Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Hamidah Rahman, Hairudin La Patilaiya

Abstract


ABSTRAK

Upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menjadi hal yang sangat penting untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik. Salah satu strategi untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat adalah dengan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih yang dimulai dari tingkat keluarga, lingkungan dan masyarakat luas. Tujuan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini adalah agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi dan potensi diri untuk menjaga kesehatan melalui pengenalan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Majelis Kesehatan Umum dan Pelayanan Sosial Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku Utara ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat di desa Posi-posi Kabupaten Halmahera Selatan. Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah menggugah partisipasi masyarakat untuk menyadari bahwa perbaikan kesehatan dapat dimulai dari rumah tangga dan di usia dini. Metode pelaksanaan adalah dengan penyuluhan dan praktek PHBS agar masyarakat dapat terlibat langsung dalam praktek hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa kesehatan masyarakat sehingga para mahasiswa dapat mempraktekkan secara langsung ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah.

Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Penyuluhan, PHBS


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat; Penyuluhan; PHBS

References


Anggoro, S., Harmianto, S., & Yuwono, P. D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pembelajaran Tematik Sains Menggunakan Inquiry Learning Process dan Science Activity Based Daily Life. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 29–35.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Halmahera Selatan. (2017). Statistik kesejahteraan rakyat kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Brumana, L., Arroyo, A., Schwalbe, N. R., Lehtimaki, S., & Hipgrave, D. B. (2017). Maternal and Child Health Services and An Integrated, Life-cycle Approach to the Prevention of Non-communicable Diseases. BMJ Global Health, 2(3), e000295. https://doi.org/10.1136/bmjgh-2017-000295.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Rumah tangga sehat dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2011a). Promosi kesehatan di daerah bermasalah kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2011b). Pedoman pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Minarni, E.W., Utami, D.S., & Prihatiningsih, N. (2017). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan dengan Budidaya Sayuran Organik Dataran Rendah Berbasis Kearifan Lokal dan Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 147–154.

Prasanti, D., & Fuady, I. (2017). Penyuluhan Program Literasi Informasi Kesehatan Dalam Meningkatkan Kualitas Sanitasi Bagi Masyarakat Di Kaki Gunung Burangrang Kab. Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 129–138.

Raksanagara, A. S., & Raksanagara, A. (2015). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Determinan Kesehatan yang Penting pada Tatanan Rumah Tangga di Kota Bandung. Jurnal Sistem Kesehatan, 1, 30–34.

Umar, Z. (2008). Perilaku Cuci Tangan Sebelum Makan dan Kecacingan Pada Murid SD di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 2(6), 249–254.

Word Health Organization. (n.d.). Health literacy and health behaviour. Retrieved March 28, 2018, from http://www.who.int/healthpromotion/conferences/7gchp/track2/en/


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v2i2.2512

Copyright (c) 2018 Hamidah Rahman, Hairudin La Patilaiya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347