Kesesuaian Praktik Ibadah Menurut Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah pada Kepala Sekolah PAUD ‘Aisyiyah di Banyumas

Istianah Istianah, Darodjat Darodjat

Abstract


Penelitian ini mencoba menjawab pertanyaan tentang, bagaimana praktik thaharah dan salat kepala sekolah Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) dan Kelompok Bermain ‘Aisyiyah (KBA) di Banyumas dan kesesuaiannya dengan HPT? di mana jumlah TK ABA dan KBA di Banyumas sebanyak 142. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat praktik thaharah dan salat pada Kepala Sekolah TK ABA di Banyumas dan menilai kesesuaian praktik thaharah dan Salat tersebut dengan HPT.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di Banyumas dengan populasi sebanyak 142 kepala sekolah TK ABA dan KBA. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian diolah menggunakan metode kuantitatif dan dianalisa dengan kriteria dan indikator praktik berdasarkan HPT.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa para kepala sekolah telah melakukan praktik ibadah wudlu, tayammum, mandi janabah, dan salat yang sesuai dengan HPT dengan penguasaan terbaik ada pada ibadah salat dengan nilai BS (baik sekali) sebanyak 95%, sedangkan ketidaksesuaian atau penguasaan rendah ada pada ibadah tayammum dengan nilai K (kurang) sebanyak 5%.  Adapun jika diperbandingan antar kecamatan berdasarkan 4 kategori kecamatan, maka kecamatan dengan rata-rata nilai BS (baik sekali) tertinggi adalah kecamatan terjauh dari kota dan kecamatan tergiat bermuhammadiyah/’aisyiyah dengan nilai rata-rata 100% pada aspek salat. Sementara kecamatan dengan nilai B (baik) tertinggi yaitu kecamatan yang berada di perkotaan dengan nilai rata-rata 20% baik pada aspek tayammum maupun mandi janabah. Sedangkan kecamatan dengan nilai K (kurang) tertinggi yaitu kecamatan dengan jumlah PAUD terbanyak dengan nilai 15,4% pada aspek tayammum.


Keywords


Himpunan putusan tarjih (HPT); Guru PAUD; Praktik ibadah; TK ABA

References


Amalia, H. (2019). Muhammadiyah: Metode dan Praktik Berijtihad. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 09(02), 119–130. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1535

Anakotta, R., Irianti, M., & Kadir, A. A. (2022). Analisis Penerapan Pratik Ibadah berdasarkan Putusan Tarjih Muhammadiyah pada Warga Muhammadiyah Kabupaten Sorong. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), 223. https://doi.org/10.30595/islamadina.v23i2.13344

Bagong, Ed., S. (2013). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan (7th ed.). Jakarta: Kencana.

Black, J. A. dan D. J. C. (2009). Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Refika Aditama.

Ediz, H. M., & Bus, Y. (2020). Majelis Tarjih dan Tajdid sebagai pemegang Otoritas Fatwa Muhammadiyah. Journal Al-Ahkam, XXI(1), 149–168. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alahkam.v11i2.2171

Hayati, M., & Aqodiah, A. (2019). Pembelajaran Nilai Al Islam Kemuhammadiyahan di TK ABA Panto Daeng Sumbawa Besar dan TK ABA Taliwang Sumbawa Barat. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 4(2), 98–103. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i2.1241

Ichsan, Y., Salsabila, U. H., & Husna, D. (2022). Transformasi dan Aktualisasi Majelis Tarjih dalam Pendidikan Islam di Sekolah Muhammadiyah. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(01), 38–61.

Jayusman. (2019). Analisis terhadap Himpunan Putusan Tarjih tentang Tanawwu’ al-Ibadah dan Praktiknya di Kalangan Pengurus Muhammadiyah di Provinsi Lampung. Asas Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 11(2), 81–100. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/asas.v11i2.5599

Mardiah, N. I., Sadar, L. A., Ihlas, Kusumawati, Y., & Ramadhan, S. (2022). Analisis Pergerakan Pendidikan Perempuan Serta Kiprah Siti Walidah di Aisyiyah. Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 60–74. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.52266/

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhadist, A. (2021). Pemikiran Teologi Muhammadiyah Dalam Himpunan Putusan Tarjih. Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 3(1), 143–144. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/11237

Nisa, E. A. (2022). Pandangan dan Peran Organisasi Aisyiyah terhadap Pendidikan di Indonesia, 1914-1923. Warisan: Journal of History and Cultural Heritage, 3(2), 51–57. https://doi.org/10.34007/warisan.v3i2.1516

PTM, T. P. S. T. A. (2019). Dinamika Sejarah TK ABA di Indonesia (1919-2019) (Suswandari, Suwarno, Fitniwilid, A. S. Nugroho, & L. Armiyati (eds.); Issue Januari).

Setiawan, A. (2020). Pelatihan Ibadah Praktis Sesuai Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah Bagi PCM Banguntapan Selatan. 1979–1982. https://doi.org/10.18196/ppm.310.185

Syamsurizal. (2021). Pelaksanaan Ibadah Karyawan BTM At-Taqwa dalam Perspektif Tarjih. Ensiklopedia of Journal, 3(2), 109–117. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/eoj.v3i2.607

Syamsurizal, Rosdialena, & Marlius, Y. (2021). Pemahaman Karyawan BTM At-Taqwa terhadap Tarjih Muhammadiyah Aspek Ibadah. Menara Ilmu, XV(01), 128–135.

Wati, I. S., & Agustono, R. (2017). Peran Siti Walidah di Bidang Pendidikan dan Sosial dalam Perkembangan Aisyiyah Tahun 1917-1946. Jurnal Swarnadwipa, 1(2), 101–110.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/islamadina.v24i2.17923

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2580-5096