Studi Eksperimental Performa Satria F 150 Menggunakan Modifikasi Exhaust Manifold Dengan Nozzle

Wahyu Prasetianto, Sartono Sartono

Abstract


Tingkat penjualan mesin terkait dengan daya yang dihasilkan oleh mesin, konsumsi bahan bakar, serta efisiensi dari mesin tersebut. Pemakaian salah satu mesin penggerak awal yaitu motor bakar torak masih sangat dominan, dimana daya yang dihasilkan sampai saat ini masih unjuk kerja yang cukup baik. Untuk meningkatkan performa sepeda motor, banyak inovasi yang dilakukan dan teknologi yang dikembangkan agar performa motor meningkat sesuai kebutuhan penggunanya. Super KIPS salah satunya, Super KIPS memiliki bagian terpenting berupa klep (Valve) yang bisa membuka dan menutup. Selain itu terdapat pula magic ring, merupakan komponen berbentuk ring yang dirancang khusus untuk berbagai jenis sepeda motor dengan memanfaatkan gas aktif lewat knalpot yang terbuang sia-sia.Sebuah nozzle sering berbentuk pipa atau tabung dari berbagai variasi luas penampang, dan dapat digunakan untuk mengarahkan atau memodifikasi aliran fluida (cairan atau gas). Nozzle sering digunakan untuk mengontrol laju aliran, kecepatan, arah, massa, bentuk, dan / atau tekanan dari aliran yang muncul. Kecepatan nozzle dari fluida meningkat sesuai energi tekanannya. Pemasangan magic ring mampu menurunkan nilai KBBS pada putaran kurang dari 9000 RPM, namun ketika putaran mencapai lebih dari 9000 RPM, kondisi standar lebih sedikit KBBS-nya dibandingkan magic ring. Begitu pula jika dibandingkan dengan penggunaan variasi nozzle, nozzle dapat menurunkan KBBS lebih sedikit dibandingkan penggunaan magic ring maupun standar.Nozzle sering digunakan untuk mengontrol laju aliran, kecepatan, arah, massa, bentuk, dan / atau tekanan dari aliran yang muncul. Kecepatan nozzle dari fluida meningkat sesuai energi tekanannya. Pemasangan magic ring mampu menurunkan nilai KBBS pada putaran kurang dari 9000 RPM, namun ketika putaran mencapai lebih dari 9000 RPM, kondisi standar lebih sedikit KBBS-nya dibandingkan magic ring. Begitu pula jika dibandingkan dengan penggunaan variasi nozzle, nozzle dapat menurunkan KBBS lebih sedikit dibandingkan penggunaan magic ring maupun standar. Nozzle sering digunakan untuk mengontrol laju aliran, kecepatan, arah, massa, bentuk, dan / atau tekanan dari aliran yang muncul. Kecepatan nozzle dari fluida meningkat sesuai energi tekanannya.Pemasangan magic ring mampu menurunkan nilai KBBS pada putaran kurang dari 9000 RPM, namun ketika putaran mencapai lebih dari 9000 RPM, kondisi standar lebih sedikit KBBS-nya dibanding magic ring. Begitu pula jika dibandingkan dengan penggunaan variasi nozzle, nozzle dapat menurunkan KBBS lebih sedikit dibandingkan penggunaan magic ring maupun standar. kondisi standar lebih sedikit KBBS-nya dibanding magic ring. Begitu pula jika dibandingkan dengan penggunaan variasi nozzle, nozzle dapat menurunkan KBBS lebih sedikit dibandingkan penggunaan magic ring maupun standar. kondisi standar lebih sedikit KBBS-nya dibanding magic ring. Begitu pula jika dibandingkan dengan penggunaan variasi nozzle, nozzle dapat menurunkan KBBS lebih sedikit dibandingkan penggunaan magic ring maupun standar.

References


[1] LV Gunawan dan M. Effendy, “Performa mesin dan emisi gas buang mesin bensin menggunakan campuran etanol-bensin dari bioetanol biji duriozibethinus dan salak,” Engine Perform. Emisi Gas Buang. sebuah Gasol. Mesin Menggunakan Campuran Etanol-Bensin dari Bioetanol Biji DurioZibethinus SalaccaZalacca, vol. 8, tidak. 4, hlm. 1129–1134, 2020, doi: 10.30534/ijeter/2020/29842020.

[2] Rosid, “Analisis Proses Pembakaran Sistem Injeksi Pada Sepeda Motor Dengan Menggunakan Bahan Bakar Premium dan Pertamax,” vol. 7, tidak. 2, 2015.

[3] G. Decan, T. Lucchini, G. D'Errico, dan S. Verhelst, “Sebuah teknik baru untuk pemodelan pembakaran yang detail dan efisien waktu dari mesin pembakaran internal bahan bakar ganda yang difumigasi,” A Nov .Tek. rinci. Pembakaran hemat waktu. Model. Magang bahan bakar ganda yang difumigasi. Membakar. mesin, vol. 174, tidak. Maret, hal. 115224, 2020, doi: 10.1016/j.applthermaleng.2020.115224.

[4] F. Majedi and I. Puspitasari, “Optimasi Daya dan Torsi pada Motor 4 Tak dengan Modifikasi Crankshaft dan Porting pada Cylinder Head,” Optimasi Daya dan Torsi pada Mot. 4 Tak dengan Modif. Crankshaft dan Porting pada Cylind. Kepala, vol. 5, tidak. 1, hal. 82, 2017, doi: 10.32487/jtt.v5i1.216.

