CONTENT MARKETING INSTAGRAM UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS PRODUK SUSU

Andi Warnaen, Juli Mauliddiniawati Solichah, Hananik Prasetyo

Abstract


Brand awareness penting bagi pelaku usaha karena semakin terkenal suatu produk maka kemungkinan terjadinya transaksi semakin besar pula. KWT Cempaka Wilis merupakan kelompok wanita tani di Desa Botoputih, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek. KWT ini memiliki rumah produksi yang membuat dan menjual berbagai macam olahan susu. KWT Cempaka Wilis memasarkan produk secara offline dengan mengirimkan stok produk di Rumah Susu Trenggalek. Namun sejak pandemik Rumah Susu menjadi sepi pengunjung sehingga permintaan produk berkurang. Sebagai alternatif, pemasaran produk susu dapat dilakukan melalui internet untuk mengenalkan produk (branding). Branding dilakukan dengan mengenalkan produk menggunakan content marketing Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perencanaan content marketing, mengimplementasikan serta menganalisis hubungan content marketing dengan brand awareness. Metode penelitian yang digunakan yaitu action research. Tahap perancangan menggunakan metode studi pustaka, observasi dan FGD. Tahap implementasi dilakukan dengan persiapan, distribusi dan evaluasi. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa content marketing dan brand awareness memiliki hubungan yang kuat.

Keywords


brand awareness; content marketing; produk susu; Instagram

References


Abiyyuansyah, F., A. Kusumawati, & A. Irawan. 2019. Analisis Implementasi Strategi Content marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi pada Strategi Content marketing Amstirdam Coffee Malang). MENARA Ilmu, 15(2), 100-116.

Angel, W. A. K., & R. Yazdanifard. 2015. The Review of Content marketing as a New Trend in Marketing Practice. International Journal of Management, Accounting, and Economics, 2(9), 1055-1064.

Aprilia, L., D. A. Cahyaningrum, & N. Pandrianto. 2019. Strategi Content marketing Untuk Membangun Brand awareness (Studi Kasus Video Aftermovie Djakarta Warehouse Project). Prologia, 3(1), 177-181.

Hootsuite. 2020. Digital In 2020. Tersedia: https://wearesocial.com/ digital-2020 [21 Januari 2021].

Irfan, M., Warnaen, A., & Rustandi, Y. (2019). Animal Socialite Network Berbasis Instagram sebagai Media Penyuluhan Pertanian. Makassar: Tohar Media.

Kotller, P., H. Kartajaya, & I. Setiawan. 2017. Marketing 4.0. Canada: John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.

Lokito, S., D. D. Hartono, & M. S. Ade. Perencanaan Strategi Pemasaran Content marketing Buleleng Bali Coffee. Jurnal DKV Adiwarna, 12(1).

Munawaroh, F. Y., Riyanto, & A. Warnaen. 2019. Pengaruh Desain Pesan Video Intruksional Terhadap Persepsi Petani Tentang Trichompos. Komunikasi, 13(01), 27-40.

Pertiwi, D., & Gusfa, H. (2018). Pengaruh Content marketing terhadap Pembentukan Brand awareness pada Kalbis Institute, (2), 45–57.

Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand awareness) dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5230.

Rachmanda, G. B. P. 2019. Strategi Viral Marketing oleh UMKM Jokopi melalui Instagram dalam Membangun Brand awareness. Thesis, Universitas Airlangga. Diakses dari http://repository.unair.ac.id/87188/.

Rubawito. 2020. Programa Penyuluhan Pertanian Desa Botoputih. Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Bendungan.

Sa’diya, L. (2017). Strategi Promosi di Media Sosial Instagram terhadap Kesadaran Merek di Era Generasi Z. Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 11(2), 186–195.

Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok . co dalam Mempertahankan Brand Engagement Digital Content marketing on the Social Media Instagram Account of Mojok . co. Maintaining Brand Engagement Program Studi Komunikasi, F. Biokultur, 9(2), 114–128.

Setiawan, H. R. 2020. Hubungan Brand awareness dengan Keputusan Pembelian Produk KFC di Kota Tasikmalaya. JAK PUBLIK (Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik), 1(3), 102-107.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiorini, T. 2020. Pengaruh Content Marketing Terhadap Brand Awareness Sociolla (Survei Pada Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta). Thesis (D3), Universitas Negeri Jakarta. Diakses dari http://repository.fe.unj.ac.id/9233/.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.

Warnaen, A., H. Cangara, & S. Bulkis. 2013. Faktor-Faktor yang Menghambat Inovasi pada Komunitas Petani dan Nelayan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupateen Takalar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 241-249.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/agritech.v25i1.13190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2580-5002