Relevansi Pembiasaan Taḥfīẓul Qur'ān dalam Membentuk Karakter Religius pada Kader Muhammadiyah di Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang Banyumas

Salman Faiz Alaudin, Firdaus Firdaus

Abstract


Al-Quran merupakan firman Allah SWT yang keasliannya selalu terjaga. Salah satu kewajiban utama umat Islam terhadap al-Quran adalah membacanya dan menghafalnya dengan baik. Menghafal Al-Qur'an dapat membentuk karakter religius seseorang. Oleh karena itu, religiusitas merupakan modal utama untuk memecahkan masalah-masalah yang timbul di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembinaan taḥfīẓul Qur’an, menganalisis pembentukan karakter religius melaluitTaḥfīẓul Qur'ān dan menemukan faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter religius kader melalui program taḥfīẓul Qur’an di Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu pengasuh, 3 musyrif dan 4 kader Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, model pembinaan taḥfīẓul Qur’an di Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang menggunakan model pembinaan pembiasaan, Pemberian reward dan pendekatan individual. Kedua faktor pendorong, jajaran pengurus mensuport besar dan memberikan tanggung jawab sepenuhnya kepada pengasuh dan jajaran asātidz. Sedangkan faktor penghambat, kekurangan tenaga musyrif, permasalahan waktu antara musyrif dan kader dan faktor kelelahan kader setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. 

Keywords


Model pembinaan; Taḥfīẓ; Karakter religius

References


AS, M. (2016). Studi Ilmu-ilmu Qur`an oleh Manna Khalil Al-Qattan ; diterjemahkan oleh Mudzakir As. Bogor: Litera Antar Nusa.

Ayunina, N. Q., & Zakiyah, Z. (2022). Islamic Parenting Sebagai Upaya Mendidik Karakter Islami Generasi Alpha. Alhamra Jurnal Studi Islam, 3(1), 48. https://doi.org/10.30595/ajsi.v3i1.11855

Cahyono, G., Utomo, S. T., & Winarni, E. (2019). Strategi Pemberian Reward Pembelajaran Taḥfīẓul Qur’ān. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 2(2).

Fenty Sulastini, & Moh. Zamili. (2019). Efektivitas Program Taḥfīẓul Qur’ān dalam Pengembangan Karakter Qur’ani. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166

Firdaus, F. (2022). Relevance of Ta’lim Al-Muta’allim’s Book in Character Education in the Era of Industrial Revolution 4.0. ICIS:Proceeding.UINGusdur, 5, 641–648.

Firdaus, F., & Hermawan, H. (2021). Manajemen Kurikulum Berbasis Pesantren Di SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo. Tamaddun, 22(2), 113. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v22i2.3610

Hidayati, H. (2022). Model Pembinaan Taḥfīẓul Qur’ān Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasa Islam Terpadu Iqra’ 1 Kota Bengkulu. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Istianah, I., & Surya, M. E. (2021). Terjemah Al-Quran Jawa Banyumasan: Latar Belakang dan Metode Penerjemahan. Alhamra Jurnal Studi Islam, 2(1), 80. https://doi.org/10.30595/ajsi.v2i1.10272

Kisman, K. (2021). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. AL-FURQAN, 9(2), 33–42.

Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.

Sma, D. I., & Kasongan, M. (2021). Jurnal Hadratul Madaniah, Volume 8 Issue II, Desember 2021. Page 57-66. 8(Ii), 57–66.

Tabroni, I., Sari, R. P., Apendi, R., & Adam, D. K. (2022). Character Education of The History of Islamic Civilization. AT-TAHSIN: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 27–36.

Trahati, M. R. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Basic education, 5(12).

Ummah, R. (2020). Pembinaan pendidikan karakter religius melalui program Taḥfīẓul Qur’ān: Multisitus di MI Zainul Anwar dan MI Tarbiyatul Islam Kraksaan Probolinggo. Disertasi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v5i1.19606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101