Pelatihan Pembuatan Minuman Nata De Aloe dalam Meningkatkan Perekonomian dan UMKM di Padukuhan Plumbon

Adhika Yulia Nurwesti, Faza Ashila Jannah, Fatur Roza Riandara, Itna Husnatul Habibah, Lastriana Nasichatun Rodziah, Nabila Nur Islamyah, Novia Widayanti, Yoga Insan Wicaksana, Yuping Safitri, Gerry Katon Mahendra

Abstract


Lidah buaya (nata de Aloe) merupakan jenis tanaman hias yang juga memiliki manfaat sebagai tanaman obat yang mampu mengatasi berbagai penyakit diantaranya diabetes, kolesterol dan radang lambung. Tanaman lidah buaya tengah banyak mendapat perhatian publik karena pemanfaatannya, contohnya sebagai produk kecantikan dan makanan. Lidah buaya yang dibudidayakan KWT di padukuhan Plumbon belum dimanfaatkan menjadi produk olahan yang bernilai ekonomis. Kesibukan dan keterbatasan pemahaman pengolahan lidah buaya menjadi salah satu permasalahan bagi masyarakat sehingga mereka hanya berfokus pada penanaman dan penjualan mentahnya. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan pengelolaan lidah buaya yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan anggota KWT dalam mengelola nata de aloe dan menciptakan produk dari tanaman lidah buaya sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di Padukuhan Plumbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan program pelatihan sosialisasi kepada ibu-ibu KWT dan Karang Taruna melalui pemberian penyuluhan mengenai pelatihan pembuatan minuman nata de aloe di wilayah padukuhan Plumbon RT 10 RW 05. Pada tanaman lidah buaya, pengelolaan lidah buaya menjadi nata de aloe serta cara pemasaran produk dengan pemasaran digital. Hasil dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini adalah para masyarakat peserta pelatihan mengalami peningkatan wawasan dan kemampuannya terkait pengolahan nata de aloe sehingga dapat membuat produk olahan dari lidah buaya yang bernilai ekonomis.

Keywords


Lidah Buaya; UMKM; Nata De Aloe

References


Aisyah, S. N. (2022). Edukasi kelompok wanita tani terkait strategi diversifikasi produk olahan aloe vera. JJournal of Character Education Society, 5(3), 639–651.

Alim, W. S., Manullang, S. O., Aziz, F., Romadhon, S., Marganingsih, A., Mansur, Ratnaningtyas, E. M., Sulandjari, K., Hanifah, Renny, Wulandari, & Efendi, Y. (2022). Pemberdayaan Masyarakat: Konsep dan Strategi (Issue June).

Dewi, M. L. (2022). Pengolahan Aloe Vera (Lidah Buaya) sebagai Minuman Sehat. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 35–45. https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.46

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209

Maisarah. (2019). Panduan Budidaya Lidah Buaya (I. Nur, Ed.; 2019th ed.). Desa Pustaka Indonesia.

Marhaeni, L. S. (2020). Potensi lidah buaya (Aloe vera Linn) sebagai obat dan sumber pangan. AGRISIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 13(1), 32–39.

Noviani, N. (2021). EDUKASI PEMBUATAN MINUMAN SEHAT DARI TANAMAN LIDAH BUAYA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 126–130.

Rahayu, P. (2019). Budidaya Lidah Buaya, Si Tanaman Ajaib (F. R. S. Alfrida, Ed.; 2019th ed.). Loka Aksara.

Risa, R. G. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. JJurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Saida, Z. Z. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. In Hamdan (Ed.), Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (1st ed., Vol. 6, Issue August). Forum Pemuda Aswaja.

Widayani, K., Puspita, M. E., Tampubolon, E. S., & Nurida, N. (2022). Pelatihan Budidaya Lidah Buaya Di Kelurahan Paku Jaya Serpong Utara. 9, 134–139.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v8i1.19384

Copyright (c) 2024 Adhika Yulia Nurwesti, Faza Ashila Jannah, Fatur Roza Riandara, Itna Husnatul Habibah, Lastriana Nasichatun Rodziah, Nabila Nur Islamyah, Novia Widayanti, Yoga Insan Wicaksana, Yuping Safitri, Gerry Katon Mahendra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347