Pemberdayaan UMKM Emping Ngijon, Sendangarum, Minggir, Sleman Berbasis Digital Marketing

Adhianty Nurjanah, Sakir Sakir

Abstract


Pandemi Covid-19 menghantarkan permasalahan tidak hanya pada sektor kesehatan berdampak pula pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pelaku UMKM memiliki keterbatasan ruang penjualan tatap muka sehingga perlu menggunakan pemasaran secara digital. Hal ini berlaku pula pada UMKM Emping Ngijon yang memproduksi emping namun belum memanfaatkan digital marketing dalam pemasarannya. Selama ini UMKM Emping Ngijon hanya melakukan pemasaran worth of mouth. Tujuan pengabdian ini untuk menyelesaikan masalah pada UMKM Ngijon yakni memperbaiki system pemasaran berbasis digital, meningkatkan motivasi UMKM, dan memberikan pelatihan packaging yang lebih menarik untuk meningkatkan penjualan. Metode pelaksanaan pemberdayaan diawali dengan persiapan dan pembekalan termasuk didalamnya melakukan observasi, kemudian pelaksanaan program, menentukan keberlanjutan program, mengurai partisipasi mitra dalam pelaksanaan program, dan melakukan evaluasi. Hasil pelaksanaan pelatihan pemberdayaan UMKM Emping Ngijon menunjukkan peningkatan yang signifikan yakni 85% peningkatan pengetahuan UMKM Emping Ngijon tekait digital marketing. Peningkatan  85%, merasa puas dengan perubahan packaging, serta presentasi 80% terkait peningkatan motivasi dalam berwirausaha. Melalui Program Pengabdian ini memiliki novelty dan memberikan tambahan value kepada mitra Pengabdian serta pegiat UMKM untuk menyadari pentingnya penggunaan digital dalam pemasaran, pentingnya motivasi untuk menjaga stabilitas produksi dan packaging yang menarik untuk meningkatkan penjualan pada persaingan dagang di era pandemi COVID-19.


Keywords


Pemberdayaan; UMKM Emping Ngijon; Digital Marketing

References


Agustin, C. A., & Hellianto, G. R. 2020. Pengaruh Reputasi Terhadap Minat Beli Produk Skincare Di Shopee. Jurnal Becoss (Business Economic, Communication, and Social Sciences), Vol.2. No.1, 39–52.

Arifin, Z., Budi Wahono, B., Prihatmoko, D., & Riyoko, S. (2020). Inovasi Peningkatan Hasil Tangkapan Ikan Produk Unggulan Daerah oleh Nelayan Purse Seine Menggunakan Teknologi GPS. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 54–62. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4779

Ciptakarya Pekerjaan Umum. Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah. http://ciptakarya.pu.go.id/bangkim/simpp/portal/news/read/kreativitas-masyarakat-di- kawasan-wisata-kerajinan-minggir-kabupaten-sleman

Faris, M. I., Sembodo, G., Hasanah, L. U., & Pramono, A. (2018). Pelatihan Sukses Berbisnis Online Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemasaran Online Putat Jaya Surabaya. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 1(1), 86-89. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/2041.

Febriyantoro, M T., Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76. Retrieved from http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32

He, H., & Harris, L. (2020). The impact of covid-19 pandemic on corporate social responsibility and marketing philosophy. Journal of Business Research, 116(May), 176–182. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.030.

Herhausen, D., Miočević, D., Morgan, R. E., Kleijnen, M. H. P., Luminy, D. De, & Antoine, R. (2020). The digital marketing capabilities gap. Industrial Marketing Management, 90(March), 276–290. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2020.07.022

Luc, M. H., Tsang, S. W., Thrul, J., Kennedy, R. D., & Moran, M. B. (2020). Content analysis of online product descriptions from cannabis retailers in six US states. International Journal of Drug Policy, 75, 102593. https://doi.org/10.1016/j.drugpo.2019.10.017.

Jansen, B.J. (2006). An Examination of Searcher’s Perceptions of Nonsponsored and Sponsored Links During E-Commerce Web Searching. Journal of The American Society For Information Science and Technology, 57 (14):1949-1961.

Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 1-12.

Korten, D. C. (2002). Menuju Abad Ke-21; Tindakan Sukarela dan Agenda Global. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Putri, S A., Warianto. (2017). Pengaruh Pelatihan dan Kalimat Motivasi Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan UMKM. Jurnal OPTIMA, 1(1), 60-71.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.15231

Copyright (c) 2023 Adhianty Nurjanah, Sakir Sakir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347