PERILAKU KONSUMEN MINYAK GORENG SAWIT SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANDUNG JAWA BARAT

Authors

  • Ernah Ernah Universitas Padjadjaran
  • Mathilda Gracia Tanaem Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.30595/agritech.v23i1.9530

Keywords:

Perilaku Konsumen, Minyak Goreng Sawit, Pandemi COVID-19, Bandung, Theory of Reasoned Action.

Abstract

Minyak goreng merupakan salah satu produk hilir kelapa sawit yang menjadi andalan dalam era hilirisasi industri. Penurunan angka permintaan minyak goreng sawit selama masa pandemi COVID-19, membawa perhatian bagi para pemegang kepentingan di sektor industri kelapa sawit nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sikap dan perilaku konsumen minyak goreng sawit di Kota Bandung, salah satu wilayah pasar potensial minyak goreng sawit yang terkena dampak pandemi. Sampel terdiri dari 100 responden rumahtangga, yang diambil dari empat wilayah di Kota Bandung dengan menggunakan metode quota sampling. Data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar konsumen di Kota Bandung menggunakan minyak goreng sawit setiap hari, membeli 2-6 L minyak goreng sawit per bulan, dengan rentang harga Rp. 12.000-13.000,- per liter, dan tidak menggunakan produk minyak goreng nabati berbahan dasar lainnya. Variabel sikap individu, norma subyektif dan kontrol perilaku menunjukan korelasi yang nyata dan signifikan terhadap intensi pembelian minyak goreng sawit selama masa pandemi. Konsumen tidak memiliki persepsi, pengalaman, atau pengaruh norma subjektif yang negatif terkait konsumsi minyak goreng sawit selama masa pandemi. Konsumen juga tidak merasa terkendala oleh penerapan kebijakan pembatasan aktivitas sosial dan melemahnya daya beli selama pandemi. Selama masa pandemi, mayoritas konsumen di Kota Bandung tetap akan membeli dan menggunakan minyak goreng sawit dengan volume, frekuensi, pilihan jenis produk dan harga yang tetap, dengan mengedepankan faktor keamanan dan kepraktisan.

References

[BPS] Badan Pusat Statistik Indonesia. 2018. Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia. Jakarta : Badan Pusat Statistik Indonesia.

[BPS] Badan Pusat Statistik Indonesia. 2018. Statistik Kelapa Sawit Indonesia 2018. Jakarta : Badan Pusat Statistik Indonesia.

[BPS] Badan Pusat Statistik Indonesia. 2019. Analisis Komoditas Ekspor Sektor Pertanian, Industri dan Pertambangan periode 2018. Jakarta : Badan Pusat Statistik Indonesia.

[BPS] Badan Pusat Statistik Indonesia. 2019. Rata‑Rata Pengeluaran per Kapita Sebulan Menurut Kelompok Barang 2013-2019. Jakarta : Badan Pusat Statistik Indonesia.

[BPS] Badan Pusat Statistik Kota Bandung. 2019. Indeks Harga Konsumen Kota Bandung Periode 2019. Bandung : Badan Pusat Statistik Kota Bandung.

Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung. 2019. Tingkat Pengeluaran dan Konsumsi Bahan Pokok Masyarakat di Kota Bandung Periode 2014-2018. Bandung : Divisi Publikasi Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung

Irianto. 2007. Perilaku Konsumen Minyak Goreng Kelapa Sawit di Kota Surabaya. Jurnal Universitas Surakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kusumaningtyas, Yonada. 2016. Perilaku Makan Sayur Ditinjau dari Theory of Reasoned Action. Skripsi. Universitas Katolik Soegijapranata

Pahan, Iyung. 2008. Panduan Lengkap Kelapa Sawit. Jakarta : Penebar Swadaya.

Santoso, Singgih. 2014. Statistika Non Parametrik : Konsep dan Aplikasi dengan SPSS Edisi Revisi. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Sarumaha, Dela Agustina. 2015. Analisis Conjoint Terhadap Preferensi Konsumen Produk Minyak Goreng Kelapa Sawit di Kota Medan. Skripsi. Universitas Muhamadyah Bengkulu.

Schiffman, Leon G. dan Lazar L. Kanuk. 2015. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta : PT Indeks.

Silalahi, Ulber. 2015. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung : Reflika Aditama

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta .

Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran Edisi Kedua. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

[GIMNI] Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia. 2020. Industri Minyak Goreng Bersedih. http://gimni.org/industri-minyak-goreng-bersedih/.18 April 2020.

Kompas. 2020. Rekap Perkembangan Virus Corona Wuhan dari Waktu ke Waktu. https://www.kompas.com/tren-read/2020/01/28/054600665/rekap-perkembangan-virus-corona-wuhan-dari-waktu-ke-waktu. 28 Januari 2020.

[Kemendag] Kementrian Perdagangan. 2019. Kemendag Luncurkan Kebijakan Minyak Goreng Wajib Kemas. https://www.kemendag.go.id/en/press-release/kebijakan-minyak-goreng-wajib-kemas. 28 Maret 2020.

[USDA] United States Department of Agriculture. 2019. Konsumsi Minyak Goreng Berdasarkan Jenis. https://www.fas.usda.gov/databases/global-agricultural-information-network-gain/datapublish/2020/08/12/konsumsi-minyak-goreng-berdasarkan-jenis. 20 Agustus 2020.

Downloads

Published

2021-06-29

Issue

Section

Articles