Pengaruh Holding Time terhadap Tingkat Kekerasan pada Hasil Pengolahan Limbah Plastik

Zainudin Zainudin, Suwantri Suwantri

Abstract


Plastik merupakan bahan yang banyak digunakan dalam kehidupan manusia. Plastik umumnya sulit diurai oleh mikro organisme sehingga dapat menimbulkan masalah pencemaran lingkungan. Diperlukan sebuah metode untuk mengolah limbah plastik menjadi barang yang berguna dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengolah limbah plastik menjadi produk baru yang bermanfaat dan memiliki karakteristik tahan lama. Penelitian ini meleburkan limbah plastik yang sudah dijadikan potongan kecil dan kemudian dicetak dengan alat pres pencetak plastik sesuai dengan bentuk moldingnya. Proses pengepresaan dan  daur ulang mengacu pada variasi holding time (60, 80, 100 detik) pada suhu 250°C. Untuk mengetahui tingkat kekerasan produk plastik, maka dilakukan pengujian micro hardnes. Dari hasil pengujian diperoleh data bahwa tingkat kekerasan terendah terdapat pada holding time 80 detik yaitu 15,3 HV (Hardness Vickers) . Tingkat kekerasan tertinggi terdapat pada holding time 60 detik yaitu sebesar 21,3 HV. Homogenitas lelehan bijih plastik dan lama holding time pemanasan pada proses pencetakan manual menjadi penentu adanya perbedaan tingkat kekerasan hasil pengujian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi industri pengolah limbah plastik.

References


[1]

M. Hastarina, A. A. Masruri dan S. A. Saputra, “Perancangan Mesin Peleleh Biji Plastik sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Plastik dengan Penerapan Metode Value Engineering,” Integrasi Jurnal Ilmiah Teknik Industri, p. 49, 2019.

[2]

E. Damanhuri dan T. Padmi, “Pengelolaan Sampah,” dalam Prodi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Bandung, Institut Teknologi Bandung, 2010.

[3]

M. F. Asror dan H. S. S. Tomo, “Pengaruh Suhu Proses dan Tekanan Injection Molding terhadap Kekuatan Benturan dan Kekerasan pada Plastik Material HDPE,” dalam Prosiding Simposium Nasional Polimer IV.

[4]

Hastarina, M dkk, ” Perancangan Mesin Peleleh Biji Plastik Sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Plastik dengan Penerapan Metode Value Engineering”, Integrasi Jurnal Ilmiah Teknik Industri (2019), 2 (6),

[5]

Pranata, R dan Widayat, W, “Pengaruh kadar silikon terhadap karakteristik material aluminium sekrap hasil remelting”, Jurnal inovasi mesin 2 (2) (2020).

[6]

I. Subhidin, E. Djatmiko dan E. Maulana, “Perancangan Mesin Pencacah Plastik Kapasias 75 Kg/Jam,” dalam Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, Jakarta, 2020.

[7]

Windarta, G. Hidayat dan A. Chaeruddin, “Rancang Bangun Mesin Daur Ulang Limbah Botol Plastik HDPE Menjadi Gagang Pintu Kapasitas 1 kg/jam,” dalam Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Jakarta, 2019.

[8]

I. Oktama, “Analisa Peleburan Limbah Plastik Jenis Polyethilene Terphtalate (PET) Menjadi Biji Plastik melalui Pengujian Alat Pelebur Plastik,” Jurnal Teknik Mesin, vol. 05, p. 109, 2016.

[9]

K. A. Widi dan L. D. Ekasari, “Studi Analisa Pengembangan Produk Limbah Plastik Berbasis Tekanan Teknologi Injection Moulding,” Jurnal Flywheel, vol. 8, p. 14, 2017.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/cerie.v2i2.13931

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30595/cerie.v2i2.13931.g5028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-8006