PERAN KELOMPOK TANI DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADI DI DESA KEDUNGJAYA KECAMATAN BABELAN KABUPATEN BEKASI

Herni Lindiawati

Abstract


Desa Kedungjaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi yang mempunyai produktivitas padi paling tinggi di Kabupaten Bekasi yaitu sebesar 6,5 ton per hektar pada tahun 2019. Namun produktivitas padi di Kabupaten Bekasi tahun 2015-2019 mengalami fluktuasi. Upaya peningkatan produktivitas pertanian dapat dilakukan dengan pengembangan kelembagaan pertanian dan peningkatan kemampuan kelompok-kelompok petani kecil. Kelompok Tani di Desa Kedungjaya memegang peranan penting dalam pengembangan agribisnis padi. Namun terlihat dari produktivitas padi di Desa Kedungjaya masih rendah. Hal ini diperkirakan karena kegiatan yang dilakukan kelembagaan tersebut belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). menganalisis peran kelompok tani terhadap peningkatan produktivitas padi di Desa Kedungjaya Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. 2). menganalisis tingkat produktivitas padi di Desa Kedungjaya Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. 3). menganalisis hubungan antara peran kelompok tani dengan peningkatan produktivitas padi di Desa Kedungjaya Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi.

Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan metode pengambilan sampel dilakukan secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan bahwa Desa Kedung Jaya memiliki produktivitas padi terbesar di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada Bulan Desember 2021. Analisis Data menggunakan Chi-Square (X2) pada taraf signifikansi 0,05 dan ditambah dengan informasi kualitatif yang disajikan secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kelompok tani di Desa Kedungjaya Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi termasuk kedalam kategori tinggi. Tingkat produktivitas padi pada kelompok tani di Desa Kedungjaya Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi termasuk kedalam kategori tinggi yaitu  8,2 Ton/Ha. Hasil uji Chi-Square diperoleh X2 hitung sebesar 8,674 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara peran kelompok tani dengan peningkatan produktivitas padi di Desa Kedungjaya Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi.


References


Abbas. 2009. Pengaruh Dinamika Kelompok Tani Terhadap Kecepatan Adopsi Teknologi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Adinurani, P. G. 2022. Statistika Non Parametrik (Aplikasi Bidang Pertanian, Manual, dan SPSS. Penerbit Deepublish, Sleman.

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

BPS Kota Bekasi. 2020. (Online). Luas panen, Produktivitas dan Produksi Padi Menurut Kabupaten/Kota (ha), 2018-2019. https://bekasikab.bps.go.id/. Diakses 19 Agustus 2021.

BPS Kota Bekasi. 2020. (Online). Luas Panen, Produksi dan Produktivitas Padi Sawah dan Padi Ladang Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat, 2015-2017. https://bekasikab.bps.go.id/. Diakses 20 Oktober 2021.

BP3K Kecamatan Babelan, Programa Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan BP3K Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, 2020. Luas Panen, Produksi dan Produktivitas Padi di Kecamatan Babelan Tahun 2019.

Deptan. 2016. Peraturan Menteri Pertanian.No.67/Permentan/SM.050/12/2016 Tentang Pembinaan Kelembagaan Petani. Departemen Pertanian, Jakarta.

Djaali, 2008. Skala Likert. Pustaka Utama, Jakarta.

Eddy, H. 2007. Manajemen Operasi. Grasindo, Jakarta.

Mantali, M . A., Asda, R., & Yanti, S. 2021. Peran Kelompok Tani dalam Meningkatkan Produktivitas Usahatani Padi Sawah (Studi Kasus Kelompok Tani di Desa Bongopini Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango). Jurnal Agrinesia. 5(2): 81-90.

Soekanto, S. 2002. Teori Peranan. Bumi Aksara, Jakarta.

Souhaly, N., Mailvis,E. T., & Inta, P. N. D. 2022. Peranan Kelompok Tani Dalam Peningkatan Produktivitas Padi Sawah di Desa Waimital Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Agribisnis Kepulauan. 10(2): 113-125.

Sutra, M. 2014. Hubungan Peran Kelompok Tani dengan Produktivitas Usahatani Benih Padi di Desa Mandalawangi, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Subang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ulber, S. 2009. Metode Penelitian Sosial. PT. Refika Aditama, Bandung.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/agritech.v25i1.15349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2580-5002