CONTENT MARKETING INSTAGRAM UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS PRODUK SUSU
DOI:
https://doi.org/10.30595/agritech.v25i1.13190Keywords:
brand awareness, content marketing, produk susu, InstagramAbstract
Brand awareness penting bagi pelaku usaha karena semakin terkenal suatu produk maka kemungkinan terjadinya transaksi semakin besar pula. KWT Cempaka Wilis merupakan kelompok wanita tani di Desa Botoputih, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek. KWT ini memiliki rumah produksi yang membuat dan menjual berbagai macam olahan susu. KWT Cempaka Wilis memasarkan produk secara offline dengan mengirimkan stok produk di Rumah Susu Trenggalek. Namun sejak pandemik Rumah Susu menjadi sepi pengunjung sehingga permintaan produk berkurang. Sebagai alternatif, pemasaran produk susu dapat dilakukan melalui internet untuk mengenalkan produk (branding). Branding dilakukan dengan mengenalkan produk menggunakan content marketing Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perencanaan content marketing, mengimplementasikan serta menganalisis hubungan content marketing dengan brand awareness. Metode penelitian yang digunakan yaitu action research. Tahap perancangan menggunakan metode studi pustaka, observasi dan FGD. Tahap implementasi dilakukan dengan persiapan, distribusi dan evaluasi. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa content marketing dan brand awareness memiliki hubungan yang kuat.References
Abiyyuansyah, F., A. Kusumawati, & A. Irawan. 2019. Analisis Implementasi Strategi Content marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi pada Strategi Content marketing Amstirdam Coffee Malang). MENARA Ilmu, 15(2), 100-116.
Angel, W. A. K., & R. Yazdanifard. 2015. The Review of Content marketing as a New Trend in Marketing Practice. International Journal of Management, Accounting, and Economics, 2(9), 1055-1064.
Aprilia, L., D. A. Cahyaningrum, & N. Pandrianto. 2019. Strategi Content marketing Untuk Membangun Brand awareness (Studi Kasus Video Aftermovie Djakarta Warehouse Project). Prologia, 3(1), 177-181.
Hootsuite. 2020. Digital In 2020. Tersedia: https://wearesocial.com/ digital-2020 [21 Januari 2021].
Irfan, M., Warnaen, A., & Rustandi, Y. (2019). Animal Socialite Network Berbasis Instagram sebagai Media Penyuluhan Pertanian. Makassar: Tohar Media.
Kotller, P., H. Kartajaya, & I. Setiawan. 2017. Marketing 4.0. Canada: John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.
Lokito, S., D. D. Hartono, & M. S. Ade. Perencanaan Strategi Pemasaran Content marketing Buleleng Bali Coffee. Jurnal DKV Adiwarna, 12(1).
Munawaroh, F. Y., Riyanto, & A. Warnaen. 2019. Pengaruh Desain Pesan Video Intruksional Terhadap Persepsi Petani Tentang Trichompos. Komunikasi, 13(01), 27-40.
Pertiwi, D., & Gusfa, H. (2018). Pengaruh Content marketing terhadap Pembentukan Brand awareness pada Kalbis Institute, (2), 45–57.
Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand awareness) dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5230.
Rachmanda, G. B. P. 2019. Strategi Viral Marketing oleh UMKM Jokopi melalui Instagram dalam Membangun Brand awareness. Thesis, Universitas Airlangga. Diakses dari http://repository.unair.ac.id/87188/.
Rubawito. 2020. Programa Penyuluhan Pertanian Desa Botoputih. Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Bendungan.
Sa’diya, L. (2017). Strategi Promosi di Media Sosial Instagram terhadap Kesadaran Merek di Era Generasi Z. Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 11(2), 186–195.
Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok . co dalam Mempertahankan Brand Engagement Digital Content marketing on the Social Media Instagram Account of Mojok . co. Maintaining Brand Engagement Program Studi Komunikasi, F. Biokultur, 9(2), 114–128.
Setiawan, H. R. 2020. Hubungan Brand awareness dengan Keputusan Pembelian Produk KFC di Kota Tasikmalaya. JAK PUBLIK (Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik), 1(3), 102-107.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiorini, T. 2020. Pengaruh Content Marketing Terhadap Brand Awareness Sociolla (Survei Pada Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta). Thesis (D3), Universitas Negeri Jakarta. Diakses dari http://repository.fe.unj.ac.id/9233/.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.
Warnaen, A., H. Cangara, & S. Bulkis. 2013. Faktor-Faktor yang Menghambat Inovasi pada Komunitas Petani dan Nelayan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupateen Takalar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 241-249.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.