[5] J. Galindo, JM Luján, JR Serrano, V. Dolz, dan S. Guilain, “Desain manifold buang untuk meningkatkan kinerja sementara mesin diesel turbocharged berkecepatan tinggi,” Des. sebuah manifold knalpot untuk Improv. sementara Lakukan. mesin diesel turbocharged berkecepatan tinggi, vol. 28, tidak. 8, hlm. 863–875, 2004, doi: 10.1016/j.expthermflusci.2004.01.003.

[6] OA Ozsoysal, "Kehilangan panas sebagai persentase energi bahan bakar dalam siklus Otto dan Diesel standar udara," Kehilangan panas sebagai Persen. bahan bakar energi udara Stand. Siklus Otto Diesel, vol. 47, tidak. 7-8, hlm. 1051–1062, 2006, doi: 10.1016/j.enconman.2005.06.020.

[7] SDW Saputro, “Pengaruh Perubahan Celah Katup Hisap Dan Katup Buang Terhadap Performance Motor Jupiter Z 2004 Menggunakan Bahan Bakar Biopremium E10,” hlm. 9–20.

[8] M. Ahmadi, A. Faghih Khorasani, M. Arbab Iqbal, A. Date, dan A. Akbarzadeh, “Investigasi eksperimental efek geometri nozzle pada kinerja nozzle dua fase melalui Trilateral Flash Cycle,” Exp. Selidiki. Geom nosel. Eff. nozzle dua fase Lakukan. melalui Trilateral Flash Cycle Mahdi, hal. 100676, 2020, doi: 10.1016/j.tsep.2020.100676.

[9] . Altn, A. Bilgin, dan . Sezer, "Penyelidikan teoretis tentang karakteristik pembakaran mesin SI dual-plug berbahan bakar etanol," Fuel, vol. 257, tidak. April, 2019, doi: 10.1016/j.fuel.2019.116068.

[10] R. Balz, B. von Rotz, dan D. Sedarsky, “Karakteristik aliran dan semprotan in-nozzle dari injektor bahan bakar diesel laut dua langkah besar,” Appl. Satuan panas. Ind., vol. 180, hal. 115809, 2020, doi: 10.1016/j.applthermaleng.2020.115809.

[11] E. Dokumaci, "Prediksi karakteristik sumber manifold buang mesin," J. Sound Vib., vol. 280, tidak. 3–5, hlm. 925–943, 2005, doi: 10.1016/j.jsv.2003.12.052.

[12] Y. Ge, L. Chen, dan X. Qin, "Pengaruh variasi panas spesifik pada kinerja siklus Otto ireversibel," Int. J. Perpindahan Massa Panas, vol. 122, hlm. 403–409, 2018, doi: 10.1016/j.ijheatmasstransfer.2018.01.132.

[13] Y. Ge, L. Chen, F. Sun, dan C. Wu, "Simulasi termodinamika kinerja siklus Otto dengan perpindahan panas dan panas spesifik variabel fluida kerja," Int. J. Term. Sci., vol. 44, tidak. 5, hlm. 506–511, 2005, doi: 10.1016/j.ijthermalsci.2004.10.001.

[14] A. Hynninen, H. Isomoisio, dan J. Tanttari, “Karakterisasi sumber akustik mesin IC in-situ dengan metode tabung kapsul,” Appl. Akus., vol. 126, hlm. 1–18, 2017, doi: 10.1016/j.apacoust.2017.05.006.

[15] AI Kodal dan A. Kodal, “Evaluasi kinerja komparatif dari berbagai fungsi pengoptimalan untuk siklus Otto yang tidak dapat diubah,” Therm. Sci. Ind. Prog., vol. 15, tidak. Januari 2019, hal. 100452, 2020, doi: 10.1016/j.tsep.2019.100452.

[16] F. Leach, G. Kalghatgi, R. Stone, dan P. Miles, “Ruang lingkup untuk meningkatkan efisiensi dan dampak lingkungan dari mesin pembakaran internal,” Transp. Ind., vol. 1, hal. 100005, 2020, doi: 10.1016/j.treng.2020.100005.

[17] JC Lin dan SS Hou, "Pengaruh kehilangan panas sebagai persentase energi bahan bakar, gesekan dan panas jenis variabel fluida kerja pada kinerja siklus Otto standar udara," Energy Convers. Manajemen., vol. 49, tidak. 5, hal. 1218–1227, 2008, doi: 10.1016/j.enconman.2007.09.002.

[18] M. Mikulski, PR Balakrishnan, dan J. Hunicz, "Reaktivitas gas-diesel alami mengendalikan pengapian kompresi dengan tumpang tindih katup negatif dan reformasi bahan bakar dalam silinder," Appl. Energi, vol. 254, tidak. Juli, hal. 113638, 2019, doi: 10.1016/j.apenergy.2019.113638.

[19] U. Kultsum, “Studi Eksperimental Performa Yamaha Vixion 150 Menggunakan Magic Ring dan Modifikasi Exhaust Manifold Dengan Variasi Perbandingan Diameter Outlet Diffuser Terhadap Diameter Inlet Diffuser 1,25; 1,40; dan 1,60,” 2019. 2019.113638. [19] U. Kultsum, “Studi Eksperimental Performa Yamaha Vixion 150 Menggunakan Magic Ring dan Modifikasi Exhaust Manifold Dengan Variasi Perbandingan Diameter Outlet Diffuser Terhadap Diameter Inlet Diffuser 1,25; 1,40; dan 1,60,” 2019. 2019.113638.

[20] U. Kultsum, “Studi Eksperimental Performa Yamaha Vixion 150 Menggunakan Magic Ring dan Modifikasi Exhaust Manifold Dengan Variasi Perbandingan Diameter Outlet Diffuser Terhadap Diameter Inlet Diffuser 1,25; 1,40; dan 1,60,” 2019.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/cerie.v2i1.10899

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30595/cerie.v2i1.10899.g4938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-8006