Peningkatan Daya Saing Pelaku Usaha Berbahan Baku Ubi Kayu Melalui Teknologi Informasi

Authors

  • Aminudin Aminudin Prodi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Eko Budi Cahyono Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.6297

Keywords:

Ecosystem TIK, Rantai Distribusi, Ubi Kayu

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan produk unggulan daerah di Desa Tirtoyudo Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Pentingnya pengabdian ini dipicu oleh prospek bisnis berbahan baku ubi kayu baik karena dukungan Pemerintah maupun karena bahan pangan tersebut menjadi salah satu komoditas pertanian utama di Desa Tirtoyudo. Untuk mewujudkan hal tersebut maka dalam pengabdian ini dilakukan beberapa tahapan diantaranya adalah diskusi langsung dengan kelompok tani Desa Tirtoyudo, pelatihan pengolahan ubi kayu menjadi bahan makanan yang siap dikonsumsi, dan pembangunan aplikasi dengan tujuan menyederhanakan rantai distribusi dari produsen ke konsumen dengan memanfaatkan lingkungan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Lingkungan TIK yang dibangun dapat dibuka device smartphone ataupun komputer. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa penggunaan instrumen teknologi informasi dalam kegiatan pemasaran mutlak dibutuhkan untuk memperlancar kegiatan tersebut.

References

Astuti, Z. D., Cahyono, E. B., & Suharso, W. (2020). Game pembuatan beras Mocaf berbahan dasar tepung Mocaf “Beras Mocaf, Let’s Do It.” Jurnal Repositor. 2(4). https://doi.org/10.22219/repositor.v2i4.77

Cahyono, E. B., Susanto, A., Juanda, A., & Wahyudi, W. (2016). Pengembangan jaringan bisnis sosial berbasis komunitas pelaku usaha berbahan baku ubi kayu. Simposium Nasional RAPI XV – 2016 FT UMSFT UMS, 66, 15–24.

Elvia, R. (2016). Analisis nilai tambah ubi kayu sebagai bahan baku keripik singkong pada home industry Pak Ali di Desa Ujong Tanjung Kecamatan Mereubo Kabupaten Aceh Barat. (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat.

Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dengan memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi. 2(1), 159-168.

Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika. 3(1). https://doi.org/10.23917/khif.v3i1.3309

Suhari, Y. (2011). Peran teknologi informasi dalam rantai pasokan. Jurnal Dinamika Informatika. 3(2). https://doi.org/10.35315/informatika.v3i2.1314

Supriyanto. (2004). Pemberdayaan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Bisnis. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1(2), 99–112. https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.666

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Aminudin, A., & Cahyono, E. B. (2020). Peningkatan Daya Saing Pelaku Usaha Berbahan Baku Ubi Kayu Melalui Teknologi Informasi. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 275–283. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.6297