Kualitas Hidup Mahasiswa Penghafal Al-Qur'an

Arifatul Choiri Fajriyah, Itsna Nurrahma Mildaeni, Imam Faisal Hamzah, Dyah Astorini Wulandari

Abstract


Students who memorize the Qur'an and reside in an Islamic boarding school carry significant responsibilities and face considerable burdens due to numerous tasks and duties within the campus and its environment. These challenges can impact their overall well-being. This study aims to depict the quality of life experienced by students who memorize the Qur'an at Darussalam Islamic Boarding School in Dukuhwaluh Purwokerto. Using in-depth interviews based on WHOQoL-BREF criteria, the research explores dimensions such as physical health, psychological well-being, social interactions, and living conditions. Four student participants were involved in this study. Data analysis employed descriptive phenomenological techniques. The findings indicate that memorizing the Qur'an holds profound personal significance for each participant, notably contributing to an enhanced quality of life. This is attributed to their positive self-acceptance across physical, psychological, social, and environmental aspects.


Keywords


Quality of Life; Student; Quran Memorizer

References


Adiwijayanti, D. D. (2019). Pengaruh hafalan al-qur'an terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 109-116.

Agustina, A. &. (2017). Pengaruh pola asuh terhadap kualitas hidup. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, Vol. 1, No. 1, April 2017: hlm 210-215.

Anggraini, D. &. (2018). Kualitas hidup pasien pasca-percutaneous coronary intervention (PCI). Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 4(2), 98-105.

Anisya, D. M. (2022). Quality of work life dan self-esteem pada kinerja karyawan. Implementasi Manajemen & Kewirausahaan, 2(2), 161-175.

Arifah, C. (2023). Urgensi karakter luhur bagi pendidikan dan profesi bidang akuntansi. Jurnal Studi Islam MULTIDISIPLIN, 1(2), 185-203.

Ariyanto, A. C. (2020). Aktivitas fisik terhadap kualitas hidup pada lansia. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 13(2), 145-151.

Cahya, E. H. (2019). Hubungan dukungan sosial dengan kualitas hidup lansia di Posyandu Lansia Wiguna Karya Kebonsari Surabaya. NERSMID: Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan. NERSMID: Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 2(1), 33-47.

Diana, A. (2020). Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Dalam Perspektif Psikologi Kognitif. Jakarta: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Darsini, D. &. (2023). Kualitas hidup pasien hemodialisis selama pandemi covid-19; studi klinis di Ruang Hemodialisa, Rumah Sakit Gatoel Kota Mojokerto. Jurnal Keperawatan, 16(1), 26-46.

Darmayanti, K. K. (2022). Studi deskriptif self-esteem pada mahasiswa. In Proceeding Conference on Genuine Psychology , (Vol. 2, pp. 250-257).

Endarwati, M. L. (2016). The quality of student life (kualitas hidup mahasiswa) fakultas ekonomi universitas negeri yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional: Penguatan Hubungan antara Pengembangan Keterampilan, Pendidikan, dan Ketenagakerjaan Generasi Muda. Universitas Negeri Yogyakarta., http://eprints. uny. ac. id/41229.

Faqihuddin, A. H. (2016). Faktor-faktor yang memengaruhi ketertarikan mahasiswa dalam menghafal Al-Qur‟ an. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Indigenous Indonesia “Kebhinekaan dan Masa Depan Indonesia: Peran Ilmu Sosial dalam Masyarakat” Universitas Negeri Malang , 18-39.

Firman, F. M. (2023). Pengaruh dukungan sosial terhadap kualitas hidup orang dengan hiv/aid selama masa pandemi Covid-19. Professional Health Journal, 4(2sp), 260-269.

Gazali, M. I. (2010). Keutamaan membaca dan menghafal Al-Quran. Islam House, 18.

Herdriani, P. &. (2021). Pengaruh layanan rehabilitasi narkotika terhadap kualitas hidup warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1237-1244.

Jacob. (2018). Faktor faktor yang mempengaruhi kualitas hidup masyarakat karubaga district sub district tolikara propinsi papua. Jurnal Nsional Ilmu Kesehatan, 1(1).

Mukhabibah, R. H. (2017). Kesejahteraan spiritual pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Jurnal Studia Insania, Vol. 5, No. 2, 199-213.

