Penguatan Kompetensi Profesional Guru PAI Melalui Pelatihan Penulisan Buku Ajar di UIN Salatiga

Guntur Cahyono, Syaefudin Achmad

Abstract


Buku ajar merupakan hal yang semestinya disusun oleh masing-masing guru. Namun kenyataan di lapangan, banyak guru yang hanya mengandalkan bahan ajar dari buku ajar yang telah disediakan Artikel ini mendeskripsikan pengabdian yang bertujuan untuk memperkuat kompetensi profesional guru PAI melalui pelatihan penulisan buku ajar. Latar belakang dari kegiatan pelatihan ini adalah banyak guru yang hanya mengandalkan bahan ajar dari buku ajar yang telah disediakan, padahal semestinya guru menyusun buku ajarnnya sendiri. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah PAR (participatory action research), dimana penulis secara aktif ikut mendampingi kegiatan pelatihan buku ajar. Peserta dari kegiatan pelatihan penulisan buku ajar ini adalah 25 guru PAI di berbagai kota/kabupaten di sekitar kota Salatiga. Kegiatan pelatihan penulisan buku ajar ini dilaksanakan selama tiga hari, mendatangkan dua narasumber, menambah wawasan, pengetahuan, serta keterapmilan dalam menulis buku ajar, dengan outcome draft buku ajar yang diharapkan kedepannya bisa diterbitkan.


Keywords


Pelatihan; Penulisan Buku Ajar; Guru PAI

References


Adji, R. (2021). Manfaat Metode Participatory Action Research (Par) Dalam Pembangunan Wilayah RT Di Masa Pandemi. Cikarang: President University.

Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 17(2), 46–53. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i0.3005

Magdalena, I., Ramadanti, F., & Az-Zahra, R. (2021). Analisis Bahan Ajar Dalam Kegiatan Belajar Dan Mengajar Di Sdn Karawaci 20. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 434–459. https://doi.org/https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1444

Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendasakrawala Pendas, 5(1), 53–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1233

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Rohmah, W. (2016). Upaya Meningkatkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Seminar Nasional Pendidikan (SNP), 10–21. https://doi.org/http://hdl.handle.net/11617/7267

Roro, M., Wahyu, D., Qurrotaini, L., & Yusuf, M. (2022). Pendampingan penyusunan modul pendidikan ips bagi guru sekolah dasar tangerang selatan. Prosiding Seminar Nasional …, 1–4. https://doi.org/https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/14321

Setiawan, A., & Basyari, I. W. (2017). Desain Bahan Ajar Yang Berorientasi Pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Capaian Pembelajaran Pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 17. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.431

Sihotang, C., & Sibuea, A. M. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual Dengan Tema “Sehat Itu Penting.” Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 169–179. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3293

Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di Sma Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 51–57. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57

Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Ipa Kelas Iv Semester I Sd No. 4 Kaliuntu Dengan Model Dick and Carey. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1), 386–396. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2920

Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1), 65–72. https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868

Terttiaavini, T., Fitriani, A., & Saputra, T. S. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Media Pembelajaran Smart Learning Di Kabupaten Sembawa Sumatera Selatan. Jurnal Abdimas Mandiri, 1(1), 46–51. https://doi.org/10.36982/jam.v1i1.289

Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 162–172. https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v8i1.21094

Copyright (c) 2024 Guntur Cahyono, Syaefudin Achmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347