Program Pendampingan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka dan Madrasah Digital bagi MGMP Bahasa Inggris Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v8i2.20707Keywords:
Kurikulum Merdeka, Madrasah Digital, MadrasahAbstract
Perubahan paradigma pembelajaran pada abad ke-21 yang mengarah pada kemajuan IPTEK dalam pembelajaran menuntut adaptasi pola baru dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran, termasuk di Madrasah. Implementasi Kurikulum Merdeka dan Madrasah digital menjadi sangat strategis dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu, relevansi, dan pelayanan pendidikan. Namun demikian, pemahaman yang menyeluruh terhadap penerapan strategi tersebut belum dirasa maksimal. Oleh karena itu, program pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka dan Madrasah Digital kepada MGMP Bahasa Inggris Kota Malang. Program ini meliputi pemantapan konsep implemetasi kurikulum dan digitalisasi, pembuatan materi dan modul, dan P5 dengan melibatkan ahli di bidang tersebut. Hasil dari program ini berupa rumusan tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, modul, dan digitalisasi materi pembelajaran. Kualitas hasil kerja pendampingan ini berimplikasi pada penyegaran dan pemantapan Kembali konsep Kurikulum Merdeka dan Madrasah digital guna meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh sebab itu, pendampingan dan pelatihan perlu diadakan secara kontinu dan menyeluruh kepada guru dan sekolah.
References
Bunting, L., Segerstad, Y.H., & Barendregt, W. (2021). Swedish teachers’ views on the use of personalised learning technologies for teaching children reading in the English classroom. International Journal of Child-Computer Interaction, 27, 100236.
Gonzalez-Carriedo, R., & Esprıvalo-Harrell, P. (2018). Teachers’ attitudes toward technology in a two-way dual-language program. Computers in the Schools, 35(2), 111–133.
Irawati, L. (2014). Using digital video to raise students’ multi-literacies in teaching English for young learners. English Teaching Journal, 2(2), 79–85.
Kasmiran, M. S. (2020). Worthy or not? Teaching English to young Indonesian learners using technology in the classroom. English Language Teaching and Research Journal, 4(1), 43–52.
Keengwe, J. (2007). Faculty integration of technology into instruction and students’ perceptions of computer technology to improve student learning. Journal of Information Technology Education: Research, 6(1), 169–180.
Lestariyana, R. P. D., & Widodo, H. P. (2018). Engaging young learners of English with digital stories: Learning to mean. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(2), 488–494.
Macaruso, P., & Rodman, A. (2011). Benefits of computer-assisted instruction to support reading acquisition in English language learners. Bilingual Research Journal, 34(3), 301–315.
Nikolopoulou, K., & Gialamas, V. (2015). ICT and play in preschool: Early childhood teachers’ beliefs and confidence. International Journal of Early Years Education, 23(4), 409–425.
Novianto, M.A., Abidin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Kedungkandang Malang. Al-fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 5(2), 241-251, DOI: 10.54396/alfahim.v5i2.728
Rosmaladewi, O., Ghoer, H. F., Hidayat, C. (2023). Model kemtraan multistakeholder dalam implementasi manajemen berbasis sekolah/ madrasah dan Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Ikatan Doktor Ilmu Pendidikan Republik Indonesia IDIPRI https://https://ojs.idipri.or.id/index.php/JEMARI
Sulaimani, A., Sarhandi, P., & Buledi, M. (2017). Impact of CALL in-house professional development training on teachers’ pedagogy: An evaluative study. Cogent Education, 4(1), 1–12.
Taghizadeh, M., & Yourdshahi, Z. H. (2019). Integrating technology into young learners' classes: language teachers' perceptions. Computer Assisted Language Learning, 33(8), 982–1006.
Zhao, Y., & Frank, K. A. (2003). Factors affecting technology uses in schools: An ecological perspective. American Educational Research Journal, 40(4), 807–840.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.