Pencegahan dan Pengendalian Hipertensi dan Asam Urat Ringan Melalui Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Suci Fitriani Sammulia, Suhaera Suhaera

Abstract


Hipertensi merupakan faktor resiko penyakit yang sangat berbahaya. Pengobatan jangka panjang yang dilakukan untuk mengontrol tekanan darah dan kadar asam urat akan menyebabkan masalah farmakologis yang berdampak buruk kepada penderita. Berdasarkan uraian tersebut maka perlu dilakukan sosialisasi tentang cara mengendalikan hipertensi dan asam urat melalui penggunaan tanaman obat keluarga. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu majelis taklim tentang pentingnya mengendalikan hipertensi dan asam urat dengan  menggunakan tanaman obat keluarga; memberikan pengetahuan tentang  jenis tanaman obat keluarga yang dapat digunakan untuk mengendalikan hipertensi dan asam urat ringan. Metode yang digunakan adalah  penyuluhan langsung artinya para petugas langsung bertatap muka dengan masyarakat. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa, pengetahuan peserta mengenai jenis-jenis dan manfaat tanaman obat sanga ttinggi (90%). Pengetahuan untuk menanam, membudidayakan, dan meracik tanaman obat sebagai pencegahan penyakit Hipertensi dan asam urat ringan juga sangat tinggi (80%).


Keywords


Hipertensi; Asam Urat; TOGA

References


Aini, L.N., (2017). Analisis Deskriptif Kualitatif tentang Proses Komunikasi dalam Sosialisasi Tim Penggerak PKK Desa Ngunut Mengenai Pemanfaatan TOGA kepada Masyarakat di Desa Ngunut, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Badan Pusat Statistik., (2008). National Family Planning Coordinating Board, Ministry of Health, ORC Macro. Indonesia Demographic and Health Survey 2007.

Handajani, A., Roosihermatie, B,. Maryani, H., (2010). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pola Kematian Pada Penyakit Degeneratif di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 13 (1),42-53

Kanbara, A., Hakoda, M., Seyama I. (2010). Urine Alkalization facilitates urid Acid Excretion, Nutritional Journal, 9(45).

Kertia, N., (2009). Asam Urat. Yogyakarta: Bentang Pustaka

Riswanto & Insani, U., (2014). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Medical Bedah: System Muskuloskeletal. Edisi 1. Yogyakarta: Deepublish

Sammulia, S. F., Rahmawati, F., Andayani, T. M., (2016). Perbandingan Pill Box dan Medication Chart dalam meningkatkan Kepatuhan dan Outcome Klinik Geriatri Kota Batam. Jurnal Managemen dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice). 6(4), 288-296.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i2.4472

Copyright (c) 2019 Suci Fitriani Sammulia, Suhaera Suhaera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347