Penerapan Sistem Smart Garden Berbasis Internet of Things pada Tanaman Anggrek di Kelompok Wanita Tani Indah Lestari

Gunawan Budi Sulistyo, Lina Ayu Safitri, Sri Kiswati, Bayu Kresna Adjie, Muhammad Naufal Zul Fauzi

Abstract


Pengabdian masyarakat ini dilatar belakangi kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi dalam pemeliharaan tanaman meliputi penyiraman dan pemberian nutrisi tanaman dan produktivitas pertanian urban di Kelompok Wanita Tani (KWT) Indah Lestari. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah untuk mengimplementasikan teknologi Smart Garden berbasis Internet of Things (IoT) yang dapat membantu petani dalam memonitor dan mengelola tanaman mereka agar lebih efektif. Mitra pengabdian dalam proyek ini adalah anggota KWT Indah Lestari, yang terdiri dari para kelompok wanita tani yang ingin meningkatkan kualitas hasil tanam anggrek. Metode pengabdian meliputi serangkaian pelatihan dan penerapan sistem Smart Garden, termasuk pemasangan sensor kelembapan tanah dan suhu, serta pengembangan aplikasi mobile untuk memonitor kondisi tanaman secara real-time. Hasil dari pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi penggunaan air, peningkatan kualitas hasil tanam, dan kemudahan dalam pemantauan kondisi tanaman. Partisipasi aktif dari anggota KWT dalam menggunakan teknologi baru ini juga menunjukkan peningkatan kapasitas dan kemandirian mereka dalam bidang pertanian. Pengembangan sistem Smart Garden berbasis IoT ini tidak hanya membantu meningkatkan produktivitas pertanian, tapi juga memberikan wawasan tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memajukan sektor pertanian di Indonesia. Hasil pengabdian ini penting sebagai langkah awal dalam menerapkan solusi teknologi canggih dalam konteks pertanian lokal, yang berpotensi membawa dampak positif yang luas bagi kelompok wanita tani.


Keywords


Smart Garden; Internet of Things; Pertanian; Anggrek

References


Aminah, S., Rismawan, T., Suhardi, S., & Triyanto, D. (2022). Sistem Pemantauan dan Kendali Kelembapan Udara Pada Budi Daya Bunga Anggrek Berbasis Internet of Things. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 2081–2091. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i6.5250

Andriyani, A. (2018). Membuat tanaman anggrek rajin berbunga. AgroMedia.

DEWI, L. K. (2021). EFEK PEMBERIAN EKSTRAK TOMAT (Solanum lycopersicum L.) TERHADAP PERTUMBUHAN PLANLET ANGGREK Dendrobium striaenopsis MA Clem & DL Jones SECARA IN VITRO.

Fikriman, F., Mita, F. K., & Pitriani, P. (2023). Strategies In Managing Horticultural Businesses In Indonesia (Article Review). Baselang, 3(1), 29–35.

Florist, W.-W. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Anggrek (Orchidaceae) Di Tempat Usaha Yusra.

Handoyo, G. C., Herdiansyah, G., Nufus, M., & Supriyadi, S. (2023). INTERPRETASI DATA IOT (Internet of Things) DALAM PENGEMBANGAN PERTANIAN ORGANIK PADA KELOMPOK TANI ALBAROKAH KABUPATEN SEMARANG. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1–6.

Jamaludin, J., & Ranchiano, M. G. (2021). Pertumbuhan tanaman vanili (Vanilla planifolia) dalam polybag pada beberapa kombinasi media tanam dan frekuensi penyiraman menggunakan teknologi irigasi tetes. Jurnal Agro Industri Perkebunan, 65–72.

Lalla, M., & Sudiarta, I. M. (2022). Pengembangan tanaman anggrek di kawasan wisata Hutan Pinus Motilango Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 87–91.

MUHAMMAD HARDIAN, H. (2023). MODEL PENYIRAMAN OTOMATIS TANAMAN ANGGREK BULAN SERTA MONITORING KONDISI SUHU DAN INTENSITAS CAHAYA (STUDI KASUS LOMBOK ORCHID). Universitas Mataram.

Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis di SMK Sukawati Gemolong Kala Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168.

Nisa, R. K., Wisanti, W., Putri, E. K., Kuntjoro, S., & Artaka, T. (2021). Keanekaragaman Spesies Anggrek di Ranu Darungan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. LenteraBio: Berkala Ilmiah Biologi, 10(1), 1–9.

Pramashinta, A. (2014). Bioteknologi Pangan: Sejarah, Manfaat dan Potensi Risiko. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 3(1).

Rohim, A., Sari, Y. A., & Tibyani. (2019). Convolution neural network (cnn) untuk pengklasifikasian citra makanan tradisional. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(7), 7038–7042. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5851/2789

Swasono, M. A. H., & Muthmainah, H. N. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Optimalisasi Produksi Tanaman Pangan: Studi Bibliometrik Skala Nasional. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08), 668–683.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v8i1.20910

Copyright (c) 2024 Gunawan Budi Sulistyo, Lina Ayu Safitri, Sri Kiswati, Bayu Kresna Adjie, Muhammad Naufal Zul Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347