ERROR ANALYSIS ON STUDENTS’ WRITING

Tuti Purwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan linguistik dan tahap-tahap kesalahan apa yang dibuat oleh para mahasiswa semester 1 Program Studi Sastra Inggris, Jurusan Ilmu Budaya, FISIP, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dalam hal keahlian menulis bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan teori dari Politzer dan Ramirez, Burt dan Kiparsky tentang Linguistic Category Taxonomy untuk menganalisa jenis-jenis kesalahan linguistik serta menggunakan teori Comparative Taxonomy untuk membahas tahap-tahap kesalahan yang dibuat oleh para mahasiswa dalam tulisan mereka. Ada 10 tulisan mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian dengan metode pengambilan sampel purposif dan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjabarkan hasil penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kesalahan mahasiswa dalam tulisan mereka ada 142 jenis kesalahan yang 132 diantaranya masuk dalam kategori yang dinyatakan dalam Linguistix Category Taxonomy oleh Politzer dan Ramirez; Burt dan Kiparsky, sedangkan 10 yang lain termasuk jenis kesalahan yang tidak ada dalam kategori diatas. Berdasarkan teori Comparative Taxonomy, developmental error adalah tahap kesalahan terbesar yang dibuat oleh para mahasiswa.

Keywords


Error Analysis, Linguistic Category Taxonomy, Comparative Taxonomy

Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/lks.v5i1.2150

Copyright (c) 2018

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2620-4037