Analisis Pengaruh Variasi Jenis Dan Persentase Katalis Pada Proses Pack Carburizing Baja ST 42 Terhadap Nilai Kekerasan Dan Struktur Mikro

Trio Nur Wibowo, Yuliyanti Dian Pratiwi

Abstract


Komponen mesin seperti pada roda gigi yang dalam pengoperasiannya saling bergesekan dan menekan secara terus menerus akan menyebabkan keausan dan terjadinya retakan atau patahnya gigi-gigi pada roda gigi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan kekerasan permukaan yang tinggi namun tetap ulet pada bagian inti. Proses pack carburizing adalah salah satu metode untuk meningkatkan kekerasan permukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perbedaan jenis dan persentase katalis pada proses pack carburizing baja ST 42 terhadap nilai kekerasan dan struktur mikro. Katalis yang digunakan dalam penelitian ini adalah barium carbonat, kalsium carbonat dan natrium carbonat.Sedangkan persentase yang digunakan adalah 15%, 25% dan 35% dari berat media carburizing. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dimana kotak sementasi yang berisikan material baja ST 42 dan media carburizing dipanaskan dengan furnace pada temperatur 950°C dengan waktu penahanan 2 jam yang selanjutnya diquenching dengan media pendingin air. Pengujian yang digunakan uji kekerasan berskala vickers dan uji struktur mikro. Berdasarkan hasil pengujian kekerasan vickers didapatkan nilai kekerasan tertinggi terdapat pada variasi katalis jenis kalsium carbonat persentase 15% dengan nilai rata-rata kekerasan sebesar 975,3 HVN atau mengalami peningkatan 480% dari raw material. Sedangkan nilai rata-rata kekerasan terendah terdapat pada variasi katalis jenis natrium carbonat dengan persentase 35% sebesar 570,2 HVN atau hanya mengalami peningkatan 239% dari raw material. Hasil pengujian struktur mikro pada baja ST 42 sebelum dilakukan proses carburizing menunjukkan struktur yang terbentuk didominasi fasa ferlit dan sedikit perlit. Secara umum dapat disimpulkan bahwa proses pack carburizing dengan variasi jenis dan persentase katalis berpengaruh terhadap nilai kekerasan dan struktur mikro yang didapatkan, dimana pemilihan jenis dan persentase katalis yang tepat dapat meningkatkan nilai kekerasan secara signifikan akan tetapi jika digunakan pada jenis dan persentase katalis yang tidak tepat dapat menyebabkan nilai kekerasan yang dihasilkan menjadi tidak maksimal.

 Keywords:ST 42, katalis, pack carburizing, HVN,


References


[1] B.H. Amstead, Phillip F. Oswald, Myron L. Begemen, Teknologi Mekanik (Jakarta: Erlangga, 1997), hal. 152 dan 153

[2] Niemann G, Elemen Mesin, Edisi II (Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama,1990), hal.195

[3] Wisnujati. 2017. Analisa Perlakuan CarburizingTerhadap Sifat Fisik dan Mekanik pada Bahan Spocket Imitasi Sepeda Motor. Jurnal SimetrisVol 8 No.1 April 2017. Teknik Mesin UniversitasMuhammadiyah Yogyakarta.

[4] Wahid Suherman, Ilmu Logam I (Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2003), hal. 81, 82, 142 dan 147

[5] Dieter, George E., Engineering Design A Materials and Processcing Approach (Singapore: McGraw-Hill Book Company, 1987), hal. 336 – 337

[6] Sujita. 2016. Proses Pack Carburizing denganMedia Carburizer Alternatif Serbuk ArangTongkol Jagung dan Serbuk Cangkang KerangMutiara. Jurnal Mechanical Vol 7 No.2September 2016. Teknik Mesin UniversitasMataram.

[7] Nanulaitta, dan Patty. 2011. Analisa NilaiKekerasan Baja Karbon Rendah (S35C)dengan Pengaruh Waktu Penahanan (HoldingTime) Melalui Proses Pengarbonan Padat(Pack Carburizing) dengan PemanfaatanCangkang Kerang sebagai Katalisator. JurnalTeknologi Vol 8 No.2 2011.

[8] Alois Schonmetz, Karl Gruber, Pengetahuan Bahan Dalam Pengerjaan Logam (Jakarta: CV. Angkasa, 1985), hal.17, 40 dan 44

[9] Karmin, Sairul. E, Firdaus, dan Romli. 2018.Analisa Perubahan Sifat Mekanik dan StrukturMikro Multi Quenching Terhadap Hasil PackCarburizing Baja Karbon Rendah. JurnalAustenit Vol 10 No.1 April 2018. Teknik MesinPoliteknik Negeri Sriwijaya.

[10] Reny Afriany, “Analisa Pengaruh Variasi Katalis Pada Proses Karburasi Baja Karbon Sedang Dengan Pendinginan Tunggal”, Jurnal Ilmiah Teknika,

[11] Totten, G.E, Bates, C.E, dan Clinson, N.A.1993. Handbook of Quenchants and QuenchingTechnology.USA: ASM Internasional17. Vander Voort, G.F. 1999. Metallography:Principlis and Practice. ASM International,Material Park, OH.

[12] Vlack, L. H. Van. 2004. Elemen-elemen Ilmudan Rekayasa Material. Jilid 6. Diterjemahkanoleh Sriati Djaprie. Penerbit Erlangga.

[13] Amstead B. H., et al. 1992. Teknologi MekanikJilid 2. Diterjemahkan oleh Sriati DjapriePenerbit Erlangga.

[14] Beumer, B.J.M. 1980. Pengetahuan Bahan.Jilid 3. Diterjemahkan oleh B.S. Anwir. PenerbitBhratara Karya Aksara.

[15] Budinski, K.G, and Budinski, M.K. 1999.Engineering Materials (6th Ed.). New Jersey:Prentice – Hall Inc.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/cerie.v2i1.14024

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30595/cerie.v2i1.14024.g4944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-8006