G. (2015). Mahasiswa Dan Dinamika Dunia Kampus. Bandung : CV.Rasi Terbit.
Khairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2019). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i2.861
Kusumaningrum, A., Wicaksono, B., & Saniatuzzulfa, R. (2018). Hubungan Electronic Word of Mouth dan Hedonic Shopping Motivation dengan Perilaku Konsumtif Produk Make Up pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi, 14(1), 50. https://doi.org/10.24014/jp.v14i1.4698
Munazzah, Z. (2016). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa S1 Perbankan Syariah Uin Maulan Malik Ibrahim Malang (Vol. 9, Issue 2). UIN MAULAN MALIK IBRAHIM MALANG.
Nurhaini, D. (2018). Pengaruh konsep Diri dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Komsumtif Terhadap Gedget Remaja SMAN 1 Tanah Grogot. Psikoborneo, 6(1), 211–223.
Nurwinda Pandu, D. M. (2015). Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dalam Belanja Online Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., Vol 3, No 3 (2015): Character : Jurnal Psikologi Pendidikan, 1–5.
Purnomo. (2011). Pandangan masyarakat terhadap mahasiswa. Jakarta : Erlangga.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung : Alfabeta.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta untuk Penulis:
Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan memungkinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
Pemberitahuan Hak Cipta untuk Jurnal:
Hak cipta dari artikel yang diterima akan diberikan kepada jurnal sebagai penerbit jurnal. Hak cipta yang dimaksud meliputi hak untuk menerbitkan artikel dalam berbagai bentuk (termasuk cetak ulang). Jurnal mempertahankan hak penerbitan atas artikel yang diterbitkan.
Penulis diperbolehkan untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan dengan membagikan link/DOI artikel di jurnal. Penulis diperbolehkan untuk menggunakan artikel mereka untuk tujuan hukum yang dianggap perlu tanpa izin tertulis dari jurnal dengan pengakuan publikasi awal jurnal ini.