Konsep Kepemimpinan Profetik dalam Pendidikan Islam

Muhammad Jafari, Hamdan Maghribi, Abdul Matin bin Salman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis konsep kepemimpinan profetik dalam pendidikan Islam. Dalam dunia pendidikan Islam, kepala madrasah adalah sebagai pemimpin suatu lembaga dan memegang peran penting dalam memberikan pengaruhnya kepada anggota-anggotanya. Salah satu konsep yang dapat diterapkan oleh kepala madrasah yaitu dengan melaksanakan konsep kepemimpinan profetik. Kepemimpinan profetik adalah pendekatan untuk memimpin seseorang dengan mengacu pada sifat dan prinsip kenabian. Kepemimpinan tersebut selain bersifat bersifat moral terhadap Sang Pencipta (ḥablun minallāh) di mana dia bertanggung jawab secara moral untuk kepemimpinannya, juga bersifat vertikal-formal atau ḥablun minannās, terhadap orang lain. Kepemimpinan profetik Islam harus mampu menerapkan dengan benar dan efektif dengan meneladani sifat-sifat kepemimpinan Nabi Muhammad Saw, yaitu siddīq, amanah, faṭanah, dan tablīg. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Sumber yang digunakan yaitu buku-buku dan jurnal yang relevan. Kemudian data dianalisis dengan model Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa dalam menerapkan kepemimpinan profetik terdapat beberapa cara, yaitu (1) memulai dan melakukan dari diri sendiri, (2) menjadi teladan, (3) berkomunikasi secara efektif, (4) memiliki kedekatan dengan umat, (5) memberi motivasi, (6) mampu mempengaruhi, dan (7) memiliki etika.

Keywords


Kepemimpinan; Kepemimpinan profetik; Pendidikan Islam

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Amanda, I. P., & Sofro, A. (2018). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis, Permisif Dan Otoriter Terhadap Kinerja Guru Dan Profesionalitas Guru Pada Sekolah Taman Dewasa Se - Kodya Yogyakarta Dengan Manova. Mathunesa: Jurnal Ilmiah Matematika, 6(2), 117–121. https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/mathunesa/article/view/24324

Ardiansyah, Hasri, S., & Sohiron. (2023). Implementasi Kepemimpinan Profetik Kepala Madrasah (Studi MTS Al Manar). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 73–78.

Arifin, M. (2023). Konsep Kepemimpinan Dalam Islam: Karakteristik Pemimpin Ideal Menurut Al-Quran. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 3(3), 151–160. https://doi.org/10.37481/jmh.v3i3.616

Dewi, E. R., Hidayatullah, C., Oktaviantari, D., & Raini, M. Y. (2020). Konsep Kepemimpinan Profetik. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 147–159. http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.147-159.

F.Charis, M., Amar, M., Wijongko, D., & A. Faza, M. (2020). Kategori Kepemimpinan dalam Islam. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 171–187.

Fadliah, I. R. (2022). Kepemimpinan Profetik pada Lembaga Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5713–5720. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1247.

Faishol, L. (2020). Kepemimpinan Profetik dalam Pendidikan Islam. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(1), 39–53. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i1.30

Garwan, M. S. (2019). Tela’ah Tafsir Ekologi Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 30: Mengungkap Sikap Antroposentris Manusia pada Kawasan Ake Jira Halmahera. Tajdid, 18(1), 23–56.

Herwati, & Mushonifah, W. (2021). Konsep Kepemimpinan Berbasis Qur’ani. Attractive : Innovative Education Journal, 3(3), 204–217.

Hidayat, W., Olifiansyah, M., Dzulfiqar, M., & Diaying, B. P. (2020). Kepemimpinan Dalam Perspektif Islam. El-Hikmah, 14(1), 98–111.

Idris, M. (2020). Implementasi Nilai Kepemimpinan Profetik Dalam Konstruksi Kurikulum Perguruan Tinggi. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 47–69. http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/tadibi/article/view/223

Khoirunnisa, J. F., Nurjanah, A., & Setiawan, F. (2023). Kepemimpinan Ideal dalam Perspektif Pendidikan Islam. Anwarul, 3(1), 105–115. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i1.849

Kurniawan, K., Putra, D. N., Zikri, A., & Mukhtar AH, N. (2020). Konsep Kepemimpinan Dalam Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i1.2244.

Mahmud, Y. (2022). Kepemimpinan Islam terhadap Motivasi Kerja Karyawan. CV. Radjapublika.

Maktumah, L., & Minhaji. (2020). Prophetic Leadership dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 133–148. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.196.

Mubasyaroh, M. (2018). Pola Kepemimpinan Rasulullah: Cerminan Sistem Politik Islam. Politea: Jurnal Pemikiran Politik Islam, 1(2), 95–106. https://doi.org/10.21043/politea.v1i2.4488.

Riduan, Rahayu, R., & Suriono, Z. (2021). Tafsir Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Kepemimpinan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(1), 123–140. http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/view/163/136.

Tyas, N. R. (2019). Model Kepemimpinan Pendidikan Nabi. Jurnal Muslim Heritage, 4(2), 261–279.

Ushansyah, U. (2016). Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 14(26), 54–60. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.872.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v5i1.19644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101