Masduki, Y. (2018). Implikasi psikologis bagi penghafal Al-Qur’an. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 14(1), 18-35.

Murti, F. L. (2022). Meningkatkan soft skill pada mahasiswa di perguruan tinggi. Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH), Vol. 1, No. 1, pp. 53-57.

Mayandari, S. A. (2020). Hubungan aktivitas fisik dengan kualitas hidup pada waniita menopause. (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kendari)., 5-13.

Munaing, M. &. (2020). Pengaruh dukungan sosial terhadap kualitas hidup ODHA di Kota Makassar KDS Saribattangku. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 11(1), 80-89.

Mawarni, R. S. (2023). Analisis konsentrasi belajar siswa kelas v dalam proses pembelajaran matematika pada materi pengumpulan dan penyajian data Di Sdn 2 Tanggulwelahan. . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 3(3), 110-113.

Nasution, N. A. (2020). Lembaga pendidikan islam pesantren. al-muaddib. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(1), 36-52.

Oktaviani, M. A. (2019). Hubungan penerimaan diri dengan harga diri pada remaja pengguna Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4).549-556.

Oktowaty, S. S. (2018). Hubungan fungsi keluarga dengan kualitas hidup pasien penyakit kronis degeneratif di fasilitas kesehatan tingkat pertama. urnal Sistem Kesehatan, 4(1).

Parasian, A. T. (2021). Komunikasi orang tua anak pada penyandang autisme (studi pada orang tua anak penyandang autisme Di Yayasan Biruku Indonesia). eProceedings of Management, 8(5).

Prasetia, N. E. (2021). Hubungan interaksi sosial dengan kualitas hidup lansia di posyandu lansia delima i di Desa Pitu Kecamatan Pitu. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP), E-ISSN : 2715-616,.

Pritantia, N. R. (2021). Pola hubungan sosial masyarakat multikultural dalam gaya hidup beragama (studi kasus kampung kancana kabupaten kuningan). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 165-172.

Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi dampak work from home ( wfh ) terhadap kinerja guru selama pandemi covid-19. EduPsyCouns, Vol 2, No 1.

Rahayuningsih, F. B. (2021). Peningkatan kualitas hidup ibu nifas. Jakarta: Nas Media Pusaka.

Reza, E. (2020, April). Pondok pesantren darussalam pendaftara santri baru. Retrieved from darussalampurwokerto.com: https://darussalampurwokerto.com/info-pendaftaran-2021/

Rudiyanto, W. S. (2023). Peningkatan kualitas hidup remaja yang kecanduan game onlinemelalui resiliensi diri dan manajemen waktu luang di Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. JPM (Jurnal Pengabdian Masyakat) Ruwa Jurai, 8(2), 1-4.

Sembiring, E. E. (2023). Hubungan penerimaan diri dengan kualitas hidup pasien kanker payudara Di Rsup. Prof Dr. Rd Kandou. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 7(3).

Subakti, H. &. (2021). Analisis pembelajaran daring bahasa indonesia melalui pemberian tugas pada siswa kelas tinggi SDN 024 Samarinda Utara. . Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.

Suwijik, S. A. (2022). Pengaruh kesehatan mental dalam upaya memperbaiki dan mengoptimalkan kualitas hidup perempuan. Journal of Feminism and Gender Studies, 2(2), 109-123.

Vinahapsari, C. A. (2020). Pelatihan manajemen waktu pada stres akademik karyawan penuh waktu . Jurnal Bisnis Darmajaya, 6(1), 20-28.

WHOQOL, T. (1998). Development of the world health organization whoqol-bref quality of life assessment. Cambridge University Press:, Volume 28 Issue 3, pp.551-558.

Yuhana, A. N. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.

Yusron, M. (2018, Februari). Implikasi psikologis bagi penghafal al-qur’an. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 14(1), 18-35. Retrieved from gramedia.com/best-seller/apa-itu-mahasiswa

Zagoto, S. F. (2019). Efikasi diri dalam proses pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 386-391.

Zwingly, C. J. (2021). Hubungan Kualitas Hidup Kesehatan dengan Aktivitas Fisik dan Status Gizi. Jurnal Biomedik, 13(3):358-367.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/psimphoni.v5i1.21012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2775-1805