HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMSI ONLINE MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Alfi Ikhtiarti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Gisella Arnis Grafiyana Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psimphoni.v1i2.13111

Keywords:

kontrol diri, perilaku konsumtif

Abstract

Pandemi covid-19 muncul pada awal bulan Maret 2020 di Indonesia, sehingga masyarakat diharuskan untuk beraktivitas dirumah. Kondisi ini masyarakat menjadi peningkatan konsumsi online yang sering tidak terkontrol karena proses pembayaran yang mudah dengan menggunakan debit maupun kredit online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada masa covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kontrol diri dan skala perilaku konsumtif. Sampel penelitian ini berjumlah 252 mahasiswa Fakultas Farmasi yang diperoleh dari rumus slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi pearson. Hasil uji normalitas pada kontrol diri menunjukan nilai p= 0,096 dan perilaku konsumtif nilai p= 0,200 ,menunjukan data berkontribusi normal. Hasil uji linearitas menunjukan deviation from linearity memiliki nilai p= 0,074 > 0,05 ,sehingga data dikatakan liniear. Hasil uji korelasi memiliki nilai r= -0,645 dengan p= 0.00, menunjukan bahwa korelasi antara kontrol diri dan perilaku konsumtif ini sangat berhubungan kuat sehingga hubungan ini negatif yang artinya semakin rendah kontrol diri maka akan semakin tinggi perilaku konsumtif dan semakin tinggi kontrol diri akan semakin rendah perilaku konsumtif. Nilai r menunjukan 64% kontrol diri sangat berpengaruh pada perilaku konsumtif.. Dari hasil uji korelasi menunjukan bahwa hipotesis diterima.

References

Damajanti Kusuma Dewi, N. S. (2019). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Fashion Pada Mahasiswa. Character, 06, 1–8.

Elvinawanty, R., Liza, W., Wong, J., Putri, Y., Citra, Chairani, Y., & Oktaviani, A. (2020). Intensi Pembelian Online Ditinjau dari Tipe Kepribadian Big Five pada Mahasiswa. TAZKIYA (Jurnal of Psychology), 8(1). https://doi.org/:10.15408/tazkiya.v8i1.14682

Ghufron, M., & Risnawati, N. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Harun, G. (2015). Mahasiswa Dan Dinamika Dunia Kampus. Bandung : CV.Rasi Terbit.

Khairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2019). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i2.861

Kusumaningrum, A., Wicaksono, B., & Saniatuzzulfa, R. (2018). Hubungan Electronic Word of Mouth dan Hedonic Shopping Motivation dengan Perilaku Konsumtif Produk Make Up pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi, 14(1), 50. https://doi.org/10.24014/jp.v14i1.4698

Munazzah, Z. (2016). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa S1 Perbankan Syariah Uin Maulan Malik Ibrahim Malang (Vol. 9, Issue 2). UIN MAULAN MALIK IBRAHIM MALANG.

Nurhaini, D. (2018). Pengaruh konsep Diri dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Komsumtif Terhadap Gedget Remaja SMAN 1 Tanah Grogot. Psikoborneo, 6(1), 211–223.

Nurwinda Pandu, D. M. (2015). Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dalam Belanja Online Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., Vol 3, No 3 (2015): Character : Jurnal Psikologi Pendidikan, 1–5.

Purnomo. (2011). Pandangan masyarakat terhadap mahasiswa. Jakarta : Erlangga.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles