Konsumerisme Beragama di Era Digital: Analisis Paradigma Postmodernisme Jean Baudrillard Terhadap Fenomena Beragama Umat Islam di Indonesia

Theguh Saumantri, Taufik Hidayatulloh, Dhea Dayuranggi Meghatruh

Abstract


Di tengah-tengah kapitalisme postmodern kehidupan beragama menjadi komoditas yang dipertontonkan secara luas melalui berbagai saluran media sosial. Sebagai objek komoditas agama adalah barang konsumsi bagi masyarakat konsumer yang akan membentuk pola pikir serta perilaku umat beragama. Islam sebagai agama dengan pemeluk terbanyak di Indonesia termasuk ke dalam objek komoditas yang seolah dikapitalisasi oleh media sosial. Hal ini terutama didorong oleh kemajuan teknologi digital yang mampu menciptakan simulasi kehidupan nyata dalam bentuk dunia virtual. Tulisan ini menguraikan bagaimana citra keberagamaan diproduksi oleh media digital dan menjadi komoditas masyarakat Indonesia. Paradigma yang digunakan untuk meneropong fenomena ini adalah teori postmodernisme Jean Baudrillard, yakni teori masyarakat konsumsi dan simulacra. Dari penelitian ditemukan bahwa dunia digital telah memproduksi simulacra yang menampilkan hiperealitas kenyataan kehidupan beragama. Simulasi atau salinan kenyataan kehidupan beragama ini terus diproduksi melalui media sosial sehingga terjadi pergeseran nilai-nilai agama yang dikonsumsi oleh masyarakat sebagai pembeda (differance) bagi identitas sosial tertentu.


Keywords


Agama; Komoditas; Konsumerisme; Simulacra.

References


Achmad, N. (2018). Politisasi Agama di Era Digital dan Penanganannya. Prosiding Senaspolhi, 1(1), 141.

Ahmed, A. S. (2013). Postmodernism and Islam: Predicament and Promise. Routledge.

Argenti, G. (2019). Islam Politik di Indonesia: Transformasi Gerakan Sosial Aksi Bela Islam 212 dari Gerakan Demonstrasi Ke Gerakan Kelembagaan Sosial, Politik dan Ekonomi. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 1–23. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3228

Bagus Riadi, D. D. (2019). Analisis Framing Gerakan Sosial: Studi Pada Gerakan Aksi Bela Islam 212. Holistik: Journal for Islamic Social Sciences, 3(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/holistik.v3i1.5562

Bakti, I. S., Nirzalin, N., & Alwi, A. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2), 147–166. https://doi.org/10.24815/jsu.v13i2.15925

Craig, E. (2010). The Shorter Routledge Encyclopedia of Philosophy. Routledge.

Fadhilah. (2011). Relevansi Logika Sosial Konsumsi dengan Budaya Konsumerisme dalam Perspektif Epistemologi Jean Baudrillard. Jurnal Kybernan, 12(1), 40–57.

Fautanu, I., M, B., & Gunawan, H. (2020). Politik Identitas dalam Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017: Perspektif Pemikiran Politik Nurcholish Madjid. Politicon : Jurnal Ilmu Politik, 2(2), 87–112. https://doi.org/10.15575/politicon.v2i2.8146

Fitria, H. (2016). Hiperrealitas Dalam Social Media (Studi Kasus: Makan Cantik Di Senopati Pada Masyarakat Perkotaan). Informasi, 45(2), 87. https://doi.org/10.21831/informasi.v45i2.7985

Handayani, M. A., & Ali, M. (2020). Antara Agama dan Imajinasi: Identitas Simbol Ibadah dalam Perspektif Postkomunikasi, Postspiritualitas, dan Hiperspiritualitas. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 4(2), 125–134. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v4i2.8592

Haryono, C. G. (2020). Kepalsuan Hidup dalam Hiperrealitas Iklan. Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(2), 232. https://doi.org/10.14421/pjk.v12i2.1662

Ilham, I. (2018). Paradigma Postmodernisme; Solusi Untuk Kehidupan Sosial? Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 12(1), 1–23.

Islam, R. C. (2017). Simulacra Sebagai Kritik Atas Modernisme (Studi Analisis Atas Pemikiran Jean P. Baudrillard). Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 2(1), 88–112. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jaqfi.v2i1.4253

Jauhari, M. (2017). Media Sosial: Hiperrealitas dan Simulacra Perkembangan Masyarakat Zaman Now dalam Pemikiran Jean Baudrillard. Jurnal AL-’Adalah, 20(1), 117–136.

Kroes, R. (2019). The Revenge of the Simulacrum: the Reality Principle Meets Reality TV. Society, 56(5), 419–426. https://doi.org/10.1007/s12115-019-00395-0

Murtiningsih, S., Siswanto, J., & Syamsudin, M. M. (2013). Problem Pendidikan Video Games Baudrillard. Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, 19(1), 78–86. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/3758

Piliang, Y. A. (2020). Dunia yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Cantrik Pustaka.

Prayogi, I. (2019). Populisme Islam dan Imajinasi Politik dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Politeia: Jurnal Ilmu Politik, 11(2), 31–43. https://doi.org/10.32734/politeia.v11i2.1083

Ritzer, G. (2010). Teori Sosial Postmodern. Kreasi Wacana.

Saumantri, T. (2022). Konsumerisme Masyarakat Kontemporer dalam Pemikiran Jean Baudrillard. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 28(2), 56–68. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/paradigma.v28i2.1962

Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulacra Jean Baudrillard Dalam Dunia Komunikasi Media Massa. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 247. https://doi.org/10.24235/orasi.v11i2.7177

Siswadi, G. A. (2022). Hiperrealitas di Media Sosial dalam Perspektif Simulakra Jean Baudrillard. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32795/ds.v22i1.2749

Syahputra, I. (2016). Agama di Era Media: Kode Religius dalam Industri Televisi Indonesia. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 17(1), 125. https://doi.org/10.14421/esensia.v17i1.1283

Tapotubun, H. H., & Rahmah, H. (2021). Religiusitas Digital Dan Dimensi Perlawanan Milenial Dalam Ruang Online. Jurnal Sosiologi Reflektif, 15(2), 298. https://doi.org/10.14421/jsr.v15i2.2042

Ufrida, K., & Harianto, S. (2022). Konsumerisme Makanan Siap Saji Sebagai Gaya Hidup Remaja Di Kota Surabaya: Studi Kasus Siswi Sma Muhammadiyah 4 Kota Surabaya. Jurnal Analisa Sosiologi, 11(1). https://doi.org/10.20961/jas.v11i1.57134

Usuluddin, W. (2010). Elusidasi Filosofis Kebhinekaan Keagamaan: Refleksi Atas Pluralisme Keberagamaan Era Postmodern. Ulumuna, 14(1), 197–226. https://doi.org/10.20414/ujis.v14i1.233

Zuhdi, K. N., M, H. B., Aprilia, N. F., & Putra, P. H. (2021). Praktik Masyarakat Konsumsi Online dalam Perspektif Baudrillard. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(6), 681–687. https://doi.org/10.17977/um063v1i62021p681-687


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/islamadina.v24i2.14961

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2580-5096